Ini Doa Pengantin Baru agar Menjadi Keluarga yang Sakinah

Nabila Sahma | Insertlive
Selasa, 17 Jan 2023 18:55 WIB
Ilustrasi menikah pernikahan pengantin
Jakarta, Insertlive -

Ada sebuah anjuran dalam Islam yang mengajarkan untuk mengamalkan doa pengantin baru agar menjadi keluarga yang sakinah.

Membaca doa pengantin baru dapat menjadi sebuah usaha untuk menjadikan keluarga kita keluarga yang selalu diberikan keberkahan oleh Allah Swt.

Untuk mendapat kemudahan dalam menjalani kehidupan keluarga baru, doa pengantin baru ini sangat kamu perlukan. Mengamalkan doa pengantin baru bisa dilakukan bersama suami atau istri agar senantiasa dijadikan keluarga yang harmonis.


Doa pengantin baru dalam Islam terbagi menjadi doa pengantin baru yang dibacakan suami, doa pengantin baru untuk memohon berkah bagi pasangan yang baru menikah, dan doa Rasulullah.

Doa Pengantin Baru dalam Islam

Bacaan doa pengantin baru adalah "wamin aytihٖ aan khalaq lakum min aanfusikum aazwajan litaskunua ailayha waja'al baynakum mawadatan warahmatan ۗaina fi dhlik layt liqawm yatafakarun".

Doa pengantin baru di atas merupakan potongan ayat dari Surah Ar Rum ayat 21. Berikut ini adalah bacaan doa pengantin baru lengkap dengan tulisan Arab, Latin, dan artinya.

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ - ٢١

Arab-Latin: Wamin aytihٖ aan khalaq lakum min aanfusikum aazwajan litaskunua ailayha waja'al baynakum mawadatan warahmatan aina fi dhlik layt liqawm yatafakarun.

Artinya: "Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya yang Agung, Dia menciptakan bagimu berpasang-pasangan dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan tenteram dengannya, dan Dia menjadikan di antara kamu rasa cinta dan kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang berpikir."

Doa pengantin baru ini juga bisa dibacakan oleh kerabat atau keluarga yang menghadiri acara walimah untuk mendoakan si pengantin baru.

Jika kamu diundang dalam sebuah acara walimah, hendaknya kamu menghadiri acara tersebut untuk turut membaca doa pengantin baru. Kewajiban kita untuk menghadiri acara walimah ini telah disampaikan dalam sebuah hadits riwayat bukhari berikut.

إِذَا دُعِيَ أَحَدُكُمْ إِلَى الْوَلِيْمَةِ فَلْيَأْتِهَا

Arab-Latin: Idzaa du 'iya iahadukum ilalwaymati falya'tihaa.

Artinya: "Jika salah seorang diantara kalian diundang menghadiri acara walimah, maka datangilah," (HR. Bukhari).

Doa untuk Pengantin yang Dibaca Suami

Ada sebuah doa pengantin baru yang khusus untuk dibaca oleh seorang suami. Suami dapat membaca doa pengantin baru ini setelah mengucapkan akad nikah.

Bacaan doa pengantin baru ini adalah "Allaahumma innii as'aluka khairahaa wa khaira maa jabaltahaa 'alaihi, wa a'uudzubika min syarrihaa wa syarri maa jabaltahaa 'alaihi".

Berikut ini adalah bacaan doa pengantin baru yang dibaca oleh suami setelah akad nikah lengkap dengan tulisan Arab, Latin, dan artinya.

للَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا

Arab Latin: Allaahumma innii as'aluka khairahaa wa khaira maa jabaltahaa 'alaihi, wa a'uudzubika min syarrihaa wa syarri maa jabaltahaa 'alaihi.

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu kebaikannya dan kebaikan yang Engkau tentukan kepadanya, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan dari keburukan yang Engkau tentukan kepadanya."

Doa Memohon Berkah bagi Pasangan Baru Menikah

Doa pengantin baru yang selanjutnya akan kita bahas ini dapat dibaca sang suami maupun istri. Membaca doa pengantin baru yang satu ini dapat dilakukan oleh pasangan yang baru menikah untuk memohon berkah bagi keluarga yang baru dibangun.

Bacaan doa pengantin baru untuk memohon berkah bagi pasangan baru menikah adalah "Yaayuha alnabiu aidha jaۤ'ak almumint yubayienak eala aan laa yushrikn bialllh shayana wala yasriqn wala yaznin wala yaqtuln aawladahuna wala yatin bibuhtan yaftarinahٗ bayn aaydihina waarjulihina wala yaesinak fi maeruf fabayiehuna wastaghfir lahuna alllh ۗaina alllh ghafur rahim".

Bacaan doa pengantin baru tersebut terdapat dalam surah Al Mumtahanah ayat 12. Berikut ini bacaan ayatnya yang menjadi doa pengantin baru lengkap dengan tulisan Arab, Latin, dan artinya.

يٰٓاَيُّهَا النَّبِيُّ اِذَا جَاۤءَكَ الْمُؤْمِنٰتُ يُبَايِعْنَكَ عَلٰٓى اَنْ لَّا يُشْرِكْنَ بِاللّٰهِ شَيْـًٔا وَّلَا يَسْرِقْنَ وَلَا يَزْنِيْنَ وَلَا يَقْتُلْنَ اَوْلَادَهُنَّ وَلَا يَأْتِيْنَ بِبُهْتَانٍ يَّفْتَرِيْنَهٗ بَيْنَ اَيْدِيْهِنَّ وَاَرْجُلِهِنَّ وَلَا يَعْصِيْنَكَ فِيْ مَعْرُوْفٍ فَبَايِعْهُنَّ وَاسْتَغْفِرْ لَهُنَّ اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Arab-Latin: Yaayuha alnabiu aidha ja 'ak almuminat yubayienak ala aan laa yushrikna billah shaya wala yasriqna wala yaznin wala yaqtulna aawladahuna wala yatin bibuhtan yaftarinah bayn aaydihina waarjulihina wala ya'sinak fi ma'ruf fabayi'huna wastaghfir lahuna alllh aina alllh ghafur rahim.

Artinya: "Wahai Nabi! Apabila wanita yang mukmin datang kepadamu untuk mengadakan bai'at (janji setia), bahwa mereka tidak akan mempersekutukan sesuatu apa pun dengan Allah; tidak akan mencuri, tidak akan berzina, tidak akan membunuh anak-anaknya, tidak akan berbuat dusta yang mereka ada-adakan antara tangan dan kaki mereka dan tidak akan mendurhakaimu dalam urusan yang baik, maka terimalah janji setia mereka dan mohonkanlah ampunan untuk mereka kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang." (QS Al Mumtahanah: 12).

Bukan hanya untuk pasangan yang baru menikah, doa pengantin baru juga bisa dibaca oleh pasangan yang telah lama menikah. Pasangan yang telah lama menikah dapat memohon keberkahan dalam rumah tangganya dengan membaca doa pengantin baru dari surah Al Mumtahanah ayat 12.

Arab Emirati family outdoors in park.Arab Emirati family outdoors in park./ Foto: Getty Images/iStockphoto/aydinmutlu

Doa Rasulullah

Rasulullah saw. juga mengucapkan sebuah doa pengantin baru untuk mendoakan kebahagiaan dan keberkahan kepada pasangan yang baru menikah di setiap waktu.

Bacaan doa pengantin baru yang dibaca Rasulullah saw. adalah "Barakallahu laka wa baraka alaika wajama'a baynakuma fi khayr."

Berikut ini adalah bacaan doa pengantin baru yang dibaca Rasulullah Saw. lengkap dengan tulisan Arab, Latin, dan artinya.

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Arab-Latin: Barakallahu laka wa baraka alaika wajama'a baynakuma fi khayr.

Artinya: "Semoga Allah memberkahimu di waktu bahagia dan memberkahimu di waktu susah, serta semoga Allah mempersatukan kalian berdua dalam kebaikan" (HR. Abu Dawud).

Ucapan Bahasa Arab untuk Pasangan yang Baru Nikah

Ada beberapa ucapan bahasa Arab untuk pasangan yang baru nikah. Ucapan-ucapan ini juga bisa menjadi doa pengantin baru.

Berikut adalah ucapan bahasa arab untuk pasangan yang baru menikah lengkap dengan tulisan Arab, Latin, dan artinya.

1. Ucapan Doa Pengantin Baru 1 

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Arab-Latin: Allahummaghfir lahum, warhamhum, wabairik lahum fima razaqtahum.

Artinya : "Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka," (HR. Ahmad)

2. Ucapan Doa Pengantin Baru 2

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ

Arab-Latin: Allahumma barik lahum fima razaqtahum, waghfir lahum, warhamhum.

Artinya : "Ya Allah, berkahilah apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka, Ampunilah mereka dan sayangilah mereka," (HR. Muslim).

3. Ucapan Doa Pengantin Baru 3

باركَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Arab-Latin: Baarakallahu laka wa baaraka 'alaika wa jama'a bainakuma fi khayrin.

Artinya: "Semoga Allah memberkahimu ketika bahagia dan ketika susah, serta mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan," (HR. Abu Daud).

Nah, itu dia bacaan-bacaan doa pengantin baru yang bisa kita amalkan untuk memohon pertolongan Allah Swt. Semoga Allah Swt. memberikan kemudahan kepada kamu para pengantin baru dalam mewujudkan keluarga berkah, sakinah, mawadah, dan warahmah. Aamiin.

(Nabila Sahma/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER