DIY Membersihkan Sendiri AC Kotor di Rumah

Nabila Sahma | Insertlive
Minggu, 18 Sep 2022 10:00 WIB
Closeup people using remote control adjust room temperature in home office pointing to Air conditioner in hot summer season. DIY Membersihkan AC Kotor di Rumah/Foto: Getty Images/iStockphoto/coffeekai
Jakarta, Insertlive -

Membersihkan AC perlu perhatian khusus agar kualitasnya tetap terjaga. Jika kualitas AC terjaga, maka kesejukan ruangan juga akan terjaga.

AC yang tidak dibersihkan akan membuat kotoran dan debu yang menempel menjadi semakin tebal sehingga membuat AC tidak bekerja secara optimal. Apabila membersihkan AC dilakukan secara asal-asalan, AC juga beresiko mengalami kerusakan pada mesin pengeluaran biaya AC kamu menjadi lebih boros.

Oleh karena itu kita harus memperhatikan kebersihan AC secara berkala. Mungkin diantara kamu selalu menggunakan jasa cuci AC berbayar. Tapi sebenarnya kamu bisa, lo mencuci AC sendiri di rumah. Yuk simak penjelasan berikut.


Apakah Bisa Cuci AC Sendiri?

Membersihkan AC dengan jasa service memerlukan biaya, jadi lebih baik kamu cuci AC sendiri di rumah. Mungkin di antara kamu lebih memilih menggunakan penyedia jasa cuci AC karena tidak tahu cara membersihkan AC dan takut AC malah jadi tidak berfungsi dengan baik.

Daripada boros, lebih baik cuci AC sendiri di rumah. Tapi memang AC bisa di cuci sendiri di rumah dengan aman tanpa mengurangi kinerja AC?

Mulai sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi, kamu bisa mencuci AC sendiri di rumah dengan aman Namun sebelum membersihkan AC, hal utama yang harus kamu pastikan adalah mematikan seluruh aliran listrik. Lalu berikut ada peralatan yang harus kamu siapkan untuk membersihkan AC sendiri di rumah.

  1. Obeng plus (+) dan min (-)
  2. Kuas ukuran kecil
  3. Sikat gigi yang tidak terpakai
  4. Kemoceng
  5. Lap
  6. Selang air
  7. Gayung dan ember
  8. Deterjen
  9. Cairan khusus evaporator

Selain murah, mencuci AC sendiri di rumah juga mudah, lo. Yuk perhatikan caranya berikut.

A Young Woman Cleaning Air Conditioning System At HomeA Young Woman Cleaning Air Conditioning System At Home/ Foto: Getty Images/iStockphoto/AndreyPopov

Cara Membersihkan AC Kotor di Rumah

1. Membersihkan bagian cover AC

Membersihkan AC dimulai dari bagian cover. Bagian penutup AC ini bisa kamu bersihkan dengan menggunakan kemoceng atau menggunakan vacuum cleaner.

Kamu juga bisa membersihkan AC bagian ini dengan menggunakan lap yang sedikit lembab, namun jangan lupa untuk mengeringkan kembali bagian penutup ini sampai benar-benar kering dengan menggunakan lap kering. Penggunaan lap ini dinilai lebih efektif dalam menghilangkan debu membandel yang menempel.

2. Membersihkan bagian filter AC

Selanjutnya kamu bisa membersihkan AC bagian filter yang merupakan bagian penting dalam menunjang kinerja AC. Kamu bisa membersihkan filter AC dengan melepas filter tersebut. Untuk cara melepas filter AC, kamu bisa temukan di buku panduan yang berisikan instruksi membuka filter AC.

Lalu untuk membersihkan debu pada filter AC ini, kamu bisa gunakan vacuum cleaner atau menggunakan kuas kecil untuk menjangkau sela-sela filter yang kotor. Lalu jika memang kondisi filter sangat kotor, kamu bisa cuci filter AC menggunakan air sabun dan selanjutnya dibilas dengan air bersih. Setelah itu jangan lupa keringkan filter di bawah sinar matahari.

3. Membersihkan bagian evaporator AC

Bersihkan evaporator dengan menyemprotkan cairan pembersih AC khusus. Kamu harus ekstra hati-hati ketika membersihkan AC bagian ini, pastikan kamu menyemprot ke bagian yang tepat. Jangan sampai terkena komponen yang lain dan menyebabkan mesin AC rusak.

Lalu sebelum membersihkan bagian ini, lebih baik kamu tutup jendela terlebih dahulu dan letakkan kain di bawah AC. Karena saat kamu membersihkan bagian ini, cairan kotor akan menetes ke bawah. Ketika membersihkan bagian ini jangan sampai kamu malah mengotori seluruh ruangan setelah membersihkan evaporator.

4. Membersihkan bagian luar AC

Membersihkan AC bagian luar bisa dilakukan dengan menyemprotkan air. Namun jangan sembarangan ketika menyemprot air ke bagian luar AC. Kamu harus menyemprotkan air menggunakan selang ke arah kisi-kisi AC dengan hati-hati.

Air pada selang harus dengan tekanan yang kuat agar dapat melunturkan kotoran. Usahakan ayunkan selang dengan agak kuat. Lalu semprotkan air ke arah depan dan kiri AC, jangan sampai terkena mesin kompresor yang ada di sebelah kanan AC. Kompresor ini berbentuk kotak dan dilindungi dengan plat seng.

Kamu bisa menggunakan deterjen saat membersihkan bagian luar AC ini namun setelah itu pastikan kamu bilas lagi dengan menggunakan air bersih sebersih mungkin agar tidak ada karat pada rangka AC. Setelah selesai dibersihkan menggunakan air, kamu bisa keringkan dengan menggunakan lap kering.

Young brunette woman in her modern apartment. She turns on the air conditioner from the remote control. Climate control at home with split system.Young brunette woman in her modern apartment. She turns on the air conditioner from the remote control. Climate control at home with split system./ Foto: Getty Images/iStockphoto/LENblR

Apa Akibat Bila Unit AC Kotor?

Membersihkan AC merupakan hal yang penting, apalagi jika AC kamu sudah sangat kotor. AC yang tidak dibersihkan dengan baik beresiko mengalami kerusakan pada mesin sehingga AC tidak berfungsi dengan baik. Saat inilah kamu harus mengeluarkan uang untuk jasa service AC apalagi kalau rusak parah, kamu beresiko harus mengganti AC dengan yang baru.

Selain beresiko mengalami pemborosan, tidak membersihkan AC dengan benar akan membuat kotoran yang menumpuk menyebabkan polusi udara. Coba bayangkan kalau di ruangan itu ternyata penuh akan udara yang tidak sehat. Kamu akan beresiko mengalami gangguan pada saluran pernapasan dan gangguan kesehatan lainnya.

Bolehkan Bersihkan AC dengan Vacum Cleaner?

Membersihkan AC yang penuh debu di bagian sela-sela yang sulit dijangkau memang sulit. Agar lebih mudah kamu bisa gunakan vacuum cleaner pada area ini.

Penggunaan vacuum cleaner juga diperbolehkan pada area luar AC yang kotor. Debu yang menempel bisa terangkat dengan mudah dengan penggunaan vacuum cleaner. Namun penggunaan vacuum cleaner hanya diperbolehkan pada area penutup, filter, dan area luar AC. Vacuum cleaner tidak boleh digunakan pada unit dalam AC seperti evaporator karena beresiko menyebabkan kerusakan.

Berapa Bulan AC Harus Dibersihkan?

Membersihkan AC tidak dilakukan saat AC kotor saja, tetapi perlu dilakukan secara rutin dan berkala. Hal ini perlu dilakukan untuk mempertahankan kualitas kesejukan yang diciptakan AC dan juga kondisi kebersihan AC juga berpengaruh pada kualitas udara dalam ruangan.

AC perlu dibersihkan secara rutin setidaknya sebulan sekali. Lalu jika kamu melihat sudah terlalu banyak debu dan kotoran yang menempel pada penutup AC, sebaiknya kamu segera membersihkan AC untuk menghindari kerusakan pada filter AC.

Filter yang kotor juga ditandai dengan air AC yang terus menetes. Ketika hal ini terjadi, kamu harus segera membuka penutup AC dan membersihkan AC di bagian dalamnya, termasuk filter AC.

(Nabila Sahma/dia)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER