Pesan BJ Habibie untuk Reza Rahadian Sebelum Meninggal Dunia

Olla - INSERTLIVE
Kamis, 12 Sep 2019 21:49 WIB
Pesan BJ Habibie untuk Reza Rahadian Sebelum Meninggal Dunia Reza Rahadian/Foto: Marianus Harmita
Jakarta, Insertlive - Mantan Presiden Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie memang dikenal sebagai sosok tokoh nasional yang bersahaja. Kepergian BJ Habibie tentu menjadi duka mendalam bagi banyak orang yang mengaguminya.

Reza Rahadian adalah salah satu dari sekian banyak orang yang merasa kehilangan sosok guru bangsa. Apa lagi Reza pernah berperan sebagai Habibie dalam film biopik Habibie & Ainun. Ia mengaku sangat beruntung bisa dekat dengan eyang Habibie.

"Saya merasa bersyukur bisa mengenal Beliau secara personal, kami sering berkomunikasi melalui pesan teks, telepon, video call dan biasanya eyang selalu menyempatkan untuk menanyakan kabar," kata Reza saat ditemui di pemakaman BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

Bahkan beberapa hari sebelum BJ Habibie meninggal dunia, Reza sempat memiliki firasat tidak enak. Namun ia tak menyangka jika firasat itu mengisyaratkan kepergian tokoh panutannya itu.

"Empat hari ini saya cukup merasa ada sesuatu yang menggelisahkan, tapi saya juga nggak ngerti apa itu, ketika eyang kritis saya jadi teringat kata-kata eyang, 'Reza kalau suatu saat eyang sudah tidak ada, orang akan mengingat eyang dan eyang putri tidak hanya melalui rekam jejak, tapi salah satunya lewat film, jadi kalau suatu saat Reza diminta lagi, tolong bersedia ya'," cerita Reza soal pesan Habibie.

Memang tidak mudah bagi orang-orang untuk bisa memiliki kedekatan dengan salah satu orang berpengaruh di Indonesia. Hal itu membuat Reza merasa beruntung bisa dekat dengan BJ Habibie. Reza mengaku kagum dan tak menyangka jika Habibie adalah sosok yang sangat ramah dan bersahabat.

"Kalau dulu saya hanya mengenal lewat sejarah dan layar kaca, tapi setelah mengenal secara pribadi, mungkin yang saya rasakan adalah Beliau itu sosok yang sangat sederhana, layaknya bertemu dengan seorang eyang atau kakek, kemudian cara Beliau berbicara kepada siapapun, nggak ada bedanya dimana-mana, sangat terbuka dan apa adanya," ungkap Reza.

Pemakaman BJ Habibie di TMP KalibataPemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata/ Foto: Marianus Harmita

BJ Habibie juga dikenal sebagai sosok yang punya segudang kutipan mutiara yang menginspirasi. Reza juga pernah mendapat wejangan dari BJ Habibie mengenai profesi yang dilakukannya.

"Saya akan selalu ingat kata-kata eyang, 'kalau kamu bekerja dengan segala ilmu pengetahuan yang kamu punya tentang profesi yang kamu lakukan, itu semua tidak akan pernah cukup jika kamu tidak bekerja dengan cinta, jadi ilmu pengetahuan tidak cukup kalau tidak didukung dengan cinta'," ungkap Reza soal pesan Habibie.

Kini BJ Habibie sudah kembali ke tempat tempat peristirahatannya yang terakhir. Reza hanya bisa mengenang semua pesannya dan berdoa yang terbaik untuk eyang Habibie.

"Saya berdoa untuk seluruh keluarga yang ditinggal agar ikhlas dan bisa menerima semuanya dengan lapang, dan tentunya semua masyarakat juga ikut mendoakan eyang, saya sendiri yakin kalau eyang sekarang sudah sangat bahagia bersama eyang putri," doa Reza.

[Gambas:Video Insertlive]

(ikh/ikh)
KOMENTAR
POPULER