Kontroversi Saksi Kasus Bunuh Diri Tragis Jang Ja Yeon

Finalia Kodrati - INSERTLIVE
Senin, 10 Jun 2019 13:12 WIB
Kontroversi Saksi Kasus Bunuh Diri Tragis Jang Ja Yeon
Jakarta, Insertlive - Kasus bunuh diri Jang Ja Yeon masih menjadi misteri hingga saat ini. Pihak Komite Urusan Masa Lalu Kementerian Kehakiman Korea Selatan juga tidak merekomendasikan penyelidikan ulang terhadap dugaan pelecehan seksual yang dialami Jang Ja Yeon. Kini, sorotan kembali tertuju kepada Yoon Ji Oh.

Yoon Ji Oh adalah sahabat Jang Ja Yeon. Ia juga yang bersikeras untuk mengusut tuntas kasus bunuh diri Jang Ja Yeon yang belum terungkap dari tahun 2009 lalu. Ia berjuang keras dengan mencari bukti-bukti baru agar kasus kematian sahabatnya yang penuh misteri itu dapat terungkap.

Namun, di tengah-tengah perjuangannya tersebut, Yoon Ji Oh menerima banyak ancaman. Keselamatannya juga terancam.

Yoon Ji Oh mengklaim bahwa Jang Ja Yeon telah membuat daftar nama-nama orang media dan juga dari kalangan bisnis yang melakukan pelecehan seksual terhadapnya. Yoon Ji Oh juga terus tampil di media membahas kasus bunuh diri sahabatnya tersebut.

Seperti dilansir dari The Straits Times, Yoon Ji Oh pernah membanting petugas polisi karena lambat merespons panggilan daruratnya. Ia merasa ketakutan karena menganggap nyawanya terancam karena kasus bunuh diri Jang Ja Yeon. Sementara itu, pernyataan dan pengakuan Yoon Ji Oh dalam kasus bunuh diri Jang Ja Yeon memang mengundang kontroversi. Banyak juga yang meragukan pernyataan Yoon Ji Oh.

Meski demikian, banyak juga yang memberikan dukungan kepada artis tersebut. Untuk membantu menyelamatkan nyawa Yoon Ji Oh yang menjadi saksi utama dalam kasus kematian tragis Jang Ja Yeon, publik menyumbangkan dana untuk Yoon Ji Oh. Kini, penggalangan dana ini yang menjadi masalah.

Menurut The Korean Herald, sebuah firma hukum menyatakan bahwa Yoon Ji Oh menghadapi tuntutan dari orang-orang yang menyumbangkan uang untuknya. Berdasarkan laporan, terdapat 370 orang yang menyumbangkan dana untuk membantu melindungi keselamatan Yoon Ji Oh. Dana yang terkumpul mencapai S$11.570 atau setara dengan Rp119 juta.

Ini bukan pertama kalinya Yoon Ji Oh menuai kontroversi terkait penggalangan dana. Ia pernah dituntut penulis Kim Soo Min. Yoon Ji Oh membantu Kim Soo Min menulis buku soal melacak jejak 10 tahun kematian Jang Ja Yeon. Pernyataan Yoon Ji Oh dianggap menyesatkan publik. "Dia bilang, dia bersumpah bahwa mengatakan yang sebenarnya. Ia bahkan mengklaim bahwa tindakannya itu bisa mengancam nyawanya, tetapi ia mempertaruhkan untuk mewujudkan keadilan. Dan dia mengambil sumbangan dari orang-orang," kata pengacara Kim Soo Min.

Yoon Ji Oh dan Jang Ja YeonFoto: Instagram/ohmabella
Yoon Ji Oh dan Jang Ja Yeon

Yoon Ji Oh sendiri sudah terbang ke Kanada pada 24 April lalu. Pengacara Kim Soo Min meminta agar kepolisian mencegah kepergian Yoon Ji Oh ke Kanada. Sementara itu, Yoon Ji Oh memohon agar publik memahami kepergiannya ke Kanada. Ia pun menuliskan pesan setelah tiba di Kanada.

"Saya harus mengurus bukan hanya diri saya sendiri tetapi juga orang-orang di sekitar saya. Karena semakin banyak orang di sekitar saya yang terpengaruh. Itu menjadi sulit diatasi, dan saya merasa takut," katanya.Ia pun menegaskan bahwa boleh saja mengancam atau mengkritik dirinya, tetapi jangan keluarga atau orang-orang terdekatnya.

"Tidak masalah mengkritik saya, menegur atau tidak suka denganku. Tapi tolong jangan mengancam atau mencela keluarga atau teman-temanku," ujar Yoon Ji Oh yang pernah satu manajeman dengan Jang Ja Yeon.

[Gambas:Video Insertlive]

(fik/fik)
KOMENTAR
POPULER