Waspada, Bahaya Mengintai Sering Pakai Masker di Dagu

nap - INSERTLIVE
Senin, 13 Jul 2020 15:03 WIB
Kasus positif virus Corona (COVID-19) di Indonesia masih terus bertambah. Namun, kesadaran masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan masih rendah.
Jakarta, Insertlive -

Di era New Normal, setiap masyarakat di Indonesia wajib menggunakan masker ketika menjalani aktivitasnya sehari-hari. Mengenakan masker sangat penting demi mencegah risiko penularan Corona.

Sayangnya, masih banyak orang yang salah atau lalai dalam penggunaan masker. Contohnya ketika mereka menurunkan masker ke bagian dagu karena merasa pengap.

Kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko tertular COVID-19. Dalam siaran langsung bersama BNPB, dr Reisa Broto Asmoro mengungkapkan penggunaan masker yang benar dapat menekan hampir 50 persen peluang penularan virus tersebut.


"Efektivitas mengenakan masker dengan baik dan benar dapat menekan peluang penularan lebih dari 50 persen," kata dr Reisa, anggota tim komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Selain itu, dikutip dari New York Timesdokter spesialis anestesiologi dan dosen di Yale School of Medicine, Shan Soe-Lin mengungkapkan seseorang butuh waktu untuk membiasakan diri dengan menggunakan masker.

Namun, dengan tegas, ia menambahkan bahwa tidak boleh menurunkan masker sampai ke dagu. Ia pun menambahkan jika seseorang merasa pengap, kemungkinan sudah menggunakan masker dengan benar.

"Jika kamu merasa sedikit pengap, kamu mungkin sudah menggunakan maskernya dengan benar," ucap Soe-Lin.

Ia juga memperingatkan orang-orang untuk tidak menurunkan masker ke bagian dagu.

"Kamu tidak boleh menarik atau menurunkan masker ke dagu. Jika kamu merasa kesulitan mengenakan masker, biarkan saja," tambahnya.

[Gambas:Video Insertlive]



(nap/fik)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER