Duh! Kim Jong Un Pernah Hukum Mati Warga yang Nonton Drama Korea

Agustin Dwi Anandawati - INSERTLIVE
Senin, 27 Jul 2020 09:45 WIB
Kim Jong Un
Jakarta, Insertlive -

Korea Utara siap menjatuhkan hukuman berat hingga hukum mati bagi warganya yang menonton drama Korea Selatan. Pimpinan Korea Utara Kim Jong Un, melarang seluruh warganya untuk menyaksikan drakor.

Dilansir dari laporan Radio Free Asia (RFA) yang dilansir dari Nypost, tersebar sebuah video penangkapan warga Korea Utara yang telah berbicara dan menulis mengenai Korea Selatan.

Warga Korut itu pun ditangkap dan dilakukan interogasi. Selain itu terdengar pula kata-kata seperti sudah memudarnya budaya nasional di negara tersebut. Kim Jong Un ingin menanamkan kembali ideologi bagi seluruh warganya.


"Menurut suara orang di video itu, 70 persen penduduk di seluruh negeri (Korea Utara) menonton film dan drama Korea," kata penduduk di Provinsi Hamgyong Utara.

"Pihak berwenang akan memanfaatkan berbagai teknik, termasuk hukuman hukum yang lebih berat, bersama dengan proyek-proyek pendidikan ideologis, untuk mencegah penyusupan lebih lanjut dari budaya Korea Selatan," tambahnya.

Pada 2013, Korea Utara pernah melakukan eksekusi mati terhadap 80 warganya yang ketahuan menonton dan menyeludupkan drama dari Korea Selatan.

Kabar itu juga dibenarkan oleh pembelot Korea Utara. Ia menyebut banyak warga Korut yang mendapatkan hukuman karena menonton drama Korea yang dinyatakan ilegal di negaranya.

Kelompok pembelot bernama North Korea Intellectual Solidarity juga membenarkan adanya eksekusi mati di hadapan publik di akhir 2013.

"Rezim jelas-jelas takut akan adanya perubahan dalam pola pikir masyarakat dan untuk mencegahnya mereka berusaha menakuti orang-orang," ungkapnya.

[Gambas:Video Insertlive]



(agn/agn)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER