Doa Sebelum dan Sesudah Belajar yang Diajarkan Rasulullah

Nabila Sahma | Insertlive
Selasa, 10 Jan 2023 21:05 WIB
Ilustrasi Mengenal Pembagian Desimal, Cara Hitung, dan Contoh Soalnya
Jakarta, Insertlive -

Rasulullah saw. telah mengajarkan doa belajar. Doa belajar dalam Islam terdiri dari doa sebelum belajar dan doa sesudah belajar.

Bacaan doa belajar dalam Islam yang paling umum dibaca adalah "Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin."

Namun, selain bacaan doa belajar di atas, masih banyak doa-doa belajar dalam Islam yang bisa kita amalkan untuk mendapatkan kemudahan dalam menyerap ilmu yang berkah.


Yuk, simak kumpulan doa belajar yang terdiri dari doa sebelum belajar dan doa sesudah belajar di bawah ini.

Amalan yang Dilakukan Sebelum Belajar dalam Islam

Selain mengamalkan doa belajar dengan baik, ada amalan-amalan lain yang apabila kita lakukan dapat menambah kemudahan kita dalam menyerap ilmu. Amalan-amalan yang perlu dilakukan sebelum belajar dalam Islam antara lain adalah:

  1. Mengumpulkan niat belajar dengan mengharap mencari keridaan Allah Swt.
  2. Membaca doa sebelum belajar.
  3. Penuh perhatian, konsentrasi, dan tidak main-main saat belajar.
  4. Memfokuskan pendengaran dan penglihatan pada pelajaran.
  5. Membaca doa sesudah belajar.
Belajar matematika.Ilustrasi belajar/ Foto: Annie Spratt/Unsplash

Doa Sebelum Belajar

Membaca doa belajar dapat membantu kita dalam mendapatkan pelajaran yang berkah. Selain itu, membaca doa belajar juga dapat membantu kita untuk mendapatkan kemudahan dalam mengingat pelajaran yang sedang dipelajari.

Berikut ini adalah bacaan doa sebelum belajar yang diajarkan oleh Nabi Muhammad saw.

1. Doa sebelum belajar untuk memohon kemudahan dalam memahami pelajaran

Bacaan doa sebelum belajar untuk memohon kemudahan dalam memahami pelajaran adalah "Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin".

Berikut ini adalah bacaan doa sebelum belajar untuk memohon kemudahan dalam memahami pelajaran lengkap dengan tulisan Arab, Latin, dan artinya.

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Arab-Latin: Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin

Artinya: "Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang saleh."

2. Doa sebelum belajar untuk memohon ilmu yang bermanfaat

Bacaan doa sebelum belajar untuk memohon ilmu yang bermanfaat adalah "Allahummanfa'ni bima 'allamtani wa 'allimni ma yanfa'uni wa zidni 'ilman walhamdulillahi 'ala kulli halin".

Berikut ini adalah bacaan doa sebelum belajar untuk memohon ilmu yang bermanfaat lengkap dengan tulisan Arab, Latin, dan artinya.

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي ، وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي ، وَزِدْنِي عِلْمًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Arab-Latin: Allahummanfa'ni bima 'allamtani wa 'allimni ma yanfa'uni wa zidni 'ilman walhamdulillahi 'ala kulli halin.

Artinya: "Ya Allah, berilah kemanfaatan atas segala ilmu yang Engkau ajarkan pada saya. Berilah saya ilmu yang bermanfaat dan tambahkanlah ilmu pada saya. Segala puji bagi Allah dalam setiap waktu."

3. Doa sebelum belajar untuk dijauhkan dari keraguan dan memohon kemuliaan pemahaman

Bacaan doa sebelum belajar untuk dijauhkan dari keraguan dan memohon kemuliaan pemahaman adalah "Allahumma akhrijnaa min dhulumaatil wahmi, wa akrimnaa binuuril fahmi, waftah 'alainaa bima'rifatil ilmi, wasahhil lanaa abwaaba fadhlika yaa arhamar raahimin".

Berikut ini adalah bacaan doa sebelum belajar untuk dijauhkan dari keraguan dan memohon kemuliaan lengkap dengan tulisan Arab, Latin, dan artinya.

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Bacaan Latin: Allahumma akhrijnaa min dhulumaatil wahmi, wa akrimnaa binuuril fahmi, waftah 'alainaa bima'rifatil ilmi, wasahhil lanaa abwaaba fadhlika yaa arhamar raahimin

Artinya: "Ya Allah, keluarkanlah kami dari gelapnya keraguan, dan muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman. Bukakanlah untuk kami dengan kemakrifatan ilmu dan mudahkanlah pintu karunia-Mu bagi kami, wahat Zat yang Maha Pengasih."

ilustrasi doa setelah sholat dhuha yang bisa diajarkan pada anakilustrasi doa setelah sholat dhuha yang bisa diajarkan pada anak/ Foto: Getty Images/iStockphoto/PrathanChorruangsak

Doa Sesudah Belajar

Doa belajar juga perlu dibaca setelah selesai belajar untuk memohon keberkahan dari ilmu yang telah dipelajari. Membaca doa belajar sesudah mempelajari pembelajaran juga ampuh untuk membuat hal-hal yang dipelajari awet di dalam memori kita.

Berikut ini adalah beberapa doa belajar yang bisa kita baca setelah menyelesaikan pembelajaran.

1. Doa belajar untuk memohon apa yang dipelajari dapat diingat dalam jangka waktu yang lama

Bacaan doa belajar untuk memohon apa yang dipelajari dapat diingat dalam jangka waktu yang lama adalah "Bismillaahir rohmaanir rohiim, allahumma innis tauda'tuka maa qoro'tuhu wa maa hafidzhtuhu wa maa fahimtuhu fardudhu ilayya 'inda haajatii ilaih".

Berikut ini bacaan doa belajar untuk memohon apa yang dipelajari dapat diingat dalam jangka waktu yang lama lengkap dengan tulisan Arab, Latin, dan artinya.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، اَللّهُمَّ إِنِّي اسْتَوْدَعْتُكَ مَا قَرَأْتُهُ وَ مَا حَفِظْتُهُ وَ مَا فَهِمْتُهُ فَارْدُدْهُ إِلَيَّ عِنْدَ حَاجَتيِ إِلَيْه.

Arab-Latin: Bismillaahir rohmaanir rohiim, allahumma innis tauda'tuka maa qoro'tuhu wa maa hafidzhtuhu wa maa fahimtuhu fardudhu ilayya 'inda haajatii ilaih.

Artinya: "Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, sesungguhnya aku titipkan kepada-Mu apa yang aku telah membacanya, apa yang aku telah menghafalnya dan apa yang aku telah memahaminya. Maka kembalikanlah kepadaku bila sewaktu-waktu aku membutuhkannya."

2. Doa belajar memohon ilmu yang bermanfaat

Bacaan doa belajar untuk memohon ilmu yang bermanfaat adalah "Allahumma inni as-aluka 'ilman naafi'an wa rizqon thoyyiban wa 'amalan mutaqobbalan".

Berikut ini adalah bacaan doa belajar untuk memohon ilmu yang bermanfaat lengkap dengan tulisan Arab, Latin, dan artinya.

اَللّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Arab-Latin: Allahumma inni as-aluka 'ilman naafi'an wa rizqon thoyyiban wa 'amalan mutaqobbalan.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang tidak tertolak."

3. Doa belajar memohon pengetahuan yang benar

Bacaan doa belajar untuk memohon pengetahuan yang benar adalah "Allahumma arinal haqqa haqqan warzuqnat tibaa'ahu. Wa arinal baathila baathilan warzuqnaj tina bahu".

Berikut ini adalah bacaan doa belajar untuk memohon pengetahuan yang benar lengkap dengan tulisan Arab, Latin, dan artinya.

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Arab-Latin: "Allahumma arinal haqqa haqqan warzuqnat tibaa'ahu. Wa arinal baathila baathilan warzuqnaj tina bahu."

Artinya: "Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran sehingga kami bisa mengikutinya, dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya."

Ketiga doa belajar di atas dapat kita amalkan setelah selesai menghafal sesuatu, menuntut ilmu, atau ketika waktu pembelajaran berakhir.

Beberapa doa belajar di atas harus kita amalkan untuk mendapatkan ilmu yang berkah dan mendapatkan ilmu yang benar.

Bukan hanya itu, membaca doa belajar sebelum dan sesudah menuntut ilmu dapat membuat kita terus mendapatkan rida Allah Swt. dan terus berada di sisi-Nya.

Nah, itu dia kumpulan doa belajar yang berisikan beberapa pilihan doa belajar. Semoga tulisan doa-doa belajar ini bisa kita amalkan dengan baik untuk mendapatkan rida-Nya dalam menuntut ilmu. Aamiin.

(Nabila Sahma/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER