Perjuangan Dede Sunandar Demi Sembuhkan Anak dari Penyakit Langka

Insertlive - INSERTLIVE
Kamis, 15 Aug 2019 13:10 WIB
Perjuangan Dede Sunandar Demi Sembuhkan Anak dari Penyakit Langka
Jakarta, Insertlive - Komedian Dede Sunandar sedang diuji. Anak keduanya, Ladzan Syafiq Sunandar terjangkit penyakit Sindrom Williams. Penyakit yang termasuk langka di dunia. Sindrom Williams, merupakan penyakit kelainan genetik langka yang menyerang anak-anak, biasanya menyerang organ jantung, pembuluh darah, ginjal dan organ lainnya.

"Williams syndrome itu penyakit langka di dunia yang kena cuma beberapa, termasuk anak Dede. Perkembangan tubuhnya itu beda jadi rada lambat. Aturannya satu tahun sudah bisa jalan, bisa bicara, di anak saya belum bisa sama sekali. Biar dia bisa jalan dan enggak banyak yang orang tahu, dia punya penyakit jadi saya tatih-tatih, saya ajarin jalan," ujar Dede saat mengisi acara Brownis Trans TV, seperti dikutip dari haibunda.com.

Sebelum mengetahui penyakit sang anak, Dede telah berganti dokter beberapa kali, Dari situ, akhirnya Dede mengetahui bahwa anaknya itu didiagnosis penyakit langka tersebut.

Keluarga Dede SunandarKeluarga Dede Sunandar/ Foto: instagram.com/dedesunandar

"Pertama kali dokter kasih tahu setelah 6 bulan. Pertama periksa umur 3 bulan, sama dokter ini disarankan ke dokter jantung. 'Kok sepertinya ada yang enggak normal," ungkap Dede.

Mengetahui sang anak mengidap penyakit langka, ia pun mencoba berbagai pengobatan hingga akhirnya Dede mencoba pengobatan dari pemerintah, BPJS. Dede juga mengaku tabungannya sudah mulai mencukupi untuk biaya operasi sang anak. Namun, setelah operasi dilakukan masih ada hal yang harus dilakukan seperti terapi jalan untuk mengontrol perkembangan buah hatinya.

Selain itu, ia harus rela bergantian dengan sang istri dalam menjaga sang anak. Karena, pola tidur sang anak tidak seperti umumnya. Melihat sang istri, Karen Hertatum kelelahan ia memutuskan untuk gantian berjaga seusai bekerja.

"Pola tidurnya pun beda, dia malam jadi siang. Gini hari dia tidur. Kalau Dede pulang kerja, kalau istri minta gantian ya sudah iya. Sampai jam 10 (pagi) baru tidur, malamnya segar. Jam setengah 12 malam kita mau rebahan, terang banget matanya. Minta gendong, saya tenteng, saya ajak kemana karena subuh pun masih melek," tukasnya.

[Gambas:Video Insertlive]


(dis/fik)
KOMENTAR
POPULER