20 Manfaat Buah Naga yang Dapat Menyehatkan Tubuh

Nabila Sahma | Insertlive
Kamis, 12 Jan 2023 18:45 WIB
Sekte Terbaru! Telur Dadar Campur Buah Naga, Mau Cicip?
Jakarta, Insertlive -

Manfaat buah naga yang berlimpah membuat buah tropis yang satu ini banyak digemari. Nama Latin dari buah naga adalah Hylocereus polyrhizus, yaitu buah dengan rasa manis yang memiliki biji berupa bintik-bintik kecil di dalam dagingnya.

Kandungan nutrisi dalam buah naga membuat buah ini kaya akan manfaat. Manfaat dari buah naga sendiri sangat beragam, lo. Yuk, kita ketahui manfaat buah naga untuk kesehatan.

Penyakit yang Tidak Boleh Makan Buah Naga?

Di samping banyaknya manfaat buah naga, seseorang yang menderita suatu penyakit tertentu tidak dianjurkan untuk makan buah naga. Beberapa orang dengan penyakit tertentu tidak boleh makan buah naga.


Berikut ini adalah penderita penyakit yang tidak boleh makan buah naga karena kandungan dalam buah naga dapat memperparah penderitanya:

1. Penderita alergi

Meski banyak manfaatnya, penderita alergi tertentu sebaiknya menahan diri untuk makan buah naga. Kandungan dalam buah naga dapat menyebabkan ruam pada kulit, bibir dan lidah bengkak, serta gatal pada tenggorokan.

2. Penderita diare

Penderita diare juga sebaiknya tidak mengonsumsi buah naga terlebih dahulu sebelum diare sembuh. Mengonsumsi buah naga saat sedang diare dapat memicu kondisi diare yang lebih parah.

3. Penderita diabetes

Karena kandungan gula dalam buah naga sangat tinggi, sebaiknya penderita diabetes tidak mengonsumsi buah naga. Tidak harus buah naga, manfaat buah naga bisa kamu dapatkan pada jenis buah yang lain.

20 Manfaat Buah Naga yang Dapat Menyehatkan Tubuh

Nah, saatnya kita bahas manfaat buah naga yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah 20 manfaat buah naga yang dapat menyehatkan tubuh:

1. Menyehatkan pencernaan

Manfaat buah naga yang pertama, yaitu dapat membantu melancarkan pencernaan. Penderita mag dianjurkan untuk mengonsumsi buah naga karena buah naga kaya akan oligosakarida yang akan membantu pertumbuhan bakteri baik dan dapat melancarkan pencernaan.

2. Menyehatkan usus

Manfaat buah naga selanjutnya adalah dapat menyehatkan usus. Prebiotik dalam buah naga berpotensi dapat meningkatkan keseimbangan bakteri di usus.

3. Menyehatkan jantung

Selain dapat menyehatkan pencernaan, manfaat buah naga juga dapat menyehatkan jantung. Biji hitam kecil di dalam buah naga kaya akan omega-3 dan omega-9 yang baik untuk jantung.

4. Menyehatkan tulang

Manfaat buah naga selanjutnya adalah dapat menyehatkan tulang karena di dalamnya terdapat kandungan magnesium.

5. Menyehatkan mata

Manfaat buah naga juga terdiri dari dapat menyehatkan mata karena buah naga memiliki kandungan beta-karoten yang baik untuk mata. Orang dengan usia lanjut (lansia) sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah naga untuk menyehatkan mata.

6. Menyehatkan rambut

Tidak hanya organ di dalam tubuh, manfaat buah naga selanjutnya juga dalam menyehatkan rambut. Untuk kamu yang memiliki rambut rusak akibat pewarnaan rambut, kamu bisa coba konsumsi buah naga.

7. Menyehatkan tulang

Manfaat buah naga lainnya untuk kesehatan adalah dapat menyehatkan tulang seperti menghindari terjadinya cedera tulang, nyeri sendi, dan lainnya. Hal ini didapatkan dari kandungan 18% magnesium di dalam buah naga.

8. Menyehatkan fungsi otak

Manfaat buah naga yang satu ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi buah naga secara teratur. Buah naga mampu menyehatkan fungsi otak karena memiliki kandungan yang dapat menurunkan risiko degenerasi saraf.

9. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah naga selanjutnya adalah dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh mampu melawan segala penyakit. Manfaat buah naga yang satu ini dihasilkan dari kandungan vitamin C dalam buah naga.

10. Mengurangi risiko kanker

Manfaat buah naga selanjutnya adalah dapat mengurangi risiko kanker. Manfaat buah naga yang satu ini juga didapatkan dari vitamin C yang menjadi kandungan utama buah naga.

11. Mengatasi penuaan pada kulit

Manfaat buah naga selanjutnya adalah dapat mengatasi penuaan pada kulit. Kandungan vitamin C di dalam buah naga dapat membuat kulit terlihat lebih cerah.

12. Membantu penyerapan zat besi dalam tubuh

Manfaat buah naga lainnya yang bisa menyehatkan tubuh adalah dapat membantu penyerapan zat besi. Buah naga sendiri memiliki 8% asupan zat besi dari asupan harian.

13. Membantu mengurangi berat badan

Manfaat buah naga selanjutnya yaitu dapat membantu mengurangi berat badan karena buah naga kaya akan serat. Sehingga, untuk kamu yang sedang menjalani program diet dianjurkan untuk mengonsumsi buah naga.

14. Membantu proses perkembangan janin

Tidak hanya untuk kesehatan sang ibu, manfaat buah naga juga bisa didapatkan oleh si janin dalam kandungan. Vitamin B, folat, dan zat besi dalam buah naga sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan janin yang ideal dan mencegah cacat lahir.

15. Membantu penyerapan magnesium

Selain membantu penyerapan zat besi, manfaat buah naga lainnya adalah dapat membantu penyerapan magnesium. Buah naga sendiri memiliki kandungan magnesium sekitar 18%.

16. Mengatasi Alzheimer

Dapat mengatasi penyakit alzheimer juga merupakan salah satu manfaat buah naga. Hal ini didapatkan dari kandungan vitamin C di dalam buah naga.

17. Mengatasi kolesterol

Manfaat buah naga selanjutnya adalah dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan buah naga memiliki kandungan asam linoleat yang dapat mengurangi lemak jahat.

18. Menstabilkan gula darah

Manfaat buah naga yang bisa kita dapatkan selanjutnya adalah untuk menstabilkan gula darah. Buah naga sendiri memiliki kandungan yang dapat mengontrol kandungan glukosa yang masuk ke dalam tubuh.

19. Menyembuhkan radang sendi

Manfaat buah naga selanjutnya adalah dapat menyembuhkan radang sendi. Buah naga sendiri memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang tinggi sehingga dapat menyembuhkan nyeri inflamasi pada sendi.

20. Menyembuhkan penyakit DBD

Manfaat buah naga untuk kesehatan selanjutnya, yaitu dapat membantu penyembuhan penderita DBD. Hal ini dikarenakan buah naga memiliki senyawa antivirus sehingga dapat menghilangkan virus dengue penyebab DBD.

KHAGRACHARI, BANGLADESH - JUNE 22: A view of exotic dragon fruit farm in Khagrachari hills, in Bangladesh on June 22, 2022. Exotic dragon fruit is commercially cultivated in Khagrachari hills. This Thai fruit which became popular in a short time is known as Dragon Fruit in Bangladesh. In addition to native fruits, dragon fruit has taken its place in the fruit market of this country. (Photo by Mohammad Shajahan/Anadolu Agency via Getty Images)KHAGRACHARI, BANGLADESH - JUNE 22: A view of exotic dragon fruit farm in Khagrachari hills, in Bangladesh on June 22, 2022. Exotic dragon fruit is commercially cultivated in Khagrachari hills. This Thai fruit which became popular in a short time is known as Dragon Fruit in Bangladesh. In addition to native fruits, dragon fruit has taken its place in the fruit market of this country. (Photo by Mohammad Shajahan/Anadolu Agency via Getty Images)/ Foto: Anadolu Agency via Getty Images/Anadolu Agency

Efek Samping Makan Buah Naga

Meski manfaat buah naga sangat banyak untuk kesehatan, ada efek dapat timbul jika mengonsumsi buah naga secara berlebihan. Mengutip dari Detikcom, berikut ini ada 4 efek samping makan buah naga.

  1. Reaksi alergi pada area mulut, seperti kemerahan bibir dan lidah hingga mengalami pembengkakan.

  2. Menimbulkan masalah pada perut seperti perut kembung dan diare.

  3. Urine menjadi kemerahan karena buah naga memiliki kandungan yang tinggi akan pigmen merah.

  4. Hipotensi atau penyakit darah rendah, karena buah naga sangat ampuh untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Demikian informasi selengkapnya tentang manfaat buah naga serta efek samping yang dapat timbul dari buah naga, semoga bermanfaat.

(Nabila Sahma/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER