5 Aplikasi Pesan Instan Pengganti Whatsapp yang Sempat Error

Yogi Alfian - INSERTLIVE
Rabu, 22 Jan 2020 08:24 WIB
5 Aplikasi Pesan Instan Pengganti Whatsapp yang Sempat Error
Jakarta, Insertlive - Aplikasi layanan pesan instanĀ Whatsapp sempat mengalami gangguan pada Minggu (19/1) lalu. Atas kejadian tersebut, Banyak pengguna yang mengeluhkan tak bisa mengirim pesan berupa gambar, audio, hingga video.

Tagar WhatsAppDown juga sempat menjadi viral dan trending topic di Twitter. Sebab, Whatsapp diketahui sudah menjadi aplikasi komunikasi yang sangat dibutuhkan semua orang.

Namun, jika Whatsapp mengalami gangguan seperti beberapa waktu lalu. Insertizen bisa menggunakan aplikasi komunkasi lainnya untuk menjadi alternatif lho!

InsertLive sajikan 5 aplikasi pesan instan pengganti Whatsapp:

1. Signal

Signal merupakan perpesanan yang bisa direkomendasikan karena tingkat privasi, kemanan penggunan, dan juga transparansi.

Aplikasi ini mendukung pengiriman pesan teks dan grup yang termasuk pesan media untuk gambar, suara, video, dan dokumen. Serta juga bisa digunakan untuk panggilan suara atau video antar pengguna.

Signal merupakan aplikasi end to end, dan para pengguna dapat mengatur penghitung waktu agar pesan dihapus secara otomatis.

2. Viber

Viber memiliki fitur obrolan grup, pesan suara atau video, dan ribuan gif serta stiker animasi. Para pengguna bisa memasang tambahan obrolan untuk membagikan video YouTube, lagu Spotify, info lokasi, dan masih banyak lainnya.

Viber tentunya mendukung panggilan suara dan video. Semua pesan yang terdapat di Viver dienkripsi end to end sehingga dapat diatur waktunya untuk dihapus sendiri oleh pengguna.

Aplikasi pesan ini juga menyertakan fitur kontak tepercaya yang membantu pengguna memverifikasi identitas peserta obrolan lainnya dengan menukar kunci rahasia.

3. Telegram

Sama seperti kedua aplikasi di atas, Telegram dienkripsi end to end sehingga dapat diatur waktunya untuk dihapus sendiri oleh pengguna.

Telegram memungkinkan pengguna mengirim pesan teks dan media, serta mendukung pesan grup yang dapat memasukkan hingga 200 ribu orang dalam satu ruang obrolan.

Aplikasi ini berjalan pada server yang dilakukan secara global, diklaim dapat mengirimkan pesan lebih cepat daripada aplikasi pesan instan lainnya.

4. GroupMe

GroupMe merupakan aplikasi pesan instan yang juga menyediakan percakapan lintas platform. GroupMe dimiliki oleh Skype yang juga menjadi bagian dari Microsoft.

Oleh karena itu, aplikasi ini juga memiliki pengumpula data yang sama dengan produk Microsoft. Tidak menampilkan enkripsi atau banyak fitur kemanan seperti aplikasi lain.

Fitur yang membedakan GroupMe dengan aplikasi lain adalah bisa fokus pada obrolan grup, dan banyak fitur menyenangkan lain bisa dinikmati oleh para pengguna.

Dalam satu grup sama yang sama, para pengguna bisa mengirim pesan langung ke orang tertentu. Selain itu, aplikasi GroupMe bisa membagikan info lokasi serta fitur tambahan seperti pesan 'suka' dan emoji khusus.

5. Line

Line diketahui sudah begitu sangat populer di Jepang sejak rilis pada Juni 2011 silam. Setidaknya, aplikasi ini sudah diundah sebanyak 500 juta kali di Playstore.

Sama seperti Whatsapp, Line juga terhubung dengan sistem nomor telepon seluler penggunanya. Namun, Line memiliki perbedaan yaitu banyaknya emoticon yang unik dan bervariasi.

Aplikasi pesan instan ini juga memiliki layanan untuk bisa memblokir seorang teman yang ada di kontak. Perusahan asal Jepang, Naver, juga melengkapi Line dengan fitur tambahan seperti Line Camera dan Line Card.


[Gambas:Video Insertlive]

(yoa/yoa)
KOMENTAR
POPULER