Kumpulan Bacaan Shalawat Hari Jumat dan Faedah Membacanya

Nabila Sahma | Insertlive
Kamis, 10 Nov 2022 21:30 WIB
Ribuan siswa zikir dan doa jelang UN serta untuk korban teror di selandia baru, Kudus, Sabtu (16/3/2019).
Jakarta, Insertlive -

Shalawat kepada Nabi Muhammad saw. akan memberikan syafaat kepada siapa pun yang membacanya. Apalagi, jika membaca shalawat dilakukan di hari Jumat yang merupakan hari penuh berkah bagi umat Islam.

Hari Jumat akan mendatangkan banyak syafaat bagi siapa saja yang memanfaatkannya dengan baik. Jumat adalah hari terbaik bagi umat Muslim. Al-Imam al Syafi'i dan al-Imam Ahmad dari Sa'ad bin 'Ubadah dalam sebuah hadis meriwayatkan:

سَيِّدُ الْأَيَّامِ عِنْدَ اللهِ يَوْمُ الْجُمُعَةِ وَهُوَ أَعْظَمُ مِنْ يَوْمِ النَّحَرِ وَيَوْمُ الْفِطْرِ وَفِيْهِ خَمْسُ خِصَالٍ فِيْهِ خَلَقَ اللهُ آدَمَ وَفِيْهِ أُهْبِطَ مِنَ الْجَنَّةِ إِلَى الْأَرْضِ وَفِيْهِ تُوُفِّيَ وَفِيْهِ سَاعَةٌ لَا يَسْأَلُ الْعَبْدُ فِيْهَا اللهَ شَيْئًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ مَا لَمْ يَسْأَلْ إِثْمًا أَوْ قَطِيْعَةَ رَحِمٍ وَفِيْهِ تَقُوْمُ السَّاعَةُ وَمَا مِنْ مَلَكٍ مُقّرَّبٍ وَلَا سَمَاءٍ وَلَا أَرْضٍ وَلَا رِيْحٍ وَلَا جَبَلٍ وَلَا حَجَرٍ إِلَّا وَهُوَ مُشْفِقٌ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ


Artinya: "Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung daripada hari raya kurban dan Hari Raya Fitri. Di dalam Jumat terdapat lima keutamaan. Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat. Di dalam hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya. Selama tidak meminta dosa atau memutus silaturrahim. Hari kiamat, juga terjadi di hari Jumat. Tiada Malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari Jumat."

Bershalawat adalah salah satu amalan yang dianjurkan dilakukan di hari Jumat. Berikut penjelasan selengkapnya.

Dalil Anjuran Perbanyak Shalawat di Hari Jumat

Kemuliaan hari Jumat harus dimanfaatkan oleh para Muslimin dan Muslimah, karena pada hari inilah berbagai amal ibadah kita akan dilipatgandakan pahalanya. Salah satu amalan yang baik dilakukan di hari Jumat adalah membaca shalawat kepada Nabi Muhammad saw..

Memperbanyak shalawat di hari Jumat memiliki keutamaan sendiri bagi siapa saja yang membacanya. Keutamaan shalawat pada hari Jumat tertuang pada hadis yang diriwayatkan oleh Baihaqi dalam Sunan al-Kubro berikut:

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

Artinya: "Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum'at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barang siapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti." (HR Baihaqi dalam Kitab Sunan al-Kubro)

Hadis tersebut menunjukkan bahwa bershalawat di hari Jumat akan membuat kita lebih dekat dengan Nabi Muhammad saw. saat kiamat tiba. Selain itu, memperbanyak shalawat di hari Jumat juga akan menghasilkan pahala yang berlipat ganda.

Sebagaimana yang diucapkan dalam hadis riwayat Imam al-Syafi'i yang berbunyi:

بَلَغَنَا عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى أَنَّ رَسُولَ اللهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَكْثِرُوا الصَّلَاةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَإِنِّي أُبَلَّغُ وَأَسْمَعُ قَالَ وَيُضَعَّفُ فِيهِ ال

Artinya: "Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah saw. bersabda, 'Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar'. Nabi bersabda, 'Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan'." (HR. Imam al-Syafi'i dalam kitab al-Umm Juz 1).

Portrait of asian muslim child raising hand and praying in the mosquePortrait of asian muslim child raising hand and praying in the mosque/ Foto: Getty Images/iStockphoto/leolintang

Bacaan Shalawat Hari Jumat

Berikut adalah beberapa bacaan shalawat yang dapat kita amalkan, khususnya di hari Jumat:

1. Diriwayatkan dari Zaid bin Abdullah, kita dianjurkan membaca:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الأُمِّيِّ

Allahumma sholli 'ala Muhammad an nabiyyil ummiyyi

Artinya: "Ya Allah, berilah shalawat kepada Muhammad Nabi yang Ummi."

2. Ka'ab bin 'Ujrah berkata, "Wahai Rasulullah, kami sudah mengetahui bagaimana kami mengucapkan salam padamu. Lalu bagaimana kami bershalawat padamu?" Lalu Rasul bersabda, "Ucapkanlah:

اللَّهُمَّ صّلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

Allahumma sholli 'ala Muhammad wa 'ala ali Muhammad kama shollaita 'ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid

Artinya: "Ya Allah, berilah shalawat kepada Muhammad dan kerabatnya karena engkau memberi shalawat kepada kerabat Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia."

3. HR. Bukhari menyebutkan lafaz shalawat berikut:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Allahumma sholli 'ala Muhammad wa 'ala ali Muhammad kama shollaita 'ala Ibrahim wa 'ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid. Allahumma barik 'ala Muhammad wa 'ala ali Muhammad kama barokta 'ala Ibrahim wa 'ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid.

Artinya: "Ya Allah, berilah shalawat kepada Muhammad dan kerabatnya karena engkau memberi shalawat kepada Ibrahim dan kerabatnya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. Ya Allah, berilah keberkahan kepada Muhammad dan kerabatnya karena engkau memberi keberkahan kepada Ibrahim dan kerabatnya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia."

Berapa Banyak Shalawat Nabi di hari Jumat

Selain dapat mendekatkan diri kepada Rasul, membaca shalawat kepada Nabi Muhammad di hari Jumat juga akan menghapus segala dosa sebagaimana disebutkan dalam hadis berikut:

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ صَلَّى عَلَيَّ في كُلِّ جُمُعَةٍ أرْبَعِينَ مَرَّةً مَحَا الله ذُنُوبَهُ كُلَّهَا}.

Artinya: "Barang siapa bershalawat kepadaku di setiap hari Jumat sebanyak 40 kali maka Allah menghapus semua dosa-dosanya."

Hadis tersebut mengatakan bahwa kita dianjurkan untuk membaca shalawat sebanyak 40 kali di hari Jumat untuk menghapus segala dosa yang telah kita perbuat.

Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya untuk Hafalan Si KecilBacaan Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya untuk Hafalan Si Kecil/ Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto

Faedah Membaca Shalawat Hari Jumat

Shalawat merupakan bentuk pujian kepada Nabi Muhammad saw., sebab itulah shalawat akan mendatangkan rahmat yang berlimpah kepada siapa pun yang membacanya. Kita bisa mendapatkan beberapa faedah jika kita membaca shalawat, khususnya di hari Jumat yang mulia.

Buku Rahasia Dahsyat Shalawat Keajaiban Lafadz Rasulullah SAW yang ditulis oleh M. Kamluddin menyebutkan beberapa faedah bershalawat. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Bershalawat dapat mempermudah jalan kita ke surga
  2. Bershalawat dapat mendekatkan kita kepada Allah Swt.
  3. Bershalawat dapat menjernihkan hati dan pikiran
  4. Bershalawat dapat mewushulkan diri
  5. Bershalawat dapat menambah kecintaan kita kepada Allah Swt. dan Nabi Muhammad saw.
  6. Bershalawat dapat mencetak suri tauladan Rasulullah saw. dalam diri
  7. Bershalawat dapat mendatangkan Rasulullah saw. dalam mimpi dan juga saat sakaratul maut

Lalu berdasarkan hadis-hadis yang telah disebutkan pada penjelasan sebelumnya, maka dapat kita rangkum bahwa berikut adalah beberapa syafaat yang bisa kita peroleh jika memperbanyak shalawat di hari Jumat:

  1. Bershalawat di hari Jumat dapat mendekatkan diri kita kepada Rasulullah saw.
  2. Bershalawat di hari Jumat dapat menghapus dosa-dosa kita di hadapan Allah Swt.
  3. Bershalawat di hari Jumat dapat melipatgandakan segala pahala dari amal sedekah kita

Nah, itu dia informasi selengkapnya mengenai faedah perbanyak shalawat di hari Jumat. Semoga tulisan ini bermanfaat, ya!

(Nabila Sahma/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER