13 Tips Aman Perjalanan Jauh Pakai Kendaraan Umum

Nabila Sahma | Insertlive
Minggu, 18 Sep 2022 08:30 WIB
Ilustrasi traveling 13 Tips Aman Perjalanan Jauh Pakai Kendaraan Umum/Foto: Getty Images/Pyrosky
Jakarta, Insertlive -

Perjalanan jauh dengan kendaraan umum memerlukan serangkaian persiapan khusus. Menggunakan kendaraan umum untuk perjalanan jauh sebenarnya merupakan ide yang bagus untuk menghemat bujet. Namun kamu harus tahu tipsnya terlebih dahulu agar perjalanan jauh menggunakan kendaraan umum dapat dilakukan dengan aman dan nyaman.

Jika perjalanan jauh dilakukan tanpa persiapan, kamu akan kerepotan nantinya ketika menghadapi kendala saat di perjalanan. Kendala yang tidak bisa ditangani dengan baik akan menyebabkan suasana liburan menjadi tidak menyenangkan dan estimasi waktu perjalanan menjadi berantakan.

Berikut ada 13 tips melakukan perjalanan jauh agar perjalanan menjadi aman, nyaman, dan menyenangkan.


1. Lakukan riset tentang transportasi yang akan digunakan

Kamu harus pastikan dulu apakah transportasi yang akan kamu gunakan merupakan pilihan yang tepat dari segi waktu, kenyamanan, dan biaya. Pilihlah kendaraan yang paling efektif untuk sampai ke tujuan.

2. Ketahui sistem transit kendaraan umum dengan baik

Untuk melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan umum, sangat penting untuk tahu terlebih dahulu rute perjalanan yang ditempuh oleh transportasi yang kamu pilih. Ketelitian diperlukan saat kamu mencari rute yang tepat untuk ke tempat tujuan. Jangan sampai kamu salah transit dan jadi membuang waktu kamu.

3. Siapkan uang dalam bentuk tunai dan non tunai

Coba cari informasi mengenai sistem pembayaran tiap masing-masing kendaraan umum. Pada beberapa loket kendaraan mungkin sudah tidak menggunakan uang tunai, jadi kamu harus menyediakan persiapan ekstra untuk uang non tunai. Uang non tunai bisa kamu siapkan dalam bentuk kartu elektronik, kartu debit, dan dengan menggunakan aplikasi penyedia pembayaran elektronik khusus.

ilustrasi krlilustrasi krl/ Foto: Agung Pambudhy/detikcom

4. Selalu sedia aplikasi Google Maps untuk petunjuk arah

Google Maps menawarkan kemudahan bagi kita untuk mengetahui arah tujuan bukan hanya dengan menggunakan kendaraan pribadi, tetapi juga dengan kendaraan umum. Nah untuk kamu yang melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan kereta ataupun bus Trans Jakarta, kamu bisa mengetahui jadwal perjalanan masing-masing transportasi publik tersebut.

Bukan hanya jadwal perjalanan, kamu juga dapat mengetahui situasi di dalam kereta dan bus apakah sedang padat dan ramai atau sedang dalam situasi lengang. Ketika kamu sedang kebingungan dengan transportasi yang akan kamu pilih, Google Maps juga dapat menyarankan kamu untuk penggunaan transportasi yang paling efektif untuk sampai ke tujuan.

5. Selalu siapkan waktu ekstra di perjalanan

Untuk kamu yang akan melakukan perjalanan jauh dengan anak kecil, mungkin kamu akan mudah merasa lelah ketika diburu-buru waktu saat mengejar bus dan kereta. Jika transportasi umum yang kamu pilih akan melakukan beberapa transit, pastikan kamu memberikan waktu ekstra beberapa menit untuk melakukan istirahat sejenak sambil menunggu waktu transit. Pilihlah waktu transit yang tepat agar kamu dapat beristirahat sejenak.

6. Jangan takut untuk bertanya

Jika tiba-tiba kamu kebingungan saat melakukan perjalanan jauh, jangan sungkan untuk bertanya ke petugas kendaraan umum yang berada di dekatmu. Tidak ada salahnya juga jika kamu bertanya secara mendetail untuk memastikan rute perjalanan yang akan kamu tempuh.

7. Coba baca buku di perjalanan

Sambil menunggu waktu transit saat melakukan perjalanan jauh, kamu bisa sambil membaca buku. Membaca buku saat melakukan perjalanan jauh sebenarnya lebih baik daripada tidur. Daripada tidur, kamu lebih baik membaca buku agar tidak mudah merasa lelah dan malas untuk melakukan perjalanan selanjutnya.

8. Gunakan eskalator jika kamu membawa banyak barang

Coba cari eskalator di stasiun agar memudahkan kamu saat membawa banyak barang. Daripada capek naik tangga, lebih baik kamu gunakan eskalator untuk menghemat waktu dan menghemat tenaga. Lalu kamu juga bisa gunakan stroller yang tersedia agar kamu tidak lelah saat membawa banyak barang. Stroller juga dapat memudahkan kamu ketika melakukan perjalanan jauh dengan anak-anak.

9. Jangan sungkan untuk meminta kursi prioritas

Jika kamu sedang dalam kondisi yang harus diprioritaskan, jangan sungkan untuk meminta hak kamu. Selain untuk penyandang disabilitas, kursi prioritas memang dipersiapkan untuk kamu yang sedang dalam kondisi sakit, kelelahan, hamil, dan ibu dengan anak-anak.

Portrait of a Latin American woman traveling by plane wearing a facemask and sleeping onboardPortrait of a Latin American woman traveling by plane wearing a facemask and sleeping onboard/ Foto: Getty Images/andresr

10. Hindari penggunaan transportasi yang terlalu ramai

Di pagi hari, kondisi di dalam kereta biasanya lebih ramai. Daripada kamu sempit-sempitan di dalam kereta, lebih baik kamu gunakan transportasi lain yang lebih lengang, misalnya trans Jakarta. Tidak apa-apa menggunakan waktu sedikit lama daripada kamu kelelahan di dalam kereta.

11. Hati-hati saat berbicara

Saat melakukan perjalanan jauh, kamu akan bertemu dengan banyak orang asing dari latar belakang yang bermacam-macam. Kamu tidak akan tahu identitas dari orang asing yang kamu temui apakah orang tersebut memiliki maksud baik atau maksud jahat. Untuk mengantisipasi tindak kejahatan, lebih baik tidak membicarakan perihal masalah pribadi dengan orang asing. Begitu juga saat menelpon di kendaraan umum, hindari pengucapan informasi pribadi yang penting.

12. Selalu waspada dan hati-hati

Ketahuilah bahwa sangat jarang ditemukan orang asing baik hati saat pertemuan pertama. Saat kita mengalami suatu situasi tertentu seperti kehilangan dompet, lebih baik langsung tanyakan ke petugas keamanan daripada memberikan informasi mengenai dompet kamu yang hilang ke orang asing. Lalu jika ada orang yang ingin menitipkan tas bawaannya secara sembarangan ke kamu, lebih baik kamu menolak dengan halus. Karena kita tidak pernah tahu apa isi dari tas yang ia bawa.

13. Ketahui layanan nomor telepon darurat

Pastikan kamu menyimpan nomor telepon darurat untuk meminta pertolongan. Kamu bisa menghubungi 112 yang merupakan layanan yang dapat digunakan saat terjadi keadaan darurat.

Barang Cadangan yang Wajib Dibawa

Perjalanan jauh harus dilakukan dengan persiapan yang matang. Mungkin ada barang-barang yang menurut kamu sepele tetapi sebenarnya sangat penting untuk kamu bawa saat melakukan perjalanan jauh. Berikut ada beberapa barang yang wajib kamu bawa saat melakukan perjalanan jauh.

Hand sanitizer. Meski bukan di situasi pandemi Covid-19, membawa hand sanitizer merupakan hal yang sangat penting untuk kamu lakukan saat melakukan perjalanan jauh. Kita tidak pernah tahu akan ada bakteri di sekitar kita.

  1. Masker. Masker merupakan barang yang harus kita bawa kemanapun. Apalagi saat melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan umum, kita akan bertemu dengan banyak orang. Untuk menghindari penularan virus, kamu harus selalu siap sedia masker yang harus diganti secara berkala.
  2. Barang hiburan. Barang hiburan seperti buku bacaan dan games juga perlu untuk kamu bawa agar tidak jenuh saat di perjalanan.
  3. Kacamata. Meski kamu bukan pengguna kacamata, kacamata perlu kamu bawa saat melakukan perjalanan jauh. Selain untuk membuat penampilan menjadi lebih stylish, kacamata hitam perlu digunakan saat melakukan perjalanan jauh agar tidak silau saat berpergian ke area pantai yang terkena sinar matahari.
  4. Makanan ringan. Makanan ringan sangat penting untuk dibawa. Apalagi untuk kamu yang membawa anak kecil. Mereka dapat mengisi waktu mereka di perjalanan dengan makan makanan ringan yang mereka suka. Kamu juga dapat mengisi perut kamu yang kosong saat di perjalanan dengan makanan ringan.

(Nabila Sahma/dia)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER