15 Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh dan Wajah

Nabila Sahma | Insertlive
Jumat, 13 Jan 2023 16:30 WIB
Tambahkan Madu ke Kopi untuk Dapatkan Rasa dan Manfaat Manis
Jakarta, Insertlive -

Manfaat madu yang banyak dan rasanya yang manis membuat madu banyak dikonsumsi. Bukan hanya untuk menambah cita rasa dari makanan dan minuman, madu juga dikonsumsi untuk kesehatan.

Pada penjelasan berikutnya akan InsertLive bahasĀ manfaat madu untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui.

15 Manfaat Madu untuk Kesehatan

Manfaat madu untukĀ kesehatan antara lain adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh, menangkal radikal bebas, menjaga sistem pencernaan, membantu penyembuhan luka, meredakan batuk, membantu mengurangi berat badan, dan masih banyak lagi.


Berikut ini adalah 15 manfaat madu untuk kesehatan selengkapnya yang harus kamu ketahui.

Ilustrasi ibu hamil konsumsi maduIlustrasi ibu hamil konsumsi madu/ Foto: Getty Images/iStockphoto/dusanpetkovic

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat madu yang pertama adalah dapat meningkatkan imunitas tubuh. Manfaat madu yang satu ini bisa kita dapatkan dengan rutin mengonsumsi madu 2-3 kali seminggu.

2. Menangkal radikal bebas

Manfaat madu selanjutnya adalah dapat menangkal radikal bebas. Manfaat madu yang dapat menangkal radikal bebas didapatkan karena madu mampu meningkatkan imun dalam tubuh sehingga dapat mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh.

3. Menjaga sistem pencernaan

Manfaat madu lainnya adalah dapat menjaga sistem pencernaan karena madu memiliki kandungan prebiotik. Kandungan prebiotik inilah yang membentuk manfaat madu yang dapat menjaga sistem pencernaan melalui bakteri-bakteri baik.

4. Membantu penyembuhan luka

Tidak hanya ketiga manfaat madu di atas, madu juga dapat membantu penyembuhan luka. Senyawa dalam madu dapat membuat proses penyembuhan lebih cepat karena kandungannya mampu merangsang pembentukan kulit baru untuk luka bakar maupun bentuk luka lainnya.

5. Meredakan batuk

Meski rasanya manis, madu dapat meredakan batuk, lo. Manfaat madu ini bisa hadir karena antioksidan pada madu mampu meningkatkan produksi air liur, sehingga rasa kering dan gatal di tenggorokan memudar karena tenggorokan dapat kembali lembap.

6. Membantu mengurangi berat badan

Daripada mengonsumsi makanan manis lainnya, kamu yang sedang diet lebih baik mengonsumsi rasa manis dari madu. Madu merupakan pemanis alami yang apabila dikonsumsi dapat membantu mengurangi berat badan.

Guna mendapatkan manfaat madu ini secara maksimal, kamu dapat mencampurkan madu dengan jeruk nipis, dan air hangat untuk membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh.

7. Menyehatkan jantung

Manfaat madu selanjutnya adalah dapat menyehatkan jantung. Senyawa fitonutrien dalam madu berkhasiat untuk melancarkan aliran darah dan mencegah terbentuknya aterosklerosis pada jantung, sehingga mengonsumsi madu secara rutin dapat menyehatkan jantung.

8. Menurunkan tekanan darah

Selain dapat menyehatkan jantung, manfaat madu selanjutnya juga dapat menurunkan tekanan darah. Senyawa fitonutrien yang mampu melancarkan aliran darah juga mampu untuk menurunkan tekanan darah.

9. Mencegah kolesterol

Manfaat madu selanjutnya adalah dapat mencegah kolesterol. Mengonsumsi madu alih-alih gula, membuat kamu dapat terhindar dari penyakit kolesterol. Selain itu, senyawa fitonutrien dalam madu juga mampu menghilangkan lemak di dalam darah yang merupakan penyebab utama kadar kolesterol menjadi tinggi.

10. Menurunkan kadar gula darah

Madu merupakan pemanis alami yang dapat menyehatkan tubuh, sehingga manfaat madu sangatlah banyak. Salah satu manfaat madu ini adalah dapat menurunkan kadar gula darah, karena madu dapat meningkatkan kadar adiponektin di dalam tubuh yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

11. Mengurangi peradangan

Bukan hanya dapat menurunkan kadar gula darah, senyawa dalam madu juga dapat mengurangi peradangan pada tubuh. Hal ini masih berkaitan dengan manfaat madu yang dapat meningkatkan kadar adiponektin, yaitu hormon dalam tubuh yang membantu mengurangi peradangan dan dapat menurunkan kadar gula darah.

12. Meningkatkan energi

Manfaat madu selanjutnya adalah dapat meningkatkan energi, sehingga mengonsumsi madu membuat kita lebih bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari. The United States National Honey Board menyebutkan manfaat madu yang satu ini didapatkan dari banyaknya kandungan vitamin di dalamnya, seperti niacin, riboflavin, pantothenic acid, calcium, copper, iron, magnesium, manganese, phosphorus, potassium, dan zinc.

13. Mengurangi sembelit

Karena mampu menyehatkan pencernaan, manfaat madu selanjutnya, yaitu dapat mengurangi sembelit. Manfaat madu untuk mengurangi sembelit juga didapatkan dari banyaknya kandungan prebiotik di dalam madu yang mampu membantu memproduksi bakteri baik seperti bakteri bifido dan lactobacilli.

14. Mendetoks racun dari tubuh

Manfaat madu yang selanjutnya ini juga masih berhubungan dengan adanya kandungan prebiotik dalam madu. Pencernaan yang lancar akibat konsumsi madu membuat racun dari tubuh terdetoks dan keluar melalui urine.

15. Membuat tidur anak lebih nyenyak

Manfaat madu yang dapat membuat tidur anak lebih nyenyak tentu juga berhubungan dengan kesehatan tubuh. Tidur yang nyenyak dapat membuat kualitas tidur anak membaik, sehingga terhindar dari berbagai jenis penyakit akibat kurang tidur.

Manfaat madu bagi wanitaManfaat madu bagi wanita/ Foto: iStock

Manfaat Madu untuk Wajah

Selain untuk kesehatan pencernaan, jantung, dan tekanan darah, manfaat madu selanjutnya berhubungan dengan kulit wajah.

Berikut ini adalah beberapa manfaat madu untuk wajah.

1. Menyehatkan kulit

Manfaat madu untuk wajah yang pertama adalah dapat menyehatkan kulit wajah. Kandungan antioksidan pada madu mampu menangkal radikal bebas yang bisa merusak lapisan kulit pada wajah. Untuk mendapatkan manfaat madu yang satu ini, kamu bisa aplikasikan madu sebagai masker wajah.

2. Menyembuhkan jerawat

Manfaat madu untuk wajah selanjutnya adalah dapat menyembuhkan jerawat. Hal ini dikarenakan madu memiliki kandungan anti-inflamasi yang mampu mengobati peradangan pada wajah yang menyebabkan timbulnya jerawat. Bukan hanya itu, kandungan anti-inflamasi ini juga mampu menghilangkan bekas jerawat.

3. Menghidrasi kulit

Sifat madu yang alami membuat madu efektif untuk melembapkan dan menghidrasi kulit wajah. Manfaat madu lainnya yang bisa timbul setelah kulit terhidrasi dengan baik adalah dapat menghasilkan kulit yang glowing dan lembut.

4. Mencerahkan kulit

Manfaat madu yang satu ini didapatkan dari hidrogen peroksida yang memberikan sifat pencerah pada kulit. Selain dapat mencerahkan kulit dengan hiperpigmentasi dari waktu ke waktu, hidrogen peroksida juga merupakan salah satu senyawa yang dapat membantu memudarkan bekas jerawat.

5. Menghilangkan kerutan

Kulit yang terhidrasi dengan baik dapat menghilangkan kerutan-kerutan pada wajah. Manfaat madu untuk wajah yang selanjutnya adalah dapat menangkal penuaan dini karena mampu untuk menghilangkan garis-garis halus pada wajah.

Efek Samping Konsumsi Madu Berlebihan

Manfaat madu memang sangat banyak, tetapi kita memerlukan perhatian khusus dalam waktu pengonsumsian madu. Mengonsumsi madu tidak boleh dilakukan secara berlebihan.

Mengutip dari detikcom, madu tidak disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Jika ingin dikonsumsi setiap hari, sebaiknya dikonsumsi sebanyak satu sendok saja per harinya atau kira-kira 10-12 gram saja.

Dr. Danang mengatakan bahwa mengonsumsi madu secara berlebihan setiap hari dikhawatirkan sama saja dengan mengonsumsi gula. Padahal, madu adalah pemanis alami yang baik dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Jika kadar madu yang dikonsumsi berlebihan, tentu akan mendatangkan penyakit yang menjadi efek samping mengonsumsi madu secara berlebihan.

Mengutip dari sebuah artikel kesehatan yang diunggah oleh Doctor NDTV, penyakit berupa efek samping yang bisa timbul dari mengonsumsi madu secara berlebihan antara lain adalah:

  1. Menimbulkan gula darah
  2. Menambah berat badan
  3. Meningkatkan tekanan darah
  4. Menimbulkan kerusakan gigi
  5. Menimbulkan kram perut

Nah, itu dia sejumlah manfaat madu untuk kesehatan serta efek samping yang bisa timbul jika mengonsumsi madu untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

(Nabila Sahma/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER