Pertemuan Ryan & Yessi Pasangan Gagal Nikah gegara Mahar Sertifikat Rumah

InsertLive | Insertlive
Senin, 05 Dec 2022 18:15 WIB
Akad nikah is Islamic prenuptial agreement. Indonesian’s weddingAkad nikah is Islamic prenuptial agreement. Indonesian’s wedding (Islamic marriage)
Jakarta, Insertlive -

Media sosial belakangan ramai dengan kisah pria bernama Ryan Dono yang gagal menikahi kekasihnya Yessi gegara perkara mahar.

Ryan gagal naik pelaminan karena Yessi mendadak meminta mahar sertifikat rumah tiga hari sebelum menikah. Kisah ini pun menjadi viral dan membuat Yessi dicap matre oleh netizen.

Yessi tak tinggal diam. Ia pun mencoba memberikan klarifikasi melalui akun TikTok. Yessi mengungkapkan terserah penilaian orang untuk percaya bahwa pernikahannya batal karena minta mahar sertifikat rumah. 


Namun, ia menegaskan hal itu bukan penyebabnya melainkan ada masalah lain. Sayangnya, unggahan itu sudah dihapus tanpa tahu alasannya.

Yessi pun memberikan klarifikasinya dalam sejumlah acara televisi. Menurut Yessi, mantan calon suaminya, Ryan salah paham dengan permintaan mahar darinya.

Padahal, Yessi dan Ryan telah menjalani asmara selama satu tahun dan mempersiapkan keperluan pernikahannya selama 5 bulan sebelum akhirnya kandas di tengah jalan.

"Ryan sempat salah paham sama Yessi hingga tak ada lagi komunikasi yang terjadi. Jadi, pas tahu Ryan nikah sama perempuan lain Yessi kira pernikahan batal karena orang ketiga," kata Yessi dalam acara Pagi Pagi Ambyar Trans TV.

"Terus ada chat yang disebar di media sosial jadi mungkin kalau teman-teman memahami kata-katanya itu bukan meminta tapi menanyakan (mahar)," sambungnya.

Menurut Yessi, sertifikat rumah sebagai mahar telah dibahas dalam persiapan pernikahan, tetapi tak dicantumkan di dalam keterangan buku nikah.

"Jadi, Ryan sering kalau ngomong sama aku kayak teleponan video call-an nanya mau apa maharnya. Mau rumah atau sempat disebutkan mobil," imbuhnya.

"Yessi bilang terserah dan ngomong kalau mahar harus tertulis dan tercantum di buku nikah. Diucap juga di ijab kabul," lanjutnya.

Namun, dari keterangan Ryan, keluarganya tidak pernah membahas soal sertifikat rumah sebagai mahar.

Selain itu, Ryan menyebut ibundanya kecewa saat bertanya pada Yessi soal keinginannya untuk menikah.

Walau gagal menikah, Ryan akhirnya tetap melangsungkan pesta dengan sosok Yessi digantikan saudaranya.

Hal itu membuat Yessi mengira Ryan gagal menikahinya karena orang ketiga.

Dalam tayangan Rumpi, Yessi sebenarnya tak lagi mempermasalahkan soal mahar sertifikat rumah dan kembali menghubungi Ryan untuk melanjutkan pernikahan. Namun, Ryan mengaku faktanya tidak seperti itu.

"Kita keluarga datang ke rumah Yessi sebelum hari H. Aku tanya masih mau nikah nggak dia bilang nggak mau, itu H-2. Terus H-1 dia telepon berubah pikiran tapi mama udah kesel, udah sakit hati terus ya mama udah sakit hati dia mau bilang apa ya terserah. Aku mah terserah, udah terlanjur juga," lanjutnya.

Terlebih Yessi langsung memblokir telepon hingga media sosial Ryan. Hal itu membuat keluarga Ryan mantap untuk membatalkan pernikahan tersebut.

Walau saling berseteru, Ryan Dono dan Yessi yang bertemu di acara Rumpi No Secret Trans TV akhirnya memilih untuk berdamai.

"Dari kejadian kemarin Yessi minta maaf jadi panjang sepert ini mungkin kitanya belum dewasa. Yessi minta maaf," kata Yessi.

"Sedih. Aku nggak serasa jadi musuh sih cuma sedih aja," pungkas Ryan.

Dalam momen tersebut, Yessi dan Ryan Dono saling berjabat tangan menandakan perdamaian di antara keduanya.

(dis/fik)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER