Deretan Aliran Agama Unik di Dunia, Ada dari Indonesia?

Nabila Sahma | Insertlive
Rabu, 02 Nov 2022 22:05 WIB
Ilustrasi Salam Semua Agama (Andhika Akbarayansyah)
Jakarta, Insertlive -

Ada banyak aliran agama di dunia dengan kepercayaan yang beragam. Namun, di tengah banyaknya aliran agama di dunia, Indonesia hanya menetapkan enam agama resmi yang di antaranya adalah agama Hindu, Budha, Katolik, Protestan, Konghucu, dan Islam.

Aliran agama yang tidak sesuai dengan pedoman negara Pancasila dianggap sebagai aliran agama yang ilegal, bahkan aliran agama yang sesat. Ada beberapa aliran agama yang unik di dunia, dan ternyata Indonesia sendiri masih ada aliran agama lain yang masih eksis.

Indonesia kental dengan budaya etniknya dan juga menerapkan akulturasi kebudayaan pada agama yang dianut. Oleh karena itu, masih banyak masyarakat Indonesia yang menganut aliran agama yang unik.


Sejarah agama di dunia memengaruhi timbulnya beberapa aliran agama yang tidak biasa. Kejadian masa lalu melahirkan sejumlah pandangan mengenai aliran agama itu sendiri. Yuk, kenali sejarah agama di dunia yang sudah InsertLive rangkum berikut.

Asia, Thailand, Praying, One Woman Only, BibleAsia, Thailand, Praying, One Woman Only, Bible/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Byjeng

Sejarah Agama di Dunia

Sejarah munculnya banyak aliran agama di dunia dimulai dengan gagasan manusia yang beragam. Gagasan orang-orang terdahulu membentuk sebuah kelompok manusia dengan keyakinan yang sama.

Pencarian Tuhan dimulai pada abad ke-6 SM sampai 2 SM, masyarakat Yunani Kuno menyembah sebuah benda, tempat-tempat, atau benda-benda langit yang mereka percaya memiliki kekuatan. Orang-orang pada masa itu menganggap laut, pelangi, matahari, dan benda-benda lainnya sebagai Tuhan.

Lalu, para filsuf pada masa itu seperti Thales, Anaximenes, Anaximandros, Phytagoras, Heraklitos, Socrates, Plato, Aristoteles, dan filsuf lainnya mencoba membuktikan keyakinan masyarakat menggunakan kapasitas pemikiran mereka. Para filsuf tersebut mencari realitas dasar yang ada di balik fenomena-fenomena alam untuk mencari jawaban kepercayaan masyarakat pada masa itu.

Setelah itu muncul berbagai kitab dari berbagai tokoh agama yang menjadi pedoman hidup umat yang menganut agama tersebut. Penelitian literatur Studi Sejarah Agama yang ditulis oleh Syafiin Mansur menyebutkan bahwa tiap agama lahir dengan nama yang diambil dari nama tempat, nama pembawanya, nama keturunannya, dan nama dari Tuhan.

Agama yang diambil dari nama tempat adalah agama Hindu dan Kristen. Agama yang diambil dari nama pembawanya adalah agama Zoroaster, Buddha, dan Konghucu. Lalu nama yang diambil dari nama keagungan atau keturunannya adalah agama Jaina, Shinto, dan Tao. Dan nama yang diambil dari nama Tuhan adalah agama Islam.

Dalam penelitiannya, ia menulis bahwa agama diklasifikasikan menjadi tiga secara geografis, yaitu agama Sementik (Yahudi, Kristen, dan Islam), agama Arya (Hindu, Jaina, Buddha, dan Zoroaster), dan agama Mongolia (Shinto, Tao, dan Konghucu).

Agama Hindu adalah agama yang meyakini dewa alam dan menjadi agama yang paling tua dari agama-agama lain yang disebutkan di atas. Agama tertua ini lahir dari India dan berasal dari bahasa Sansekerta Sindhu.

Agama Hindu banyak mengandung adat bangsa Arya, yaitu bangsa dengan kedudukan tertinggi di India. Hal tersebut membuat masyarakat Hindu tidak mau berbaur dengan penduduk India asli sehingga timbul kasta-kasta dalam kehidupan masyarakat India.

Lalu perkembangan agama Hindu memicu timbulnya agama Buddha dan agama Jaina. Agama Hindu menjadi sumber lahirnya kedua agama tersebut hingga menyebar ke Asia dan sampai ke Indonesia pada abad permulaan sebelum masehi. Masuknya agama Hindu ke Indonesia ditandai dengan ditemukannya prasasti batu dalam bentuk Yupa di tepi sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Prasasti ini adalah bentuk peninggalan kerajaan Kutai yang ditemukan pada tahun 400 M.

Agama Buddha ini membawa beberapa agama lainnya di Tiongkok seperti Tao dan Konghucu. Agama Konghucu dibangun oleh Kung Fu Tse pada 551-479 SM. Agama ini dikenal dengan tiga agama di Tiongkok, yaitu agama Tao, Buddha, dan Konghucu yang saling mewarnai kehidupan keagamaan masyarakat Tiongkok.

Setelah agama Buddha, lahirlah agama Kristen yang mengalami kejayaan pada masa pemerintahan kaisar Konstantin dan menjadi agama resmi negara. Kaisar Konstantin menjadi kaisar pertama yang memeluk agama Kristen dan ikut menjadikan agama Kristen sebagai aqidah trinitas dalam dasar agama Kristen pada tahun 325 M. Pada masa itu, agama Kristen memiliki berbagai perpecahan dan melahirkan dua kubu, yaitu Kristen Katolik dan Kristen Protestan. Masuknya agama Kristen di Indonesia dibawa oleh kolonial Belanda pada masa penjajahan.

Selanjutnya muncul agama Zoroaster pada tahun 660 SM-583 SM yang disebut dalam Al-Qur'an sebagai Majusi. Agama dengan kitab suci Avesta ini menjadi agama nasional bangsa Media dan Persia pada masa pemerintahan Maharaja Cyrus dan Darius. Agama Zoroaster baru mengalami kemunduran setelah meninggalnya Zarathustra. Mundurnya agama ini juga dipicu oleh masuknya agama Islam di Persia pada tahun 638 M.

Agama Islam lahir di Makkah dan berkembang di Makkah selama 13 tahun yang selanjutnya berkembang di Madinah selama 10 tahun. Agama Islam dibawa oleh Nabi Muhammad SAW pada 570-632 M dan menyebar ke Jazirah Arabiyah.

Kemudian, penyebaran agama Islam ke wilayah yang lebih luas lagi dibawa oleh para Khulafaur Rasyidin, yaitu khalifah Abu Bakar, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib pada 632-661 M hingga menjadi agama dengan pengikut terbanyak di seluruh dunia. Agama Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7 M dengan Al-Qur'an sebagai kitab suci yang menjadi sumber dan pedoman kehidupan para Muslim.

IlustrasiIlustrasi/ Foto: (Reuters)

10 Aliran Agama Unik di Dunia

1. Aliran Agama Realism

Agama Realism lahir pada tahun 1974 yang didirikan oleh Claude Vorilhon. Aliran agama ini meyakini bahwa kehidupan di bumi secara ilmiah diciptakan oleh makhluk luar angkasa yang mereka sebut sebagai Elohim.

Gereja tempat ibadah agama ini menjunjung tinggi perdamaian dunia, demokrasi, anti kekerasan, dan saling berbagi antar sesama.

2. Aliran Agama Iglesia Maradoniana

Aliran agama unik yang kedua ini bernama Iglesia Maradoniana yang didirikan pada tahun 1998 oleh Hector Campomar, Alejandro Veron, dan Hernan Amez sebagai penggemar pemain sepak bola, Diego Maradona.

Pengikut agama ini masih ada sampai saat ini yang menyebar ke seluruh dunia. Tempat ibadahnya adalah gereja dengan kitab berisi 10 perintah dan doa-doa suci yang didedikasikan untuk Diego Maradona.

3. Aliran Agama Jediism

Aliran agama ini dimulai dari sebuah filosofi pada tahun 2001. Pengikutnya mulai mencatat agama mereka sebagai Jedi dalam sebuah sensus nasional di Amerika Serikat.

Aliran agama ini sangat unik karena beberapa pengamat melihat bahwa pengikutnya terinspirasi dari karakter Jedi dalam fiksi fantasi Star Wars yang memiliki 16 ajaran. Meski demikian, para Jediism membantah pernyataan tersebut.

WHITBY, ENGLAND - MAY 26: People dressed as vampires react after a successful attempt to break the world record with 1369 counted at Whitby Abbey  on May 26, 2022 in Whitby, England. To coincide with the anniversary of the first publication of Bram Stoker’s Dracula 125 years ago (26 May 1897), English Heritage attempt to set a new world record for the most amount of vampires gathered in one place. The current record stands at 1039 vampires set at Doswell in Virginia, USA in 2011. Strict rules on attire govern the record attempt and traditional vampire dress is defined as: black trousers, black skirt or a dress, black shoes, waistcoat, shirt, black cape or collared overcoat, and fangs on the top set of teeth. (Photo by Ian Forsyth/Getty Images)Ribuan 'Vampir' Berkumpul di Inggris untuk Pecahkan Rekor DuniaWHITBY, ENGLAND - MAY 26: People dressed as vampires react after a successful attempt to break the world record with 1369 counted at Whitby Abbey on May 26, 2022 in Whitby, England. To coincide with the anniversary of the first publication of Bram Stoker’s Dracula 125 years ago (26 May 1897), English Heritage attempt to set a new world record for the most amount of vampires gathered in one place. The current record stands at 1039 vampires set at Doswell in Virginia, USA in 2011. Strict rules on attire govern the record attempt and traditional vampire dress is defined as: black trousers, black skirt or a dress, black shoes, waistcoat, shirt, black cape or collared overcoat, and fangs on the top set of teeth. (Photo by Ian Forsyth/Getty Images) Ilustrasi vampir/ Foto: Getty Images/Ian Forsyth

4. Aliran Agama Pastafarianism

Aliran agama unik selanjutnya ini ditemukan pada tahun 2005 saat Bobby Henderson mengirimkan surat terbuka kepada dewan salah satu sekolah di Kansas. Surat terbuka tersebut mengarah pada permintaan pendirian agama Pastafarianism dan gereja monster spageti terbang sebagai tempat ibadah para pengikutnya.

Meski tidak diakui secara resmi di negara-negara Amerika Serikat, aliran agama ini sudah diakui secara resmi di Belanda dan Selandia Baru.

5. Aliran Agama Prince Philip Movement (PPM)

PPM adalah sekte agama yang diikuti oleh orang-orang di sebuah desa kecil yang terletak pada sebuah pulau di pasifik bernama Vanuatu. Pengikutnya percaya bahwa Prince Philip yang merupakan bangsawan tinggi Edinburgh adalah seorang utusan yang maha kuasa.

6. Aliran Agama UFO

Aliran agama unik ini ditemukan pada tahun 1990-an. Pengikutnya memercayai keberadaan peradaban luar angkasa dan percaya bahwa makhluk luar angkasa dapat melakukan komunikasi dengan mereka melalui telepati. Pengikut agama ini juga memiliki 'Dosen IVO' yang bertugas untuk membantu komunikasi para pengikut agama dengan makhluk luar angkasa secara langsung melalui sebuah benda.

7. Aliran Agama Masyarakat Aetherius

Masyarakat Aethereus mendirikan sebuah organisasi agama pada pertengahan tahun 1950 an. Pendiri organisasi ini bernama George King yang percaya bahwa makhluk luar angkasa bisa membantu memecahkan masalah duniawi.

Pengikutnya meyakini bahwa mereka bisa menjalin komunikasi dengan makhluk luar angkasa melalui doa-doa yang mereka panjatkan. Agama ini memiliki kantor pusat di London dan Los Angeles.

8. Aliran Agama Dinkoism

Aliran agama ini didirikan pada tahun 2008 oleh kelompok kesejahteraan independen di Kerala. Pengikutnya memuja karakter yang ada di sebuah komik, yaitu seekor tikus yang menjadi superhero. Karakter tikus tersebut dipuja sebagai dewa utama oleh para Dinkoism.

9. Kepercayaan Kuil 'True Inner Light'

Kuil yang terletak di Manhattan ini memiliki pengikut yang meyakini bahwa efek dari penggunaan zat adiktif yang disebut dengan psikedelik dapat memperlihatkan wujud Tuhan yang sebenarnya.

10. Kepercayaan Vampirism

Kepercayaan yang satu ini termasuk aliran kepercayaan unik. Pengikutnya dapat mendefinisikan diri mereka adalah vampir melalui situs web temple of the vampire. Dalam web ini, kamu bisa melakukan pemeriksaan apakah kamu seorang vampir yang sebenarnya atau tidak dengan menjawab beberapa pertanyaan.

penampakan ufopenampakan ufo/ Foto: Telegraph

Ini Aliran Agama Unik di Indonesia

Indonesia memiliki aliran agama lokal tersendiri yang masih eksis sampai saat ini. Beberapa aliran ini menjadi agama warga pribumi dan mewarnai setiap aspek kehidupan penganutnya. Aliran agama lokal di Indonesia sendiri termasuk unik karena beberapa di antaranya masih melaksanakan ritual khusus yang kental dengan etnik budaya suku asal aliran tersebut berada.

1. Aliran Agama Djawa Sunda (ADS)

ADS adalah salah satu aliran agama lokal yang sudah menyebar ke wilayah Bandung. Aliran agama ini lahir di Cirebon Timur dan dikembangkan oleh Pangeran Madrais. Pangeran Madrais merupakan seorang keturunan Kesultanan Gebang, Cirebon Timur. Pengikut agama ini masih kental dengan beberapa pantangan yang tidak boleh dilakukan seperti dalam hal pernikahan dan kematian.

2. Aliran Agama Kejawen

Aliran agama Kejawen telah menjadi agama lokal nusantara yang kental akan ritual kesenian, budaya, dan tradisi suku Jawa. Penganut aliran ini mempraktikkan berbagai nilai dan filosofi suku Jawa sebagai cara pandang hidupnya.

3. Aliran Agama Sunda Wiwitan

Aliran agama Sunda Wiwitan menjadi agama asli para warga lokal di wilayah provinsi Banten. Agama ini sebenarnya sudah masuk ke Indonesia sebelum masuknya agama Hindu. Namun, saat ini agama Sunda Wiwitan sudah bercampur dengan unsur ajaran agama Hindu dan Islam.

4. Aliran Agama Kaharingan

Aliran agama unik Nusantara selanjutnya adalah aliran Kaharingan yang dianut oleh suku Dayak, Kalimantan. Mereka menyebut Tuhan sebagai Ranying yang hidup secara turun temurun dalam masyarakat Dayak.

5. Aliran Agama Marapu

Masyarakat di pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur masih menjadikan aliran agama ini sebagai agama lokal wilayah mereka. Hingga saat ini, ritual Marapu masih dipraktikkan oleh masyarakat lokal di sana. Pengikut aliran Marapu meyakini bahwa arwah leluhur sebagai sesuatu yang dimuliakan.

6. Aliran Agama Naurus

Agama Naurus memiliki pengikut para masyarakat pulau Seram, Maluku. Aliran agama ini tersebar dari suku Manusela dan suku Wahai di pegunungan Manusela Utara, Seram serta suku Nuaulu di barat laut Manusela. Aliran agama ini erat dengan unsur Animisme, tapi aliran Naurus di beberapa wilayah saat ini sudah mulai dipengaruhi oleh ajaran agama Hindu dan Protestan.

7. Aliran Agama Parmalim

Parugamo Malim atau disingkat Parmalim adalah agama lokal asli yang dianut oleh masyarakat tanah Batak di pulau Sumatra. Penganut kepercayaan Parmalim percaya bahwa Tanah Batak di Sumatra yang meliputi wilayah Danau Toba dan Pulau Samosir merupakan tanah yang suci.

Kepercayaan ini meyakini adanya para dewa yang membantu Debata Mulajadi Na Bolon, seperti Debata Na Tolu, Si Boru Deakparujar, Nagapadohaniaji, dan Si Boru Saniang Naga. Saat ini, agama Parmalim dipimpin oleh Raja Marnangkok Naipospos.

8. Aliran Kebatinan

Aliran Kebatinan sangat menjunjung tinggi kebahagiaan para pengikutnya. Studi yang ditulis oleh Hakiki menyebutkan bahwa aliran ini termasuk aliran agama lokal Indonesia yang baru. Munculnya aliran ini dipicu oleh dampak negatif dari modernisasi yang menggerus nilai-nilai moral dan estetika.

Aliran Kebatinan ini berasal dari organisasi bernama Badan Kongres Kebatinan Indonesia (BKKI) yang pertama kali melakukan kongres di Semarang pada 19-21 Agustus 1955.

9. Aliran Kepercayaan Penghayat

Studi yang dilakukan Habsari pada tahun 2019 menjelaskan bahwa Penghayat berarti menembah, tulis, sabar, dan bersyukur. Aliran kepercayaan ini sempat membuat masyarakat Indonesia gempar pada beberapa tahun yang lalu. Meski tidak diakui secara resmi oleh undang-undang, penganutnya bisa mencantumkan aliran kepercayaan ini pada KTP mereka. Hal ini dijelaskan oleh penelitian yang dilakukan oleh Hamudy dan Rizky yang telah terbit dalam sebuah jurnal ilmiah.

Di Pekalongan sendiri, populasi penganut aliran kepercayaan ini sudah tersebar pada 19 wilayah pada tahun 2019. Pemerintah Bandung juga sudah memberikan izin kepada penganut aliran kepercayaan Penghayat pada KTP pengikutnya. Mereka dapat mencantumkan "Kepercayaan pada Tuhan YME" pada kolom agama yang dianut.

Penganut Kejawen di Banyumas dan Cilacap, mengikuti ritual Penganut Kejawen di Banyumas dan Cilacap, mengikuti ritual "Unggahan" di makam Bonokeling, Kecamatan Jatilawang, Banyumas Jumat (26/4). Begini momennya./ Foto: arbi anugrah

Di atas tadi adalah beberapa aliran agama unik di dunia yang telah InsertLive rangkum. Banyaknya aliran kepercayaan di Indonesia dipengaruhi oleh etnik dan budaya yang masih kental di beberapa wilayah.

Aliran kepercayaan yang beragam menjadi salah satu bentuk kekayaan budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Meski tidak diakui secara resmi sebagai aliran agama, beberapa aliran kepercayaan yang masih eksis di Indonesia dilindungi karena memiliki organisasi yang masih sejalan dengan aturan yang tercantum dalam Undang-Undang Dasar.

Sekian informasi lengkap mengenai aliran agama yang masih berkembang hingga saat ini, semoga bermanfaat!

(Nabila Sahma/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER