Tata Cara Sholat Tasbih dalam Islam

Nabila Sahma | Insertlive
Minggu, 08 Jan 2023 21:30 WIB
Silhouette of activities of people at famous landmark muslim man pray in mosque in Malaysia,vector illustration
Jakarta, Insertlive -

Tata cara sholat tasbih wajib kita ketahui sebagai umat Muslim karena sholat tasbih merupakan sholat sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah saw. untuk memohon ampunan dari Allah Swt.

Dalam hadits riwayat Abu Dawud, At Tirmidzi, dan Ibnu Najah disebutkan bahwa hukum dari melaksanakan tata cara sholat tasbih adalah sunnah, yaitu setidaknya sekali seumur hidup.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan selengkapnya tentang tata cara sholat tasbih berikut.


Niat Sholat Tasbih

Berikut ini adalah bacaan niat untuk menjalankan tata cara sholat tasbih:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَسْبِيْحِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لِلهِ تَعَالَى

Arab-Latin: Ushalli sunnatat tasbīhi rak'ataini lillāhi ta'ālā

Artinya: "Sengaja aku sholat sunnah tasbih empat rakaat karena Allah Swt."

Tata Cara Sholat Tasbih yang Benar dalam Islam

Cara sholat tasbih dilakukan sebanyak 4 rakaat dengan dua kali salam. Di dalam tata cara sholat tasbih ada bacaan tasbih sebanyak 75 kali pada setiap rakaatnya dan sebanyak 300 kali tasbih pada keseluruhan pelaksanaan tata cara sholat tasbih.

Berikut ini adalah tata cara sholat tasbih yang benar dalam Islam.

  1. Berdiri menghadap kiblat sambil mengukuhkan niat dalam hati untuk melaksanakan tata cara sholat tasbih karena Allah Swt. dan kemudian membaca niat sholat tasbih, "Ushalli sunnatat tasbīhi rak'ataini lillāhi ta'ālā."

  2. Takbiratul ihram dan membaca Allahu Akbar.

  3. Dilanjutkan dengan membaca doa iftitah dan surat Al Fatihah.

  4. Kemudian membaca salah satu surat dari Al-Qur'an.

  5. Membaca bacaan tasbih sebanyak 15 kali sebagai berikut:

    سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ

    Arab-Latin: Subhanallahi walhamdulillahi walaa ilaaha illallaahu wallaahu akbar.

    Artinya: "Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar."

  6. Rukuk dan membaca bacaan rukuk, lalu membaca bacaan tasbih 10 kali.

  7. I'tidal dan membaca bacaan i'tidal, lalu membaca bacaan tasbih 10 kali.

  8. Sujud dan membaca bacaan sujud, lalu membaca bacaan tasbih 10 kali.

  9. Duduk di antara dua sujud dan membaca bacaan doa duduk antara dua sujud, kemudian dilanjutkan membaca bacaan tasbih 10 kali.

  10. Sujud kedua dengan membaca bacaan doa sujud, lalu membaca bacaan tasbih 10 kali.

  11. Kemudian tata cara sholat tasbih dilanjutkan dengan duduk sejenak sambil membaca tasbih 10 kali, lalu bangkit berdiri untuk rakaat selanjutnya.

  12. Setelah menjalankan tata cara sholat tasbih sebanyak 4 rakaat, dianjurkan untuk membaca doa setelah sholat tasbih. Berikut ini adalah bacaan doa setelah sholat tasbih:

    اَللَّهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ تَوْفِيْقَ اَهْلِ الهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ اليَقِيْنِ وَمُنَاصَحَةَ اَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَوَجَلَ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ اَهْلِ الرَّغْبَةِ وَتَعَبُّدَ اَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ اَهْلِ اْلعِلْمِ حَتَّى نَخَافَـكَ اَللَّهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ مَخَافَةَ تُحْجِزُنَا عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى نَعْمَلَ بِطَاعَتِـكَ سُبْحَانَ خَالِقَ النُّوْرُ. والصَلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَي اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ والحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

    Arab-Latin: Allahumma innaa nas aluka taufiiqi ahlil hudaa wa a'mala ahlil yaqiini wa munaa shohata ahli taubati wa 'azma ahli shabri wawajala ahlil khosy yati wa tholaba ahli raghbati wa ta'abbuda ahlil wara'i wa 'irfaana ahlil 'ilmi hattaa nakhoafaka. Allahumma Innaa nas aluka makhofata tuhjizunaa 'an ma'aashiika hatta na'mala bithoo'atika subhaana khooliqo nuur. Washolaatu wassalaamu 'ala sayyidinaa Muhammadin wa 'alaa aalihi wa shahbihi ajma'in walhamdulillahi rabbil 'aalamiin.

    Artinya: "Ya Allah aku meminta pada-Mu pertolongan (melakukan kebaikan) sebagaimana yang Engkau berikan kepada orang-orang yang mendapatkan petunjuk, amal-amal yang dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai keyakinan tinggi, nasihat-nasihat orang yang ahli bertaubat, kemauan kuat yang dimiliki orang-orang yang ahli bersabar, kesungguhan orang-orang yang selalu takut (pada-Mu), permintaan orang-orang yang selalu cinta (pada-Mu), beribadahnya orang-orang yang ahli menjaga diri dari perkara syubhat, pengetahuan orang-orang yang ahli dalam ilmu (agama) sehingga aku pun dapat takut kepada-Mu. Ya Allah sesungguhnya aku meminta pada-Mu rasa takut yang menjagaku dari melakukan kemaksiatan pada-Mu, sehingga dengan taat pada-Mu aku pun bisa melakukan amal, yang dengannya bisa kuraih rida-Mu dan dengan taubat aku dapat mengambil rasa takut kepada Engkau, dan kumurnikan pada-Mu nasehat karena malu pada Engkau. Dan aku pasrahkan segala urusan padaMu karena wujudnya prasangka baik kepada-Mu. Maha Suci Allah Sang Pencipta Cahaya".
Silhouette of activities of people at famous landmark muslim man pray in mosque in Malaysia,vector illustrationSilhouette of activities of people at famous landmark muslim man pray in mosque in Malaysia,vector illustration/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Therd oval

Surat yang Dibaca Saat Sholat Tasbih

Sebenarnya, tidak ada ketentuan untuk membaca ayat surah dalam Al-Qur'an tertentu dalam menjalankan tata cara sholat tasbih. Setelah membaca surah Al Fatihah pada tiap rakaat kita dibolehkan membaca surah apa pun dalam Al-Qur'an yang kita hafal saat menjalankan tata cara sholat tasbih. Misalnya pada rakaat pertama membaca surah Al Kafirun dan membaca surah Al Lahab di rakaat kedua.

Waktu Sholat Tasbih

Waktu pelaksanaan tata cara sholat tasbih umumnya adalah kapan pun baik siang hari atau malam hari. Namun, waktu terbaik untuk melaksanakan tata cara sholat tasbih adalah di sepuluh malam terakhir untuk menjemput lailatul qadar.

Umat Muslim dapat menjalankan tata cara sholat tasbih di sepuluh terakhir bulan Ramadhan secara berjemaah dengan keluarga atau ketika melakukan i'tikaf di masjid dengan mengharap ampunan dosa, pahala sebanyak-banyaknya dari Allah Swt., dan untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Manfaat Sholat Tasbih

Menjalankan tata cara sholat tasbih dengan baik dapat mendatangkan banyak syafaat untuk kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat menjalankan tata cara sholat tasbih.

  • Mendekatkan diri kepada Allah Swt. dan Rasul.

  • Menghapus segala dosa.

  • Mendapatkan pahala.

  • Terhindar dari kesedihan dan musibah.

  • Mendatangkan kebaikan.

Nah, itulah informasi selengkapnya tentang tata cara sholat tasbih sesuai dengan tuntunan Islam. Selain mengenai tata cara sholat tasbih, tulisan ini juga dilengkapi dengan banyak manfaat dari menjalankan cara sholat tasbih yang baik.

Semoga tulisan tentang tata cara sholat tasbih ini bermanfaat dan dapat menuntun kita untuk menjalankan tata cara sholat tasbih dengan baik untuk mendapat syafaat dari-Nya.

(Nabila Sahma/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER