Penundaan Wamil BTS Disebut sebagai 'Kepentingan Nasional' Korea Selatan

nap - INSERTLIVE
Kamis, 15 Jul 2021 12:27 WIB
BTS
Jakarta, Insertlive -

Menurut amandemen Undang-Undang Dinas Militer Korea Selatan baru-baru ini ketujuh anggota BTS dikabarkan dapat menunda wajib militer mereka.

Seorang pejabat senior militer Korea Selatan merasa BTS punya pilihan untuk menunda pendaftaran mereka demi kepentingan nasional Korea Selatan.

Amandemen yang mulai berlaku pada 23 Juni 2021 itu memungkinkan pria Korea Selatan yang telah diakui karena prestasi artistik atau atletik mereka bisa menunda wajib militer hingga usia 30 tahun.


Untuk menunda wajib militer mereka mengikuti amandemen baru, para idol K-Pop harus menerima penghargaan budaya dari Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata.

Biasanya, hanya musisi yang sudah berkarier lebih dari 15 tahun di industri ini yang dapat menerima penghargaan budaya.

Namun, BTS dianugerahi Order of Cultural Merit pada tahun 2018, 5 tahun setelah debut mereka. BTS diakui memberikan pengaruh positif terhadap budaya dan bahasa Korea ke seluruh dunia.

Kepala Administrasi Tenaga Kerja Militer, Jung Seok Hwan membagikan kabar tersebut dalam surat kabar di Korea Selatan.

Keputusan untuk memberikan kesempatan penundaan wajib militer kepada penerima Order of Cultural Merit dibuat untuk meminimalkan kontroversi mengenai perlakuan istimewa.

Sementara itu, para member BTS sudah sangat terbuka dan jujur tentang kewajiban melakukan dinas militer.

Jin sebagai member tertua grup tersebut menyebutkan bahwa wajib militer adalah sebuah tugas penting bagi negara. Ia akan berusaha untuk bekerja keras sampai dirinya dipanggil untuk melakukan kewajiban tersebut.

"(Wajib militer) adalah tugas penting bagi negara kita. Jadi saya merasa bahwa saya akan berusaha untuk bekerja sekeras yang saya bisa dan melakukan yang terbaik sampai saya dipanggil." tukas Jin.

(nap/syf)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER