Naik Kereta ke Bandung Bayar Cuma Rp12 Ribu? Ini Caranya

Nabila Sahma | Insertlive
Rabu, 07 Sep 2022 17:20 WIB
Stasiun Bandung
Jakarta, Insertlive -

Naik kereta ke Bandung ternyata hanya memerlukan biaya Rp12 ribu saja, lo. Sangat murah bukan?

Meski tergolong dekat dari Jakarta, kamu harus memilih transportasi yang tepat untuk melakukan perjalanan ke Bandung. Kamu harus memilih transportasi yang aman, nyaman, tepat waktu, dan pastinya terjangkau. Naik kereta ke Bandung menjadikan perjalanan kamu hemat di kantong sampai ke Bandung.

Yuk simak penjelasan berikut, biar kamu nggak kebingungan untuk naik kereta ke Bandung.


Naik Kereta Ke Bandung Pake KRL Bisa?

Naik kereta ke Bandung menjadi keputusan yang tepat bagi kamu yang tinggal di Jakarta. Namun, banyak yang belum tahu nih, kalau kita bisa naik kereta ke Bandung dengan Rp12 ribu saja.

Untuk naik kereta ke Bandung dengan hemat ini, kamu bisa menuju ke Stasiun Cikarang dengan menggunakan KRL. Untuk sampai ke Stasiun Cikarang, kamu harus transit di Stasiun Manggarai dan selanjutnya kamu naik kereta tujuan Cikarang.

Lalu, setelah sampai di Stasiun Cikarang, tarif Rp12 ribu ke Bandung bisa kamu dapatkan dengan menaiki Kereta Api (KA) ekonomi lokal Cibatuan.

Namun, pertama-tama dari Stasiun Cikarang, kamu harus naik KA lokal Walahar Ekspress terlebih dahulu ke Stasiun Purwakarta hanya dengan harga Rp4 ribu. Selanjutnya dari Stasiun Purwakarta, kamu naik KA lokal Cibatuan dengan tiket seharga Rp8 ribu.

Meski memiliki harga yang sangat terjangkau, naik kereta ke Bandung ini memakan waktu yang cukup lama. Kamu bisa menghabiskan waktu di dalam kereta selama seharian, terlebih lagi bagi kamu yang naik KRL untuk ke stasiun Cikarang.

Walau demikian, saat naik kereta ke Bandung kamu akan disuguhkan dengan fasilitas KA lokal ini yang tidak perlu diragukan lagi. Meski kelas ekonomi, KA lokal dilengkapi dengan AC dan sistem tempat duduk 2-3 saling berhadapan. Tiket KA lokal dapat kamu pesan mulai dari H-7 keberangkatan. Jika pemesanan tiket ingin dilakukan bukan saat hari keberangkatan, kamu harus melakukan pembelian tiket melalui aplikasi KAI Acces, ya. Karena pembelian secara langsung di loket hanya dilakukan untuk go show atau pada hari keberangkatan.

Transformasi Stasiun CikarangTransformasi Stasiun Cikarang/ Foto: (dok KAI)

Jadwal Keberangkatan KA Lokal Walahar

Naik kereta ke Bandung memerlukan perhatian khusus pada jadwal keberangkatan KA lokal yang akan kamu gunakan agar bisa sampai Bandung pada waktu yang kamu inginkan. KA lokal Walahar berangkat dari Stasiun Cikarang melewati beberapa stasiun yang di antaranya adalah Stasiun Lemahabang, Kedunggedeh, Karawang, Klari, Kosambi, Dawuan, Cikampek, Cibungur, dan terakhir Stasiun Purwakarta.

Saat ingin naik kereta ke Bandung, pertama-tama kamu harus melakukan perjalanan dari Stasiun Cikarang ke Stasiun Purwakarta yang menghabiskan waktu kira-kira 2 jam.

Jika kamu berangkat dari Cikarang pada pukul 11.20 WIB, kamu akan tiba di Purwakarta pada pukul 13.20 WIB. Lalu Jika kamu melakukan berangkat dari Cikarang pada pukul 15.35 WIB, kamu baru akan tiba di Stasiun Purwakarta pada pukul 17.05 WIB.

Daripada mengira-ngira, berikut ada jadwal keberangkatan KA Lokal Walahar dari masing-masing stasiun keberangkatan.

  • Stasiun Cikarang: 08.58 WIB, 15.35 WIB, 20.20 WIB
  • Stasiun Lemah Abang: 09.14 WIB, 15.43 WIB, 20.41 WIB
  • Stasiun Kedunggedeh: 09.24 WIB, 15.54 WIB, 20.53 WIB
  • Stasiun Karawang: 09.40 WIB, 16.11 WIB, 21.03 WIB
  • Stasiun Klari: 10.07 WIB, 21.19 WIB
  • Stasiun Kosambi: 10.14 WIB, 16.42 WIB, 21.25 WIB
  • Stasiun Dawuan: 10.23 WIB, 21.34 WIB
  • Stasiun Cikampek: 10.52 WIB, 17.01 WIB, 21.45 WIB
  • Stasiun Cibungur: 11.04 WIB, 17.13 WIB, 21.57 WIB
  • Stasiun Purwakarta: 11.16 WIB, 17.25 WIB, 22.10 WIB.

KA Walahar EkspressKA Walahar Ekspress/ Foto: (dok PT KAI Daop 1 Jakarta)

Jadwal Keberangkatan KA Lokal Cibatuan

Untuk naik kereta ke Bandung yang terjangkau ini harus menggunakan KA lokal Cibatuan. Setelah sampai di Stasiun Purwakarta, kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan KA lokal Cibatuan tujuan Bandung atau Garut dengan tarif Rp8 ribu saja.

Kereta api lokal Cibatuan sendiri memiliki beberapa pemberhentian di wilayah Bandung yang terdiri dari Padalarang, Cimahi, Bandung, dan Kiaracondong.

Berikut ada jadwal keberangkatan KA Cibatuan yang harus kamu perhatikan matang-matang sebelum melakukan perjalanan.

  • KA 451E Relasi Garut-Padalarang, berangkat pukul 06.05 WIB tiba pukul 10.23 WIB
  • KA 441E Relasi Garut-Purwakarta, berangkat pukul 10.55 WIB tiba pukul 17.15 WIB
  • KA 448E Relasi Purwakarta-Garut, berangkat pukul 04.10 WIB tiba pukul 10.29 WIB
  • KA 442E Relasi Purwakarta-Garut berangkat pukul 16.15 WIB tiba pukul 22.23 WIB

Naik kereta ke Bandung yang hemat kantong mudah, kan? Itu dia rangkuman InsertLive mengenai bagaimana melakukan perjalanan dengan naik kereta ke Bandung yang terjangkau.

Naik kereta ke Bandung dapat kamu nikmati bersama kawan dan keluarga. Selain hemat, naik kereta ke Bandung juga dapat menghilangkan kejenuhan kamu saat di perjalanan. Kamu bisa istirahat di dalam kereta dengan tidur atau menikmati perjalanan dengan makan makanan ringan. Ketika ingin tidur di dalam kereta, jangan sungkan untuk minta orang terdekat atau petugas kereta membangunkan kamu ketika sampai di stasiun tujuan, agar tidak ketinggalan.

Saat naik kereta ke Bandung, jangan lupa untuk selalu waspada, ya. Perhatikan segala barang bawaan kamu agar tidak tertinggal ataupun hilang saat di perjalanan. Selalu patuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan hand sanitizer. Selamat melakukan perjalanan dan semoga selamat sampai tujuan.

(Nabila Sahma/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER