Hati-hati, Ini Risiko Konsumsi Gula Berlebih

Nabila Sahma | Insertlive
Sabtu, 07 Jan 2023 14:00 WIB
Nama lain gula
Jakarta, Insertlive -

Konsumsi gula berlebih berisiko menyebabkan timbulnya masalah kesehatan pada tubuh. Berbagai penyakit bisa timbul akibat dari konsumsi gula yang melebihi batas konsumsi harian.

Salah satu penyakit yang disebabkan oleh konsumsi gula berlebih adalah penyakit diabetes. Masalah penyakit yang ditimbulkan dari konsumsi gula berlebih ini bisa berujung pada kematian.

Kenali penyakit akibat konsumsi gula berlebih pada penjelasan berikut.


Penyakit yang Disebabkan oleh Gula

Mengutip dari Medical News Today, berikut ini adalah 5 penyakit yang bisa timbul karena konsumsi gula yang berlebihan.

1. Penyakit Diabetes

Penyakit pertama yang disebabkan oleh konsumsi gula berlebih adalah diabetes tipe 2. National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK) menyebutkan bahwa penyakit ini bisa membawa dampak lainnya seperti obesitas dan resistensi insulin.

2. Penyakit Obesitas

Penyakit akibat konsumsi gula berlebih selanjutnya adalah obesitas. Seperti yang disebutkan pada penjelasan sebelumnya, obesitas juga merupakan penyakit bawaan dari diabetes akibat konsumsi gula berlebih.

Sebuah tes ilmiah yang dilakukan pada hewan menyebutkan bahwa gula bisa menyebabkan hormon mengalami kesulitan dalam mengontrol berat badan. Ketika konsumsi gula secara berlebihan dilakukan, otak dan pikiran akan membuat ingin terus makan.

3. Penyakit Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2011 menemukan korelasi antara konsumsi gula berlebih dengan penyakit hipertensi. Lalu, hipertensi ini juga dapat berujung ada penyakit jantung.

4. Penyakit Kardiovaskuler

Penyakit kardiovaskuler juga merupakan penyakit yang disebabkan oleh konsumsi gula berlebih. Sebuah studi ilmiah menyebutkan bahwa seseorang yang mendapatkan 17-21% kalori mereka dari gula memiliki risiko sebesar 38% meninggal dunia akibat kardiovaskuler.

5. Penyakit Kanker

Kanker juga merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh konsumsi gula berlebih. Konsumsi gula secara berlebihan bisa menyebabkan stres, inflamasi, dan obesitas yang merupakan beberapa faktor penyebab kanker.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Annual Review of Nutrition juga menyebutkan bahwa 59% orang dengan penyakit kanker disebabkan oleh konsumsi gula berlebih melalui minuman-minuman manis.

ilustrasi makan kueilustrasi makan kue/ Foto: thinkstock

Risiko Konsumsi Gula Berlebih

Berikut ini adalah beberapa risiko konsumsi gula berlebih yang disebutkan oleh Medical News Today:

  • Mudah kehilangan energi, sebuah studi menyatakan bahwa satu jam setelah konsumsi gula akan membuat seseorang mudah mengalami kelelahan.

  • Perut buncit, John Hopkins Medicine menyebutkan bahwa konsumsi gula yang berlebih bisa membuat perut menjadi buncit diakibatkan oleh gas yang menumpuk. Beberapa risiko yang disebabkan oleh konsumsi gula berlebih antara lain adalah Irritable¬†Bowel Syndrome (IBS) atau Small Intestinal Bacterial Overgrowth (SIBO).

  • Mood memburuk, sebuah studi menemukan bahwa konsumsi gula dengan kadar yang terlalu tinggi juga bisa mengakibatkan depresi dan mood disorder pada pria.

  • Kerusakan gigi, konsumsi gula berlebih juga bisa menimbulkan kerusakan pada gigi karena gula bisa membuat bakteri dalam gigi berkembang.

  • Muncul jerawat pada wajah, studi dari China mengemukakan bahwa konsumsi gula berlebih dari minuman manis sebanyak tujuh kali per minggu atau lebih membuat mereka lebih mudah berjerawat. Hal ini disebabkan oleh gula yang bisa membuat wajah memproduksi lebih banyak androgen dan sebum yang merupakan faktor penyebab timbulnya jerawat.

Batasan Konsumsi Gula

Konsumsi gula sendiri memiliki batasan di setiap harinya. Menurut World Health Organization (WHO), batas harian konsumsi gula adalah sebanyak 5% dari kalori harian mereka.

Jika kebutuhan kalori harian sekitar 2.000 kalori, maka batas konsumsi gula per hari adalah 100 kalori atau sebanyak enam sendok teh.

Untuk itu, sebelum mengonsumsi makanan dan minuman manis, lebih baik kita periksa terlebih dahulu berapa banyak kalori yang didapat dari gula dalam minuman/makanan tersebut. Jangan sampai melebihi batas kalori harian agar tidak terkena penyakit-penyakit yang bisa timbul dari konsumsi gula berlebih.

Demikian informasi selengkapnya tentang bahaya konsumsi gula berlebih dan penyakit-penyakit yang bisa timbul darinya, semoga bermanfaat.

(Nabila Sahma/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER