267 Musisi Tanah Air Kompak Tolak RUU Permusikan

doa - INSERTLIVE
Senin, 04 Feb 2019 14:11 WIB
267 Musisi Tanah Air Kompak Tolak RUU Permusikan
Jakarta, Insertlive - Rancangan Undang Undang (RUU) Permusikan yang kini menjadi fokus DPR RI di akhir masa jabatan 2014-2019 menjadi polemik dan sorotan para musisi Tanah Air. Meski mendapat dukungan dari beberapa musisi, RUU Permusikan ini juga tidak lepas dari kritik. Dan, tak sedikit juga musisi yang menonak dan bahkan membentuk Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan.

Dikutip dari Instagram @koalisinasionaltolakruup, sudah terdapat 267 musisi Indonesia yang menyatakan menolak RUU Permusikan di antaranya; Rara Sekar, Danilla Riyadi, Endah Widiastuti (Endah n' Rhesa), Cholil Mahmud (Efek Rumah Kaca), Jerinx (SiD), Bisma (Smash), dan Iga Massardi (Barasuara). Selain itu, sampai berita ini ditulis pada Senin (4/2), sudah terdapat petisi online dengan tajuk #TolakRUUPermusikan yang telah ditandatangani 93.593 orang.

[Gambas:Instagram]
Dalam pernyataan sikapnya, Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan mengkritisi bahwa terdapat 19 pasal bermasalah dan soal jaminan kebebasan berekspresi dalam bermusik. Danilla, selalu salah satu mesisi yang menolak RUU Permusikan, juga menambahkan bahwa RUU Permusikan ini memang tidak perlu ada.

"Kalau musisinya ingin sejahtera sebetulnya sudah ada UU Perlindungan Hak Cipta dan lain sebagainya dari badan yang lebih mampu melindungi itu; jadi untuk apa lagi RUU Permusikan ini" ungkap Danilla.

Perdebatan tentang RUU Permusikan ini memang semakian menegangkan pasca perseteruan Jerinx (SiD) dengan Anang (selaku anggota DPR RI) serta Istrinya, Ashanty. Bahkan, Ashanty sempat mengancam untuk memenjarakan drummer Superman is Dead tersebut, meski sudah diurungkan.

[Gambas:Video Insertlive] (doa/ren)
KOMENTAR
POPULER