Aturan Berpakaian Saat Wawancara Kerja Online

Nabila Sahma | Insertlive
Kamis, 17 Nov 2022 07:30 WIB
Rekomendasi Baju Kerja Baru dari Brand Lokal
Jakarta, Insertlive -

Pakaian saat wawancara kerja adalah salah satu poin yang dapat menentukan lolos atau tidaknya kita ke tahap perekrutan berikutnya, lo. Pakaian yang kamu kenakan saat wawancara kerja adalah hal yang penting dan sangat diperhatikan oleh HRD.

Ada beberapa ketentuan khusus mengenai pakaian saat wawancara kerja yang bisa kamu kenakan. Berikut akan InsertLive rangkum mengenai cara memilih pakaian saat wawancara kerja selengkap. Simak, yuk!

Apakah Interview Online Wajib Pakai Baju Putih?

Pakaian saat wawancara kerja online juga wajib kamu perhatikan, lo. Meski dilakukan secara online, kamu harus siap sedia menunjukkan penampilan kamu di kamera. Karena itulah pemilihan pakaian interview kerja online sangat penting.


Banyak pertanyaan tentang pakaian saat wawancara kerja online, salah satunya adalah apakah kita wajib mengenakan pakaian putih saat wawancara online?

Jawabannya adalah tidak. Sama seperti cara berpakaian saat wawancara kerja pada umumnya, pakaian yang dikenakan tidak wajib berwarna putih. Namun, lain halnya jika dalam ketentuan interview online tertulis harus mengenakan baju putih. Jika baju putih menjadi dresscode yang wajib dikenakan, maka kamu wajib mengenakan baju putih sebagai pakaian saat wawancara kerja online.

Cara Memilih Pakaian Saat Wawancara Kerja Online

Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk memilih pakaian saat wawancara kerja online. Selain harus terlihat sopan, pakaian saat interview online juga harus terlihat formal. Warna pakaian saat wawancara kerja secara online juga harus kamu perhatikan. Jangan sampai kamu mengenakan warna yang terlalu kontras di kamera.

Warna pakaian saat wawancara kerja secara online yang terlalu kontras dapat mengganggu fokus kamu dan HRD. Jangan sampai HRD merasa terganggu dengan warna pakaian yang kamu kenakan saat wawancara kerja. Lalu, coba perhatikan apakah pihak perusahaan yang kamu lamar menyebutkan warna dress code tertentu yang wajib digunakan untuk menjalani interview online.

Selain pemilihan warna, ada hal lain yang harus kamu perhatikan untuk memilih pakaian saat wawancara kerja online. Pilihlah pakaian yang dapat membuat kamu nyaman saat melakukan wawancara online. Pakaian yang nyaman dapat membuat kamu lebih fokus untuk menjalani wawancara online.

Tips selanjutnya adalah, coba sesuaikan pakaian saat wawancara kerja dengan latar belakang perusahaan dan posisi yang kamu lamar. Jika kamu melamar di perusahaan media berita sebagai pembaca berita yang berlatar belakang formal, kamu bisa mengenakan pakaian dengan warna gelap dan senada. Lalu, kamu juga bisa mengenakan jas untuk menambah kesan profesional kamu sebagai pembaca berita nantinya.

Lalu jika kamu melamar untuk posisi host sebuah media hiburan yang berlatar kasual, kamu bisa mengenakan pakaian dengan nuansa terang. Kamu juga bisa kenakan outer yang lebih kasual dibandingkan mengenakan jas.

Setelah penjelasan lengkap di atas, berikut adalah rangkuman InsertLive mengenai bagaimana sih ketentuan pakaian saat wawancara kerja yang dilakukan secara online? Jawabannya terdiri dari beberapa hal berikut ini:

1. Meski dilakukan secara online, pakaian saat wawancara kerja harus sopan.

2. Pakaian saat wawancara kerja yang dilakukan secara online harus terlihat formal.

3. Jangan kenakan pakaian dengan warna yang kontras saat wawancara kerja online.

4. Kenakan pakaian yang membuatmu nyaman saat menjalani wawancara kerja online.

5. Sesuaikan pakaian yang akan kamu kenakan saat menjalani wawancara kerja online dengan latar belakang perusahaan dan posisi yang kamu lamar.

Cara Memilih Pakaian Saat Wawancara Kerja

Dibandingkan seperti pakaian saat wawancara kerja online, wawancara kerja yang dilakukan secara langsung atau tatap muka dengan HRD lebih memerlukan perhatian khusus.

Hal ini dikarenakan HRD dapat melihat outfit yang kamu kenakan dari atas sampai bawah saat wawancara kerja secara langsung.

Berikut adalah beberapa cara memilih pakaian saat wawancara kerja:

1. Mulai dengan melakukan riset mengenai dresscode wawancara yang ditetapkan

Jangan sampai kamu salah kostum! Lakukan check and recheck terlebih dahulu pada undangan wawancara yang kamu terima. Lihat apakah ada dresscode yang ditentukan oleh pihak perusahaan. Jika ada, kamu harus mengikuti perintah yang diminta.

2. Pilih pakaian saat wawancara kerja yang cocok dengan musim

Jika sedang musim panas, pilihlah pakaian dengan bahan yang ringan dan tidak akan membuat kamu gerah. Pilihlah jenis bahan pada pakaian yang cocok dengan musim. Jangan sampai kamu banjir keringat saat menjalani wawancara karena pakaian yang kamu kenakan tidak pas dengan musim.

Kenyamanan adalah yang paling utama dalam memilih pakaian saat wawancara kerja.

3. Periksa kembali kebersihan pakaian yang akan dipakai saat wawancara kerja

Jangan gunakan pakaian yang banyak terkena bulu-bulu hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. Kenakan pakaian yang terlihat bersih dan tidak bau.

4. Jangan kenakan pakaian yang mudah lecek saat wawancara kerja

Pakaian saat wawancara kerja yang kamu kenakan harus membuat kamu percaya diri. Karena itulah kamu harus kenakan pakaian yang tidak mudah lecek. Kamu harus terlihat super rapi di depan HRD yang akan mewawancarai kamu.

5. Kenakan pakaian terbaikmu saat wawancara kerja

Kenakan pakaian saat wawancara yang paling membuatmu nyaman dan aman. Kamu harus kenakan pakaian yang tidak akan membuat kamu kepikiran saat menjalani wawancara kerja.

Rekomendasi Baju Kerja Baru dari Brand LokalRekomendasi Baju Interview/ Foto: Instagram/Brand

Bolehkah Memakai Celana Jeans saat Interview?

Celana jeans tidak boleh dikenakan sebagai pakaian saat wawancara kerja. Hal ini dikarenakan celana jeans dinilai tidak sopan jika dikenakan saat interview.

Selain itu, celana jeans juga dapat membuat kita merasa tidak nyaman jika digunakan sebagai pakaian saat wawancara kerja.

Lebih baik kenakan celana bahan yang lebih formal daripada mengenakan celana jeans. Celana chino juga diperkenankan untuk dikenakan saat wawancara kerja.

Lalu bagi wanita juga diperbolehkan mengenakan rok bahan yang formal untuk menjalani wawancara kerja.

Rekomendasi Baju Kerja Baru dari Brand LokalRekomendasi Baju Wawancara Kerja/ Foto: Instagram/Brand

Rekomendasi Outfit yang Cocok Dipakai Saat Kerja

Berikut ada beberapa rekomendasi outfit yang cocok dikenakan sebagai pakaian saat wawancara kerja.

Berikut adalah rekomendasi outfit untuk pakaian saat interview dengan tampilan yang formal:

1. Bagi para wanita yang lebih memilih mengenakan rok, kenakan rok dengan warna gelap dengan panjang selutut.

2. Kenakan jas yang sedikit longgar, jangan kenakan jas yang ketat.

3. Kenakan blouse dengan warna netral.

4. Kenakan sepatu hak dengan tinggi sekitar 2-6 cm.

5. Kenakan aksesori yang tidak terlalu mencolok.

6. Kenakan tas berukuran sedang, tas kerja, atau tas laptop. Hindari mengenakan tas tangan atau clutch.

7. Jangan pakai parfum dengan aroma yang terlalu kuat.

8. Pastikan tidak ada tato atau tindik yang terlihat.

Berikut adalah rekomendasi outfit untuk pakaian saat wawancara kerja dengan tampilan semi kasual:

1. Kenakan rok selutut dengan beberapa warna.

2. Kenakan kemeja dengan kancing yang variatif.

3. Bagi wanita bisa mengenakan tunik yang dipadukan dengan jas.

4. Bisa mengenakan sepatu dengan jari kaki tertutup misalnya sneaker.

5. Jika ingin mengenakan sepatu hak, pastikan tingginya 2-6 cm.

6. Kenakan tas clutch yang cocok dengan outfit yang dikenakan.

7. Bisa kenakan beberapa aksesoris yang menarik.

8. Pastikan tidak ada tato atau tindik yang terlihat.

Nah, itu dia beberapa tips cara memilih pakaian saat wawancara kerja yang bisa kamu perhatikan.

Semoga tulisan ini dapat memberikanmu kemudahan dalam memilih outfit untuk wawancara kerja, ya!

(Nabila Sahma/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER