Cara Aktifkan Fitur Dark Mode di WhatsApp Terbaru

Yogi Alfian - INSERTLIVE
Kamis, 23 Jan 2020 09:07 WIB
Cara Aktifkan Fitur Dark Mode di WhatsApp Terbaru
Jakarta, Insertlive - Aplikasi pesan instan WhatsApp baru saja merilis fitur terbaru yakni dark mode atau tema gelap. Kabar itu pertama kali dibagikan oleh situs yang selalu membagikan informasi terbaru tentang WhatsApp, WAbetainfo, pada Rabu (22/1).

Meski begitu, butuh waktu untuk pihak WhastApp untuk menyempurnakan fitur dark mode agar bisa dinikmati oleh semua pengguna smartphone.

"Anda harus memutakhirkan aplikasi WhatsApp saat ini ke versi 2.20.13 (beta) untuk menjajal fitur tema gelap," tulis laman WAbetainfo.

Nah Insertizen, untuk bisa mengaktifkan fitur dark mode, para pengguna beta cukup mengunduh aplikasi WhatsApp di Google Play Store. Atau unduh melalui link ini.

Untuk pengguma no beta, WAbetainfo menyediakan aplikasi WhatsApp yang juga siap diunduh. Namun, alangkah baiknya jika melakukan beberapa tips sebagai berikut:

1. Backup data sebelum melakukan uninstall aplikasi WhatsApp yang saat ini digunakan.

2. Temukan menu backup di Settings > Chats > Chat Backup > Backup

3. Terdapat dua metode yakni simpan di penyimpanan perangkat atau save secara cloud melalui layanan Drive yang terikat akun Google di ponsel. Pilih salah satu ya Insertizen.

4. Setelah selesai, uninstall aplikasi WhatsApp.

Apabila tahapan di atas sudah selesai dilakukan. Insertizen langsung melanjutkan cara di bawah ini ya agar bisa menikmati fitur dark mode.

1. Unduh WhatsApp versi 2.20.13 di link ini.

2. Install aplikasi hingga selesai.

3. Buka Whatsapp sesuai langkah.

4. WhatsApp akan mengembalikan data di-backup tadi hingga prosesnya selesai.

5. Lalu masuk ke Settings > Chats > Theme (di sub-menu Display) > lalu pilih Dark untuk mengaktifkan tema gelap atau dark mode.

6. Proses selesai!

Untuk pengguna iOS, program beta tester WhatsApp disebut telah ditutup karena sudah penuh. Bila nanti dibuka kembali, pengguna yang ingin menggunakan mode gelap harus mendaftar lebih dulu lewat TestFlight Apple.

Sebelumnya, beberapa aplikasi lain sudah mulai menerapkan mode gelap dalam aplikasi mereka. Sebut saja YouTube, Twitter serta Instagram berbondong-bondong merilis mode gelap demi kenyamanan pengguna saat menggunakan aplikasi tersebut.


[Gambas:Video Insertlive]

(yoa/yoa)
KOMENTAR
POPULER