Review Drama Korea

Review 'Law School': Drama Korea yang Bikin Penonton Melek Hukum

Dini Astari - INSERTLIVE
Jumat, 11 Jun 2021 09:55 WIB
Law School
Jakarta, Insertlive -

Drama Korea Law School telah menayangkan episode terakhirnya pada Rabu (9/6) lalu.

Drama yang mulai tayang pada April lalu ini bercerita tentang para mahasiswa dan dosen di sebuah sekolah hukum bergengsi.

Ada Yang Jong Hoon (Kim Myung Min) seorang profesor yang juga mantan jaksa. Ia dikenal tegas dan sering melontarkan kata-kata pedas yang membuat banyak mahasiswa segan padanya.


Lalu, ada Profesor Kim Eun Sook (Lee Jung Eun) pengajar mata kuliah hukum perdata yang juga disegani. Ia merupakan salah satu orang yang dekat dengan Yang Joon Hoon dan juga dikenal baik pada mahasiswa.

Sementara itu, para mahasiswa sekolah hukum antara lain Kang Sol A (Ryu Hye Young), Han Joon Hwi (Kim Bum), Kang Sol B (Lee Soo Kyung), Seo Ji Ho (David Lee), Jeon Ye Sul (Ko Yoon Jung), Yoo Seung Jae (Hyun Woo), Min Bok Ki (Lee Kang Ji), dan Jo Ye Beom (Kim Min Seok).

Mereka tergabung dalam kelompok belajar dan sering mengerjakan tugas bersama-sama.

Suatu hari, Seo Byung Ju (Ahn Nae Sang) yang juga mengajar di sekolah tersebut meninggal secara misterius saat kelas simulasi sidang digelar.

Yang Jong Hoon kemudian dituding menjadi pembunuh. Para mahasiswa yang kebetulan menjadi saksi kasus ini pun berusaha memecahkan teka-teki untuk mengetahui siapa sebenarnya pembunuh di kampus mereka.

Law SchoolLaw School/ Foto: JTBC Drama

Suguhkan Cerita yang Kompleks

Drama Law School di awal penayangannya sudah menyuguhkan kasus hukum, di mana ada seorang profesor yang meninggal secara misterius di sebuah sekolah hukum.

Drama ini lalu membuka tabir kematian itu secara perlahan-lahan. Di awal-awal episode, penonton akan diajak tebak-tebakan siapa pembunuh sebenarnya lengkap dengan motif mereka.

Para mahasiswa tak ketinggalan ikut terseret dan membuat terduga pelaku semakin banyak.

Meski pada akhirnya Law School membuat kasus ini mengerucut dan menyisakan satu orang tertuduh saja, cara sampai ke titik tersebut terbilang cukup mulus dan sukses bikin penonton penasaran hingga betah menonton hingga akhir.

Selain kasus utama, beberapa kasus hukum lain yang melibatkan tokoh-tokoh penting dalam cerita juga membuat drama ini semakin menarik.

Sayang, beberapa kasus justru berakhir menggantung dan terkesan diburu-buru untuk selesai hingga menyisakan beberapa plot hole yang cukup mengganggu.

Law SchoolLaw School/ Foto: JTBC Drama

Mengulas Proses Hukum hingga Pasal-pasalnya secara Detail

Salah satu hal yang membuat drama Law School menarik untuk diikuti adalah bagaimana drama ini mengemas istilah-istilah hukum, praktik hukum, serta pasal-pasalnya dengan menarik.

Drama ini membawa penonton seolah-olah ikut belajar menjadi mahasiswa sekolah hukum.

Mereka membahas pasal pidana terkait pencemaran nama baik, pembunuhan, hingga kekerasan seksual dengan menyertakan contoh konkrit yang mudah dipahami bagi orang awam.

Akhir yang Terburu-buru

Law School mengambil alur lambat di awal-awal episodenya. Alur drama ini mengikuti alur persidangan Yoon Jong Hoon yang alot dari dituduh membunuh hingga akhirnya dibebaskan.

Sayang, di akhir cerita yang masih menyisakan beberapa pertanyaan, drama ini justru mengambil langkah terlalu buru-buru untuk menyelesaikannya.

Alur waktu bolak-balik yang sengaja terjadi khususnya di episode-episode akhir juga sedikit tidak logis.

Law SchoolLaw School/ Foto: JTBC Drama

Sebagai drama berlatar hukum, Law School tampil cukup berbeda. Mengambil bukan hanya dari satu sudut pandang, Law School mencoba mengajak penonton melihat hukum dari berbagai sisi agar bisa menilai makna hukum itu sendiri.

Terlepas dari beberapa kekurangan, Law School tetap jadi salah satu drama di paruh pertama 2021 yang sayang untuk dilewatkan.

(dia/dia)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER