Deretan Hari Peringatan Unik di Dunia

Nabila Sahma | Insertlive
Rabu, 21 Sep 2022 12:20 WIB
Ilustrasi tidur dan arti mimpi hamil Foto: Getty Images/iStockphoto/narith_2527
Jakarta, Insertlive -

Hari peringatan merupakan suatu hal yang penting untuk kita ketahui. Selain mengingatkan kita pada hari libur, hari peringatan suatu kejadian akan mengingatkan kita juga dengan adanya suatu perayaan khusus.

Contoh hari peringatan yang mengingatkan kita pada suatu perayaan adalah hari peringatan kemerdekaan Indonesia.

Selain hari peringatan kemerdekaan dan berbagai hari peringatan lainnya di Indonesia, ada beberapa hari peringatan unik di dunia lo.


Hari peringatan yang unik ini diadakan untuk memperingati sesuatu yang mungkin tidak pernah kita pikirkan sebelumnya.

Berikut ada beberapa hari peringatan unik di dunia yang telah InsertLive rangkum.

Hari Peringatan Introver Sedunia - 2 Januari

Hari introver sedunia (World Introvert Day) mulai diperingati oleh seorang penerbit dan penulis blog yang bernama Felicitas Heyne. Hari peringatan ini diadakan mulai pada tahun 2011 lalu untuk mengadakan kampanye manusia hidup tenang.

Hari Peringatan Celana Joging - 20 Januari

Hari peringatan ini pertama kali diadakan di Austria dan Jerman untuk menghargai adanya celana joging di dunia fesyen. Celana joging merupakan celana kasual yang nyaman untuk dipakai, tapi dari kacamata fesyen ternyata celana joging ini dinilai sebagai 'bencana' karena dapat memperburuk penampilan apabila dipakai untuk ke acara formal. Oleh karena itu, hari peringatan ini hadir untuk mengingatkan kita akan adanya celana joging yang nyaman untuk dipakai sehari-hari.

Hari Peringatan Lahan Basah Sedunia - 2 Februari

Hari lahan basah (World Wetlands Day) diperingati untuk merayakan hari penandatanganan perjanjian internasional untuk melindungi lahan basah di seluruh dunia. Perjanjian ini ditandatangani pada tahun 1971 di kota Ramsar sehingga disebut dengan Konvensi Ramsar.

Hari Peringatan Bahasa Ibu Internasional - 21 Februari

UNESCO mengadakan hari peringatan ini untuk mengajak setiap orang agar sadar akan pentingnya keragaman bahasa dan budaya. Hari peringatan ini disebut dengan International Mother Tongue Day.

Ilustrasi TidurIlustrasi Tidur/ Foto: Getty Images/iStockphoto/millann

Hari Peringatan Tidur Sedunia - 18 Maret

Hari peringatan ini diadakan untuk menyadarkan masyarakat untuk sadar akan pentingnya tidur secara teratur. Tidur merupakan kebutuhan tiap manusia yang penting untuk kesehatan.

Hari Peringatan Kebahagiaan Internasional - 20 Maret

PBB membuat hari kebahagiaan internasional (International Day of Happiness) pertama kali pada tahun 2013. Hari peringatan ini diadakan oleh 193 negara anggota PBB yang terus bertambah hingga saat ini.

Hari Peringatan Lelucon April (April Mop) - 1 April

Hari peringatan yang satu ini sudah tidak asing lagi bukan? April Mop atau April Fools dirayakan dengan menciptakan sebuah lelucon atau prank dengan kerabat.

Hari Peringatan Hati Nurani Internasional - 5 April

Hari peringatan ini disebut juga dengan International Day of Conscience yang dideklarasikan secara khusus oleh PBB.

Ilustrasi seseorang yang sedang tertawa saat membaca pesan singkat.Ilustrasi tertawa/ Foto: Getty Images/iStockphoto/interstid

Hari Peringatan Tertawa Sedunia - 2 Mei

Hari tertawa sedunia (World Laughter Day) pertama kali diperingati pada tahun 1998 di Mumbai, India. Hari peringatan ini diprakarsai oleh Dr. Madan Kataria yang merupakan pendiri gerakan yoga tawa. Didirikannya hari peringatan ini didasari oleh pentingnya senyum dan tertawa untuk kesehatan jasmani dan rohani kita. Berbagai kota besar di dunia merayakan hari peringatan ini dengan berkumpul dan tertawa bersama.

Hari Peringatan Internasional Anti Diet - 6 Mei

No Diet Day ini pertama kali dirayakan oleh Mary Evans Young yang merupakan seorang feminis asal Inggris. Dengan diadakannya hari perayaan ini, Mary berharap wanita di seluruh dunia dapat terlepas dari standar kecantikan yang mengharuskan mereka untuk diet agar kurus.

Hari Peringatan Panik - 18 Juni

Hari peringatan ini sangat unik, bukan? Hari panik ini diadakan secara internasional dengan membiarkan kepanikan kita menguasai pikiran secara bebas. Hari peringatan ini sebenarnya didedikasikan untuk orang-orang yang sedang menderita gangguan kepanikan (anxiety disorder).

Hari Peringatan Janda Internasional - 23 Juni

Hari ini dikenal dengan International Widows Day yang dideklarasikan oleh PBB di London pada tahun 2005 lalu. Hari ini diperingati untuk menghargai perempuan yang sedang berjuang dengan ketidakadilan yang mereka hadapi karena kesendirian mereka sebagai seorang janda.

Hari Peringatan Berbicaralah seperti Bajak Laut - 19 September

Talk Like a Pirate Day ternyata merupakan hari libur periodik di Amerika Serikat yang dibuat pada tahun 1995 oleh John Baur serta Mark Summers (Cap'n Slappy) dari Albany, Oregon, Amerika Serikat. Hari peringatan ini ada sebagai akibat adanya cedera olahraga bola raket antara Summers dan Baur yang akhirnya bersahabat dan mengadakan sebuah asosiasi parodi bajak laut.

Hari Peringatan Gelembung Sabun Dunia - 5 Oktober

Hari peringatan ini dirayakan oleh negara-negara Eropa dengan tujuan untuk membuat dunia menjadi lebih berwarna. Hari Gelembung Sedunia pertama kali dirayakan dalam platform Facebook.

Hari Peringatan Toilet Sedunia - 19 November

Pertama kali diadakan oleh World Toilet Organization pada tahun 2001, hari peringatan ini diadakan dengan tujuan agar akses sanitasi di lingkungan masyarakat miskin terus meningkat. Dengan adanya hari peringatan ini diharapkan tidak ada lagi praktik toilet terbuka karena dapat membahayakan kesehatan masyarakat luas.

(Nabila Sahma/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER