Cara Bikin CV Bahasa Inggris yang Menghipnotis HRD, Auto Dipanggil!

Nabila Sahma | Insertlive
Rabu, 14 Sep 2022 14:50 WIB
Man writing resume and CV in home office with laptop. Applicant searching for new work and typing curriculum vitae for application. Job seeking, hunt and unemployment. Mock up text in computer screen.
Jakarta, Insertlive -

Cara menulis CV penting untuk dipelajari bagi kamu para pelamar kerja. Daftar riwayat hidup atau yang sering kita kenal dengan Curriculum Vitae (CV) merupakan hal pertama yang harus kita perhatikan saat melamar kerja.

Cara menulis CV sering diabaikan nih oleh para pencari kerja, padahal pembuatan CV nggak boleh asal-asalan, lo.

CV merupakan resume deskripsi diri kamu yang mencakup latar belakang pendidikan, pengalaman, keahlian, dan prestasi yang kamu punya. Pada masa kini, cara menulis CV Bahasa Inggris sangat penting untuk kamu ketahui.


Kamu harus tahu cara menulis CV yang baik dan benar untuk mendapatkan posisi pekerjaan yang kamu lamar, apalagi cara menulis CV dalam bahasa Inggris.

Bukan hanya untuk melamar perusahaan berbasis Internasional, bagi kamu yang ingin melamar kerja di perusahaan multinasional juga perlu mengetahui cara menulis CV berbahasa Inggris.

CV dengan Bahasa Inggris akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi para pelamar kerja. Apalagi, pembuatan CV Bahasa Inggris yang baik dan benar akan menentukan kamu lolos ke tahap selanjutnya.

Bagaimana sih cara menulis CV dalam Bahasa Inggris? Yuk, simak cara menulis CV Bahasa Inggris yang menarik berikut agar peluang kamu untuk lolos ke tahap wawancara lebih besar.

Contoh CV Fresh GraduateContoh CV Fresh Graduate/ Foto: Canva

Cara Bikin CV dan Kiat Menulis Tentang Saya di CV

Cara menulis CV pertama yang harus kamu ketahui adalah mengenai penulisan deskripsi diri kamu dalam CV. Selain mengenai struktur dan penggunaan grammar yang baik, isi dari deskripsi diri juga harus kamu perhatikan dalam cara menulis CV.

Kamu harus dapat memperkenalkan diri kamu dengan baik dalam CV berbahasa Inggris. Isi perkenalan diri bukanlah isi perkenalan secara umum seperti hanya memberitahukan nama, jenis kelamin, alamat, dan sebagainya.

Isi perkenalan CV harus mencakup identitas kamu sebagai pelamar yang menjelaskan ketertarikan kamu pada posisi yang dilamar.

Deskripsi diri dalam CV harus berisikan catatan penting mengapa recruiter harus membaca CV kamu. Ada beberapa tips yang harus kamu terapkan dalam menulis perkenalan diri kamu dalam CV. Yuk perhatikan cara menulis CV bagian deskripsi diri kamu.

Gunakan Bahasa Inggris formal dalam memperkenalkan diri kamu. Alih-alih menggunakan bahasa informal, kamu harus tahu bagaimana penggunaan Bahasa Inggris yang formal. Penggunaan Bahasa Inggris yang formal dapat membuat kamu terlihat profesional.

Jelaskan juga secara singkat skill kamu yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Deskripsi diri yang baik bukan dilihat dari seberapa banyak skill kamu. Kamu harus menampilkan skill yang paling relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

  • Beri tahu mengenai pekerjaan atau project terakhir (jika kamu masih fresh graduate) yang kamu kerjakan. Project terakhir yang kamu kerjakan akan membantu HRD menilai apakah kamu dapat diandalkan untuk pekerjaan yang kamu lamar.
  • Kamu bisa berikan penjelasan singkat mengenai latar belakang pendidikan kamu dan ketertarikan kamu terhadap bidang yang dilamar. Tulislah bahwa kamu tertarik dengan bidang pekerjaan tersebut. Latar belakang pendidikan yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar dapat membuat kamu memiliki nilai lebih dengan kandidat lain dengan latar belakang pendidikan yang kurang sesuai.
  • Jelaskan deskripsi diri dengan jelas, tapi dengan bahasa yang efektif. Gunakan bahasa yang tidak bertele-tele dalam menjelaskan deskripsi diri kamu. Gunakan bahasa yang paling singkat, padat, dan jelas.

Berikut adalah contoh isi deskripsi diri dalam CV Bahasa Inggris yang bisa kamu tiru cara penulisannya.

Universitas Indonesia fresh graduate in Journalism and Social Communication with two years internship and freelancing PR experience with Newton Software Communications Team. Experienced in producing engaging online content and press releases for tech start-ups and local IT companies. And also Non-profit blogger.

Cara Menuliskan Pengalaman Kerja di CV

Cara menuliskan CV yang paling penting adalah mengenai penulisan pengalaman kerja kamu. Bukan hanya seberapa banyak pengalaman kerja kamu, tetapi kamu juga harus bisa memilah pengalaman mana yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Bagian pengalaman kerja tidak hanya kamu isi dengan pekerjaan-pekerjaan yang telah kamu lakukan. Bagian ini juga berisikan pencapaian-pencapaian yang telah kamu raih. Kamu juga harus menunjukkan skill yang kamu punya pada bagian ini.

Yuk, perhatikan tips-tips berikut yang akan membuat pengalaman kerja kamu menarik.

  • Hanya tuliskan pengalaman kerja yang sesuai dengan pekerjaan yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar.
  • Tuliskan secara urut dari pengalaman terbaru.
  • Tuliskan secara spesifik mulai dari nama perusahaan, posisi dan departemen tempat bekerja, dan durasi bekerja yang dilengkapi dengan waktu bekerja.
  • Tuliskan jobdesk yang kamu kerjakan saat bekerja di posisi tersebut.
  • Sertakan portofolio hasil pekerjaan yang telah kamu kerjakan pada perusahaan sebelumnya.
  • Tuliskan pencapaian yang kamu peroleh saat melakukan pekerjaan kamu.
  • Gunakan Bahasa Inggris bentuk past tense.

Berikut adalah contoh penulisan pengalaman kerja yang tepat pada CV berbahasa Inggris.

Kumpulan resume kreatif ini mungkin bisa jadi inspirasi kamu untuk membuat satu yang sama menariknya atau bahkan lebih! Yuk coba kita lihat.Kumpulan resume kreatif ini mungkin bisa jadi inspirasi kamu untuk membuat satu yang sama menariknya atau bahkan lebih! Yuk coba kita lihat./ Foto: Internet

Public Relations Intern

TRANS TV, June 2020 - October 2022

Approach some media partners for corporate events.

Created and maintained lists of media contacts.

Produced event press kits which include press releases.

Supported event organization.

Responded to media inquiries.

Managed social media Facebook and Instagram accounts.

Key achievement: Grew Facebook account from 1M to 1,5M in 4 month, gained 35K Instagram followers in 3 months. [LINK to the Instagram account].

Malaysian Girl wearing hijab, rejoicing her first salary and counting cash, woman moneyMalaysian Girl wearing hijab, rejoicing her first salary and counting cash, woman money/ Foto: Getty Images/GCShutter

Cara Menuliskan Gaji yang Diharapkan di CV

Cara menulis CV selanjutnya yang sering diabaikan adalah mengenai penulisan expected salary atau gaji yang diharapkan pada pekerjaan yang kamu lamar ternyata penting untuk kamu ketahui, lo. Tidak ada salahnya jika kamu ingin menuliskan salary atau gaji yang kamu harapkan.

Expected salary yang kamu tunjukkan akan menggambarkan seberapa berkualitas kamu jika dibandingkan dengan pelamar yang lain. Ketika kamu menuliskan gaji yang kamu harapkan pada CV yang kamu kirim untuk melamar kerja, kamu akan menunjukkan nilai kamu sebagai pelamar.

Menuliskan jumlah gaji yang kamu harapkan di CV akan membantu perusahaan untuk menilai apakah kamu pegawai yang cocok dengan bujet mereka. Jika kamu ditolak dari perusahaan yang kamu lamar, kemungkinan bujet perusahaan tersebut lebih kecil dari gaji yang kamu harapkan.

Sebelum menuliskan expected salary dalam CV kamu, berikut ada beberapa tips yang harus kamu lakukan.

  1. Lakukan riset terlebih dahulu mengenai gaji rata-rata untuk skill yang kamu punya dan posisi yang kamu lamar.
  2. Tambahkan informasi bahwa expected salary yang kamu tulis masih dapat dinegosiasikan.
  3. Tulis expected salary kamu dengan menggunakan range gaji yang kamu harapkan, contohnya adalah Rp4.000.000-Rp5.000.000.
  4. Bedakan expected salary kamu sesuai dengan masing-masing perusahaan yang kamu lamar. Misalnya untuk perusahaan berskala besar kamu bisa tuliskan range gaji yang lebih besar.

Berikut adalah contoh bagaimana cara menulis expected salary pada CV berbahasa Inggris.

Expected salary:

Rp5.000.000-Rp6.500.000

(Negotiable based on the company's compensation package).

Berikut adalah cara menulis CV yang secara lengkap yang dapat kamu pahami agar CV kamu dilirik HRD. Jika kamu sudah tahu cara menulis CV yang baik dan benar, akan besar kemungkinan kamu untuk lolos ke tahap berikutnya. Yuk, periksa CV kamu lagi biar makin bagus.

[Gambas:Video Insertlive]



(Nabila Sahma/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER