Cara Jawab Pertanyaan HRD soal Kekurangan Diri Saat Interview Kerja

Nabila Sahma | Insertlive
Rabu, 16 Nov 2022 13:17 WIB
Young cheerful businesswoman listening music in headphones at office.
Jakarta, Insertlive -

Pertanyaan mengenai kekurangan diri sering kita jumpai saat melakukan interview pekerjaan. Kekurangan diri sang calon pegawai adalah hal yang penting untuk ditanyakan saat interview oleh pihak perusahaan agar HRD dapat mengetahui apakah calon pegawai tersebut sudah mengenal dirinya sendiri atau belum.

Menjawab pertanyaan saat interview tentu membutuhkan sebuah persiapan yang matang, khususnya menjawab pertanyaan tentang kekurangan diri. Oleh karena itu, InsertLive merangkum tentang bagaimana sih cara menjawab pertanyaan soal kekurangan diri saat interview kerja. Yuk, simak salah satu tips interview kerja ini!

15 Cara Jawab Pertanyaan soal Kekurangan Diri Saat Interview Kerja

Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan agar siap menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh HRD saat interview kerja agar dapat menjawab dengan tepat. Beberapa pertanyaan memang dapat membuat kita terkecoh. Sementara, jika salah menjawab, HRD akan ragu untuk merekrut kita sebagai pegawai.


Salah satu pertanyaan yang memerlukan persiapan khusus sebelum menjawab adalah pertanyaan soal kekurangan diri. Berikut ada 15 cara untuk menjawab soal kekurangan diri saat melakukan interview kerja.

Women offering new mortgage rates to the clientWomen offering new mortgage rates to the client/ Foto: Getty Images/kate_sept2004

1. Jangan lontarkan semua kekuranganmu

Jangan sampaikan seluruh kekurangan dirimu dalam daftar yang sudah kamu buat. Mengungkapkan banyak kekurangan diri saat interview tidak baik untuk dilakukan. Jangan sampai kekurangan dirimu menutup segala kelebihan yang kamu punya.

2. Jawab dengan memberikan penjelasan bagaimana kamu bisa belajar dari kekuranganmu

Berikan penjelasan bagaimana kamu bisa berkembang dan memperbaiki kekurangan dirimu saat interview. Jelaskan juga bagaimana kamu bisa mengatasi kekurangan dirimu dalam pekerjaanmu.

3. Ubah kekurangan diri menjadi kelebihan

Kamu dapat membuat HRD berpikir bahwa kekurangan dirimu adalah kelebihan yang bisa menguntungkan perusahaan tempat kamu bekerja nantinya. Misalnya adalah jawaban bahwa kamu adalah orang yang sangat perfeksionis, karena hal itu kamu cenderung akan bersikap teliti dan memastikan semuanya berjalan dengan sesuai rencana.

4. Jangan sampai memberi kesan bahwa kekurangan diri akan menghambat pekerjaan

Jelaskan segala sesuatunya mengenai kekurangan diri saat interview dengan positif. Kamu harus dapat menjelaskan bahwa kekuranganmu bisa kamu atasi dan tidak akan menghambat produktivitas kamu saat bekerja nantinya.

5. Jawab dengan hati-hati

Pertanyaan soal kekurangan diri saat interview kerja sebenarnya adalah pertanyaan yang harus dijawab dengan penuh kehati-hatian. Lalu pastikan kamu mengenal dirimu sendiri terlebih dahulu sebelum menjawab pertanyaan ini.

6. Jawab dengan penuh persiapan

Setelah mengenal dirimu, buatlah daftar kekurangan diri kamu yang bisa menjadi jawaban saat interview kerja. Setelah itu pilihlah jawaban yang paling bernilai positif.

7. Jawab dengan memberikan penjelasan

Jangan hanya menjawab kekurangan dirimu begitu saja, tapi jelaskan juga dengan singkat dan jelas saat interview untuk menjawab pertanyaan ini.

8.Jawab dengan menonjolkan hal positif dari kekuranganmu

Setelah menjawab kekurangan diri, tonjolkan kelebihan dari kekuranganmu. Jelaskan bagaimana kamu bisa mengatasi hal tersebut dalam pekerjaan nantinya.

9.Jawab dengan jujur

Meski tidak boleh asal menjawab pertanyaan soal kekurangan diri saat interview, kamu juga tidak boleh berbohong saat menjawab hal ini. Pilihlah jawaban yang bisa kamu pertanggungjawabkan saat bekerja nantinya.

10. Pilihlah jawaban yang paling positif

Pilihlah jawaban yang paling memungkinkan untuk menjadi jawaban kamu saat ditanya soal kekurangan diri di hari interview.

Jangan sampai kamu memilih jawaban yang akan membuat HRD tidak mau meloloskan kamu. Jenis jawaban yang tidak boleh kamu pilih adalah "malas", "sulit mengembangkan skill", "belum menguasai kompetensi", dan sebagainya.

11. Jangan pilih jawaban yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar

Jika kamu melamar untuk posisi staf humas, jangan sampai kamu mengungkap kekurangan diri kamu adalah tidak mudah bersosialisasi dengan orang lain. Pilihlah jawaban lain yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan.

12. Jawablah dengan percaya diri

Meski kamu sedang menjawab mengenai kekurangan dirimu, kamu juga harus menjawab dengan percaya diri saat interview. Jangan sampai HRD malas bertemu kamu lagi pada tahap selanjutnya karena kamu terlihat pesimis.

13. Berikan contoh saat menjawab

Lebih baik kamu berikan penjelasan yang lengkap dengan contoh jika ditanya tentang kekurangan diri saat interview. Kaitkan dengan pekerjaan dan beri contoh bagaimana kamu mengatasi kekuranganmu saat sedang bekerja.

14. Jawab dengan melihat pengalaman sebelumnya

Jika kesulitan untuk menjawab pertanyaan kekurangan diri saat interview, kamu bisa mengenal dirimu sendiri dengan melihat pengalamanmu sebelumnya. Coba ingat apakah kamu pernah merasa kesulitan saat menjalani pekerjaan dalam perusahaan atau organisasi sebelumnya karena kekuranganmu.

15. Jangan sampai kamu terlihat meremehkan dirimu sendiri

Jangan sampai kamu terlihat tidak yakin dapat bergabung pada pekerjaan yang kamu lamar saat menjawab tentang kekurangan diri kamu.

A young attractive asian woman is interviewing for a job. Her interviewers are diverse. Human resources manager conducting job interview with applicants in officeA young attractive asian woman is interviewing for a job. Her interviewers are diverse. Human resources manager conducting job interview with applicants in office/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Phawat Topaisan

Contoh Kekurangan Diri Saat Interview Kerja

Ada beberapa contoh kekurangan diri yang dapat kamu jadikan referensi untuk menjawab saat interview nanti. Berikut di antaranya:

  1. Saya adalah orang yang terlalu perfeksionis.
  2. Saya terlalu fokus pada detail.
  3. Terkadang saya merasa tidak percaya diri.
  4. Saya tidak nyaman bekerja dengan orang-orang yang memiliki sikap tertentu.
  5. Saya tidak bisa bekerja tanpa arahan yang jelas.
  6. Terkadang saya kesulitan untuk menerapkan work life balance.
  7. Saya membutuhkan pengalaman lagi tentang suatu pekerjaan.
  8. Saya sangat kritis tentang pekerjaan sendiri dan orang lain.
  9. Saya adalah orang yang sangat kompetitif.
  10. Terkadang saya kesulitan untuk berkata "tidak".
  11. Saya bukan orang yang terorganisasi dengan baik.
  12. Saya kurang bisa berbicara di depan umum (jangan katakan ini jika kamu melamar untuk posisi MC/Host/Moderator).
  13. Saya kurang menguasai teknik presentasi dengan baik.
  14. Saya kurang nyaman bekerja dengan target (kekurangan ini hanya bisa kamu katakan jika pekerjaan yang kamu lamar tidak berorientasi pada target).
  15. Saya adalah orang yang suka mengambil risiko.

Contoh Kelebihan Diri Saat Interview Kerja

Selain mengenai kekurangan diri, kamu juga akan dihadapkan dengan pertanyaan mengenai kelebihan diri saat interview kerja. Sebab itulah sangat perlu bagi kita untuk mengenal diri kita sendiri sebelum melakukan interview kerja agar bisa menjawab pertanyaan sejenis ini.

Berikut ada beberapa referensi jawaban jika ditanya soal kelebihan diri saat interview kerja:

  1. Saya memiliki skill leadership yang tinggi.
  2. Saya mudah beradaptasi dengan orang baru.
  3. Saya memiliki kelebihan pada beberapa skill yang berhubungan dengan software.
  4. Saya memiliki skill menulis yang baik.
  5. Saya memiliki pengalaman organisasi yang berhubungan pekerjaan.
  6. Saya senang membangun relasi.
  7. Saya bisa mengatasi masalah dengan baik.
  8. Saya bisa bekerja di bawah tekanan.
  9. Saya bisa bekerja dengan target.
  10. Saya adalah orang yang berdedikasi tinggi pada pekerjaan.
  11. Saya senang belajar hal baru.
  12. Saya adalah orang yang bisa belajar dengan cepat.
  13. Saya disiplin.
  14. Saya memiliki skill public speaking yang baik.
  15. Saya pernah meng-handle sebuah proyek sejenis.

Nah, itu dia info selengkapnya mengenai tips bagaimana cara menjawab kekurangan diri saat interview kerja. Telah InsertLive rangkum juga beberapa referensi jawaban jika kamu ditanya tentang kelebihan dan kekurangan diri saat interview kerja.

Semoga tulisan ini bisa membawa kamu ke tahap selanjutnya setelah interview kerja, ya. Semangat!

(Nabila Sahma/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER