Doa Nabi Daud yang Dapat Melunakkan Hati Seseorang Jadi Luluh

Nabila Sahma | Insertlive
Kamis, 05 Jan 2023 21:15 WIB
Portrait of asian muslim child raising hand and praying in the mosque
Jakarta, Insertlive -

Membaca doa Nabi Daud dapat membuat hati seseorang menjadi luluh akan sesuatu. Ketika kita berurusan dengan seseorang yang berwatak keras, kita bisa menggunakan doa Nabi Daud untuk melunakkan hatinya.

Doa Nabi Daud dapat kita baca dengan niat untuk memohon kepada Allah Swt. yang maha membolak-balikkan hati manusia. Hati manusia yang sekeras batu dengan mudah dapat kita luluhkan dengan memohon bantuan Allah Swt. dan membaca doa Nabi Daud.

Doa Nabi Daud yang akan kita bahas terdiri dari doa ketika Nabi Daud melunakkan besi, doa Nabi Daud untuk meluluhkan hati seseorang, dan doa Nabi Daud untuk membolak-balikkan hati seseorang.


Mukjizat Nabi Daud Melunakkan Besi

Doa Nabi Daud yang akan kita bahas pertama adalah sebuah doa yang dibacakan oleh Nabi Daud a.s. untuk mendapatkan mukjizatnya dalam melunakkan besi. Mukjizat tentang doa Nabi Daud ini telah disebutkan dalam Al-Qur'an surat As-Saba ayat 10. Berikut ini adalah bacaan doa Nabi Daud yang kala itu digunakan untuk melunakkan besi:

وَلَقَدْ اٰتَيْنَا دَاوٗدَ مِنَّا فَضْلًاۗ يٰجِبَالُ اَوِّبِيْ مَعَهٗ وَالطَّيْرَ ۚوَاَلَنَّا لَهُ الْحَدِيْدَۙ

Arab-Latin: Walaqod aataynaa dauuda minnaa fadhlaa, yaajibaalu awwabii ma a'hu wattoyiro, waalannaa lahulhadiid

Artinya: Dan sungguh, Telah Kami berikan kepada Dawud karunia dari Kami. (Kami berfirman), "Wahai, gunung-gunung dan burung-burung! Bertasbihlah berulang-ulang bersama Dawud," dan Kami telah melunakkan besi untuknya.

Doa Nabi Daud Meluluhkan Hati Seseorang

Doa Nabi Daud selanjutnya ini dapat kita baca untuk meluluhkan hati seseorang. Beberapa orang memang memiliki hati yang keras dan cenderung sulit untuk diluluhkan dan kita dapat melunakkan hatinya dengan membaca doa Nabi Daud.

Bacaan doa Nabi Daud untuk meluluhkan hati seseorang adalah: "Allaahumma innaka antal azizul kabir. Wa anaa abduka adhdhoiifudzdzaliil. Alladzii laa haula wa laa quwwata illaa bika. Allaahumma sakhkhir lii (sebut nama orang dimaksud) kama sakhkhorta firauna li musa. Wa layyin li qolbahuu kama layyantalhadiida li dawuda. Fa innahu la yantiqu illa bi idznika. Nashiyatuhuu fii qobdhatika. Wa qolbuhuu fi yadiKka. Jalla tsanau wajhik. ya arkhamar rakhimiin."

Berikut ini adalah tulisan Arab dan arti dari doa Nabi Daud yang bisa meluluhkan hati seseorang:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيْزُ الْكَبِيْرُ وَأَنَا عَبْدُكَ الضَّعِيْفُ الذَّلِيْلُ الَّذِيْ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِكَ، اللَّهُمَّ سَخِّرْ لِيْ كَمَا سَخَّرْتَ فِرْعَوْنَ لِمُوْسَى وَلَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ كَمَا لَيَّنْتَ الْحَدِيْدَ لِدَاوُدَ فَإِنَّهُ لَا يَنْطِقُ إِلَّا بِإِذْنِكَ نَاصِيَتُهُ فِيْ قَبْضَتِكَ وَقَلْبُهُ فِيْ يَدِكَ جَلَّ ثَناَءُ وَجْهِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Arab-Latin: Allaahumma innaka antal azizul kabir. Wa anaa abduka adhdhoiifudzdzaliil. Alladzii laa haula wa laa quwwata illaa bika. Allaahumma sakhkhir lii (sebut nama orang dimaksud) kama sakhkhorta firauna li musa. Wa layyin li qolbahuu kama layyantalhadiida li dawuda. Fa innahu la yantiqu illa bi idznika. Nashiyatuhuu fii qobdhatika. Wa qolbuhuu fi yadikka. Jalla tsanau wajhik. ya arkhamar rakhimiin.

Artinya : "Ya Allah, sungguh Engkau Maha Mulia Maha Besar. Sementara aku hamba-Mu yang sangat hina dina. Tiada upaya dan kekuatan kecuali karena Engkau. Ya Allah, tundukkanlah (sebut nama orang yang dimaksud) padaku, sebagaimana Engkau telah menundukkan Fir'aun pada Musa a.s. Dan luluhkan hatinya untukku, sebagaimana Engkau telah meluluhkan besi untuk Daud a.s. karena sungguh dia takkan berbicara kecuali dengan izin-Mu. Ubun-ubunnya dalam genggaman-Mu, dan hatinya di tangan-Mu. Pujian wajah-Mu telah Agung, wahai yang lebih sayang para penyayang."

Doa Nabi Daud Membolak-Balikkan Hati Seseorang

Untuk memohon bantuan Allah Swt. yang maha membolak-balikkan hati manusia, kita juga bisa membaca doa Nabi Daud. Membaca doa Nabi Daud yang satu ini dapat mempermudah jalan kita ketika ingin membuat seseorang luluh dengan permohonan kita.

Bacaan doa Nabi Daud untuk membolak-balikkan hati seseorang adalah: "Allahumma laiyinli qalbahu, laiyinta li Daudal hadid"

Berikut ini adalah tulisan Arab, bacaan Latin, dan arti dari doa Nabi Daud di atas:

اَللَّهُمَّ لَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ لَيِّنْتَ لِدَاوُدَالْحَدِيْد

Arab-Latin: Allahumma laiyinli qalbahu, laiyinta li Daudal hadid

Artinya: "Ya Allah, lembutkanlah hatinya sebagaimana Engkau melembutkan Daud (akan) besi."

Doa Nabi Daud dapat kita baca ketika ingin menghadapi seseorang yang hatinya cenderung sulit untuk dibuat luluh. Misalnya, kita bisa membaca doa Nabi Daud sebelum bertemu pimpinan atau ketika ingin menyampaikan sesuatu yang membutuhkan persetujuannya.

Membaca doa Nabi Daud juga bisa kita lakukan sebelum meminta persetujuan orang tua akan sesuatu yang kita ingin lakukan. Selain itu, doa Nabi Daud juga dapat kita baca sebelum menyatakan perasaan kita kepada orang yang kita cintai.

Dengan membaca doa Nabi Daud, insyaallah kita bisa mendapatkan pertolongan Allah Swt. untuk membolak-balikkan hati manusia. Demikian tulisan berisikan doa Nabi Daud yang bisa kita baca untuk meluluhkan dan membolak-balikkan hati manusia. Semoga tulisan ini bermanfaat.

(Nabila Sahma/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER