5 Alasan Orang Bisa Selingkuh Menurut Survei

Nabila Sahma | Insertlive
Jumat, 16 Sep 2022 18:00 WIB
Couple lying in bed while someone is watching in front of the door
Jakarta, Insertlive -

Selingkuh menjadi masalah serius dalam sebuah hubungan. Pasangan yang belum menikah bahkan sudah menikah sekalipun tidak akan menganggap permasalahan selingkuh ini sebagai masalah yang sepele.

Beberapa di antaranya bahkan ada yang memilih untuk berpisah daripada melanjutkan hubungannya jika salah satu pasangannya ketahuan selingkuh.

Alasan Orang Bisa Selingkuh

Selingkuh biasanya didasari oleh perasaan tidak puas hanya dengan satu orang. Dalam sebuah hubungan diperlukan komunikasi yang harmonis antarpasangan untuk menghindari terjadinya perselingkuhan.


Meski seseorang yang selingkuh memiliki alasannya sendiri, selingkuh bukanlah hal yang dapat dibenarkan. Seseorang yang selingkuh akan menyebabkan pasangannya kecewa dan bisa menyebabkan pasangannya sulit percaya untuk menjalin hubungan lagi. Terlebih lagi jika seseorang yang selingkuh sudah terikat pernikahan, akan lebih banyak korban yang tersakiti, mulai dari istri, anak-anak, dan keluarga akan merasa malu.

Studi yang dilakukan dalam The Journal of Sex Research menunjukkan bahwa ada beberapa alasan mengapa seseorang selingkuh. Berikut adalah beberapa lima alasan yang telah InsertLive rangkum.

Upset woman crying, seeing her boyfriend with other girl in parkUpset woman crying, seeing her boyfriend with other girl in park/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

1. Selingkuh karena sakit hati

Rasa sakit hati yang berujung pada kemarahan yang disebabkan oleh pasangan membuat seseorang ingin membalas dendam dengan cara selingkuh. Rasa sakit hati ini bisa disebabkan oleh pasangan atau mantan pasangan yang menimbulkan perasaan sampai ingin melakukan balas dendam. Seseorang yang selingkuh mungkin pernah merasakan diselingkuhi sebelumnya.

2. Selingkuh karena jatuh cinta lagi

Perasaan seseorang memang suka berubah-ubah dan pada orang tertentu kerap merasakan mudah jatuh cinta, meski sudah memiliki pasangan. Alasan jatuh cinta lagi ini juga bisa dikatakan oleh pasangan yang sudah menikah, lo.

3. Selingkuh karena tidak ada komitmen dalam hubungan

Meski baru pacaran, kamu dan pasanganmu harus mempersiapkan sebuah komitmen agar hubungan kamu tidak hanya sekadar membuang-buang waktu untuk kesenangan sesaat. Selingkuh bisa terjadi karena merasa hubungan saat ini dapat diputuskan begitu saja karena tidak ada komitmen untuk selalu bersama sebelumnya.

4. Selingkuh karena merasa tidak cukup

Seorang yang selingkuh bisa disebabkan oleh perasaan bahwa pasangan tidak mampu memenuhi kebutuhannya sehingga lebih memilih orang lain yang dirasa bisa memenuhi kebutuhannya. Selalu merasa tidak cukup ini harus dihindari dengan perbanyak rasa syukur atas hal baik yang selalu pasanganmu berikan.

5. Selingkuh karena merasa ada kebutuhan

Seseorang yang selingkuh juga bisa disebabkan oleh adanya kebutuhan lain yang tidak bisa dipenuhi pasangan, yang salah satunya adalah kebutuhan seksual. Motivasi atau keinginan untuk melakukan seks dengan orang lain juga menjadi alasan seseorang selingkuh.

Apa Ciri-ciri Wanita Selingkuh?

Seseorang yang selingkuh biasanya terlihat melalui perilaku sehari-harinya. Ada perbedaan yang dapat kamu rasakan saat pasanganmu selingkuh. Ketika pasanganmu menunjukkan perilaku yang berbeda terlalu kontras, bisa jadi pasanganmu sedang selingkuh, lo.

Berikut adalah ciri-ciri yang dapat kita lihat jika wanita sedang selingkuh dengan laki-laki lain.

  • Menjauh dari pasangan
  • Menjadi lebih segan untuk menghabiskan waktunya bersama pasangan
  • Mengubah penampilan tiba-tiba
  • Mengubah password ponsel
  • Jadi lebih sering berbohong
  • Tiba-tiba kesal tanpa alasan
  • Asyik sendirian dengan gawainya
Young Man Using Cellphone While Her Wife Sitting On Bed At NightYoung Man Using Cellphone While Her Wife Sitting On Bed At Night/ Foto: Getty Images/iStockphoto/AndreyPopov

Apa Ciri-ciri Cowok Selingkuh?

Tidak hanya wanita, biasanya laki-laki yang selingkuh juga memperlihatkan suatu tanda ke wanitanya. Jika kamu melihat ciri-ciri berikut terjadi ke pasanganmu, bisa jadi pasanganmu sedang selingkuh.

  • Tiba-tiba ingin mengakhiri hubungan tanpa sebab yang jelas
  • Tiba-tiba menuduh pasangannya selingkuh
  • Mudah kesal karena hal sepele
  • Jadi lebih sering marah-marah daripada biasanya
  • Tidak menyempatkan untuk memberi kabar
  • Sibuk dengan gawai sendiri
  • Mengubah password gawai

Apakah Orang yang Selingkuh Akan Menyesal?

Selingkuh merupakan sebuah perbuatan yang tidak bisa dibenarkan sama sekali. Orang yang pernah selingkuh memang akan menyesali perbuatannya. Namun, pada beberapa kasus, seseorang yang pernah selingkuh akan mengulangi perbuatannya lagi.

Hal tersebut menunjukkan bahwa perbuatan selingkuh dapat menjadi sebuah kebiasaan buruk. Lebih baik hindari perbuatan selingkuh dengan beberapa hal berikut yang dapat dilakukan bersama pasangan ataupun keluarga di rumah.

  • Perlancar komunikasi. Meski sibuk, agar terhindar dari godaan untuk selingkuh kamu harus sempatkan untuk memberi kabar ke pasangan.
  • Isi waktu luang dengan pasangan atau keluarga. Daripada dihabiskan bersama teman-teman terus, saat kesibukanmu sedang lengang coba sempatkan untuk menghabiskan waktu luang bersama pasangan atau keluarga di rumah.
  • Ingat dampaknya. Ketika kamu tergoda untuk selingkuh, sebaiknya kamu mengingat kira-kira apa yang akan terjadi pada pasangan atau keluarga kamu yang menjadi korban perselingkuhanmu.
  • Bersyukur. Syukuri apa yang kamu miliki saat ini, coba ingat momen bahagia kamu dengan pasangan dan keluarga di rumah. Ingatlah bahwa tidak ada seseorang yang sempurna seperti apa yang kamu mau.

Cobalah terima pasanganmu dengan segala kekurangannya, mungkin pasanganmu sudah berusaha untuk memberikan yang terbaik. Jangan coba-coba untuk selingkuh, karena sekali coba kamu bisa ketagihan.

(Nabila Sahma/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER