BJ Habibie Jadi Presiden Pertama yang Dimakamkan di TMP Kalibata

nap - INSERTLIVE
Kamis, 12 Sep 2019 19:24 WIB
BJ Habibie Jadi Presiden Pertama yang Dimakamkan di TMP Kalibata
Jakarta, Insertlive - Presiden ke-3 Indonesia yaitu BJ Habibie, meninggal dunia dan akan dimakamkan di Tempat Makam Pahlawan Kalibata, di sebelah makan ibu Ainun Habibie. Namun, ia akan menjadi presiden pertama yang akan dimakamkan di TMP.

Hal ini dikarenakan, beberapa presiden Indonesia seperti Ir. Soekarno, dimakamkan kompleks pemakaman di daerah Jawa Timur. Makamnya berdampingan dengan kedua orang tuanya.

BJ Habibie dalam kenanganBJ Habibie dalam kenangan/ Foto: Instagram/b.jhabibie


Kemudian, presiden Soeharto yang wafat pada 27 Januari 2008 dimakamkan di kompleks makam di lereng Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Tempat pemakaman tersebut dikenal dengan nama Atana Giribangun.



Kemudian, presiden berikutnya yang wafat adalah Abdurrahman Wahid atau Gus Dur pada 30 Desember 2009. Ia dimakamkan di kompleks Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur tepat di sebelah makam sang kakek yang juga pendiri NU, KH. Hasyim Asy'ari.

Makam BJ Habibie di TMP Kalibata adalah pesan dan amanah Beliau beberapa tahun lalu saat diwawancara oleh Najwa Shihab. Bapak BJ Habibie mengatakan jika ia mengizinkan ibu Ainun untuk dimakamkan di TMP Kalibata syaratnya adalah ada tempat untuknya tepat disebelah ibu Ainun.

[Gambas:Video Insertlive]

(nap/nap)
KOMENTAR
POPULER