Diskusi RUU Permusikan, Para Musisi Ungkap Pendapatnya

Marianus Harmita - INSERTLIVE
Senin, 04 Feb 2019 17:48 WIB
Diskusi RUU Permusikan, Para Musisi Ungkap Pendapatnya
Jakarta, Insertlive - Hari ini, Senin (4/2), Koalisi Seni Indonesia mengadakan diskusi soal RUU Permusikan di bilangan Cilandak, Jakarta Selatan. Dalam diskusi ini terdapat Anang Hermansyah selaku salah satu anggota DPR RI, serta teman-teman musisi seperti Glenn Fredly, Marcell Siahaan, dan lainnya mengungkap pendapat soal RUU Permusikan.

Wendy, selaku perwakilan Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan, menegaskan sikap dan pilihannya menolak pengesahan undang-undang yang masih dalam penggodokan itu. "Karena dari kami jelas, Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan itu dengan tegas, menolak diundang-undangkannya ataupun disahkannya RUU ini. Karana apa? Karena ini menghina kecerdasan seniman intelektual di Indonesia," ungkap Wendy.

Marcel Siahaan, Anang Hermansyah & Glenn FredlyFoto: Marianus Harmita
Marcel Siahaan, Anang Hermansyah & Glenn Fredly

Selain Wendy, Marcell Siahaan juga mengungkap pendapatnya. Menurutnya, RUU Permusikan ini tidak terlalu penting dan pemerintah seharusnya bisa mengkaji hal yang lebih penting lagi untuk perkembangan musik Tanah Air ke depan.

"Kenapa ini menjadi tidak urgent? Karena ada banyak hal lain yang bisa dilakukan, antara lain itu tadi, yaitu mengatakan kepada pemerintah, apa saja yang bisa dikaji lebih dalam," ungkap Marcell.

Ia juga menambahkan bahwa RUU Permusikan ini memang harus fokus kepada soal tata kelola, bukan malah mencaplok UU yang sudah ada dalam UU hak cipta dan lainnya. "Enaknya adalah kita berangkat dari sana (UU), kita mengkaji undang-undang yang sudah ada. Kita buatkan satu tata kelola, karena setahu saya, Glenn waktu bacain di depan Pak Jokowi, Pak Jokowi cuma minta kita fokus di tata kelola, yang mana di deklarasi, cuma proyek enam dan proyek sembilan," sambung Marcel

Di akhir, Glenn Fredly juga menegaskan bahwa banyak sekali kawan-kawan musisi yang selama ini bungkam turut menanyakan kebijakan RUU Permusikan demi musik indonesia yang lebih baik. "Pokoknya yang silence tuh pada muncul semua (menanyakan RUU ini), jadi kalo hari ini kontroversi ini terjadi, sudah seharusnya ini terjadi dan kita bisa kumpul duduk bareng-bareng. Gue bisa berharap kelanjuannya kita bisa buat satu lagi forum bersama," tutup Glenn.

[Gambas:Video Insertlive] (doa/ren)
KOMENTAR
POPULER