Cara Menambah Berat Badan yang Sehat

Nabila Sahma | Insertlive
Kamis, 05 Jan 2023 21:45 WIB
Minum Kopi Pakai Lemon Bikin Kurus? Cek Dulu Faktanya
Jakarta, Insertlive -

Mengetahui cara menambah berat badan dapat membantu kita dalam memperoleh berat badan optimal. Cara menambah berat badan ini dapat dilakukan untuk kamu dengan massa berat di bawah batas normal atau underweight.

Berikut ini ada beberapa tips cara menambah berat badan yang sehat.

Makanan yang Cepat Menambah Berat Badan

Selain dengan berolahraga, mengonsumsi makanan yang tepat juga merupakan salah satu cara menambah berat badan. Jenis makanan yang dapat membantu menambah berat badan adalah makanan tinggi kalori, mengandung karbohidrat, dan protein tinggi.


Berikut ini adalah makanan yang bisa dikonsumsi saat mempraktikkan cara menambah berat badan yang sehat.

1. Makanan tinggi kalori

Cara menambah berat badan juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan tinggi kalori. Kalori yang dibutuhkan saat melakukan cara menambah berat badan bukanlah kalori yang didapat dari lemak jahat.

Beberapa buah-buahan dapat dijadikan smoothies berkalori tinggi yang dapat membuat seseorang mudah kenyang dan pastinya dapat membantu menambah berat badan.

Mengutip dari Medical News Today dan Healthifyme, berikut ini ada beberapa makanan dengan kalori tinggi yang bisa dikonsumsi untuk membantu cara menambah berat badan.

  • Selai kacang
  • Buah-buahan seperti alpukat dan pisang
  • Susu
  • Yoghurt
  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian
  • Sayuran hijau seperti bayam

2. Makanan Karbo

Cara menambah berat badan selanjutnya dapat dilakukan dengan mangonsumsi makanan berkarbo. Makanan berkarbo yang dapat membantu menambah berat badan adalah pisang, kentang, ubi, nasi merah, dan biji-bijian.

3. Makanan dengan protein tinggi

Mengonsumsi makanan dengan protein tinggi juga merupakan salah satu cara menambah berat badan. Protein dapat membantu pembentukan otot yang dapat membantu penambahan massa tubuh.

Makanan dengan protein tubuh yang dapat dikonsumsi untuk menambah massa tubuh adalah dada ayam, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, telur, dan susu.

Ilustrasi diet atau sarapan dengan roti gandumIlustrasi sarapan dengan roti gandum/ Foto: Getty Images/ Edwin Tan

Cara Menambah Berat Badan 5 Kg

Menjalankan program yang sehat merupakan cara menambah berat badan yang bagus untuk tubuh. Menerapkan cara menambah berat badan yang baik dapat membantu tubuh lebih berisi namun sehat.

Tidak perlu cepat, cara menambah berat badan memang memerlukan waktu. Namun, tidak perlu khawatir. Berat badan akan naik secara perlahan jika kamu menerapkan cara menambah berat badan dengan baik dan konsisten.

Berikut ini adalah cara menambah berat badan 5 kg dalam seminggu.

  1. Makan makanan sehat yang mampu menambah berat badan, diantaranya adalah makanan dengan kalori tinggi, makanan karbo, dan makanan dengan protein tinggi.

  2. Makan setidaknya 3-5 kali dalam sehari.

  3. Kombinasikan asupan makanan dengan kandungan kalori, karbo, dan protein dalam sehari.

  4. Sarapan dengan susu protein tinggi dan roti gandum dengan selai kacang.

  5. Makan makanan karbo dan protein tinggi di siang hari seperti dada ayam, spageti, atau kentang di siang hari.

  6. Makan malam dengan makanan sehat berprotein dan berkalori tinggi seperti salmon fillet, dada ayam, beras merah, spageti, dan lain sebagainya.

  7. Ganti cemilan yang tidak sehat dengan kacang-kacangan dan buah-buahan.

  8. Melakukan olahraga angkat beban setidaknya dua kali dalam seminggu.

  9. Melakukan olahraga kardio untuk menjaga lekukan tubuh.

  10. Jangan lupa untuk istirahat secukupnya (skip olahraga 2-3 kali dalam seminggu) dan jangan sampai stres.

Cara Menambah Berat Badan 10 Kg

Setelah mengetahui cara menambah berat badan 5 kg, saatnya kita mengetahui cara menambah berat badan 10 kg. Untuk kamu yang memiliki keluhan underweight dan cenderung sulit untuk menaikkan berat badan, kamu bisa simak cara menambah berat badan yang satu ini.

Untuk menambah 10 kg berat badan, setidaknya membutuhkan 77.000 kalori. Jadi, cara menambah berat badan 10 kg ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi 2.600 kalori per hari jika ingin menambah berat badan 10 kg dalam sebulan.

Manusia pada umumnya memiliki batas maksimum untuk menambah berat badan. Normalnya, manusia hanya bisa menambah 1 kilogram setiap bulannya. Jadi, untuk menambah berat badan sebanyak 10 kg, setidaknya memerlukan waktu selama 10-20 bulan untuk seseorang dengan metabolisme yang baik.

Nah, berikut ini ada tips cara menambah berat badan 10 kg yang sehat dan cepat.

  1. Makan 3-5 kali sehari (sarapan, makan siang, makan malam, dan dua kali ngemil).

  2. Konsumsi 400 kalori lebih banyak daripada biasanya.

  3. Menjalankan olahraga kardio.

  4. Lakukan weight training dengan treadmill setidaknya sejam dalam sehari.

  5. Konsumsi protein setidaknya 20% dari kalori harian.

  6. Tidur dengan waktu yang cukup.

  7. Konsumsi makanan dengan lemak baik yang bisa didapat dari biji-bijian, sayuran, dan buah.

Ngemil dengan kacang-kacangan atau buah-buahan yang dikreasikan sebagai milkshake dapat membantu kamu ketika sedang menjalankan cara menambah berat badan. Ketika ingin menambah berat badan, bukan hanya lemak yang kamu cari. Kamu harus memperhatikan kandungan dalam makanan yang sehat dan pas untuk menambah berat badan.

Nah, itulah cara menambah berat badan dengan sehat yang dapat membuat lekuk tubuh tetap terjaga dan pastinya tidak akan membuat kamu stress. Untuk kamu yang sedang berusaha untuk menambah berat badan, semangat ya.

(Nabila Sahma/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER