Wujudkan Pesawat R-80 Jadi Mimpi Terakhir BJ Habibie untuk Indonesia

Madeleine Mekel - INSERTLIVE
Kamis, 12 Sep 2019 23:18 WIB
Wujudkan Pesawat R-80 Jadi Mimpi Terakhir BJ Habibie untuk Indonesia
Jakarta, Insertlive - Anak pertama Bacharuddin Jusuf Habibie, Ilham Akbar Habibie mengenang ayahnya sebagai sosok yang sempurna. Ilham menganggap BJ Habibie sebagai sosok negarawan serta ayah yang hebat.

Menurut Ilham tidak cukup seribu kata untuk menggambarkan sosok BJ Habibie. Apa lagi sosok ayahnya itu menjadi panutan tak hanya di keluarga tapi juga bagi seluruh bangsa Indonesia.

"Bapak adalah seorang bapak yang boleh dikatakan sempurna, sosok eyang yang sangat bijaksana bagi cucunya, seorang negarawan, seorang panutan, idola, inspirator dan motivator, itu lah bagaimana kita melihat sosok bapak, kalau menurut saya itu bukan hanya pengamatan dari saya sendiri, tapi juga dari banyak orang, karena bapak memberikan sepenuh cintanya untuk keluarga dan bangsa," kata Ilham saat ditemui di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

Banyak pesan yang ditinggalkan BJ Habibie kepada seluruh keluarga dan bangsa Indonesia. Ilham menyebutkan salah satunya tentang pentingnya merajut persatuan. 

"Hari minggu yang lalu bapak masih sepenuhnya sadar dan menyampaikan kepada kita semua agar tetap bersatu, untuk keluarga dan juga kita semua bangsa Indonesia, kalau yang ada masalah kita harus membantu, kalau ada yang sukses kita mendukung, karena kita semuanya harus maju bersama-sama," kata Ilham.

Tentu masih banyak mimpi BJ Habibie yang harus diselesaikan bangsa Indonesia. Termasuk gagasan pemikirannya soal teknologi di bidang dirgantara.

Ilham HabibieIlham Habibie/ Foto: Madeleine Mekel

BJ Habibie dikenal sebagai sosok di belakang kebangkitan dunia penerbangan tanah air. Terciptanya pesawat N-250 pada 10 Agustus 1995 menjadi momen yang diperingati sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas).

Sebagai anak, Ilham tentu berharap mimpi ayahnya bisa diwujudkan bangsa Indonesia. Apa lagi Ilham menyebut ayahnya punya karya baru yang bisa bermanfaat untuk bangsa Indonesia.

"Tentu kita tidak menginginkan N-250 itu hanya menjadi pajangan museum yang bisa dipandang tapi tak bisa digunakan dan ada manfaat buat kita, dan bapak sudah menciptakan sebuah pesawat baru tapi belum selesai, namanya R-80, nah itu lah yang mesti kita wujudkan bersama, karena itu adalah cita-cita bapak yang untuk bangsa Indonesia," kata Ilham.

[Gambas:Video Insertlive]

(ikh/ikh)
KOMENTAR
POPULER