Waspada! Ini 5 Tanda Daya Tahan Tubuh Melemah yang Bisa Picu Infeksi Covid-19

Insertlive - INSERTLIVE
Minggu, 22 Nov 2020 21:32 WIB
The businessman is unable to work, she is sick and sneezing heavily in bed. Waspada! Ini 5 Tanda Daya Tahan Tubuh Melemah yang Bisa Picu Infeksi Covid-19 (Foto: iStock)
Jakarta, Insertlive -

Masa pandemi memang membuat banyak orang khawatir. Apalagi, jika daya tahan tubuh melemah, yang bisa saja membuat virus mudah menjangkit dalam tubuh.

Dilansir dari Satgas Covid-19, ada lima tanda daya tahan tubuh melemah. Tanda ini bisa jadi pengingat untuk kita untuk mengetatkan proteksi dengan jaga jarak, pakai masker, serta mencuci tangan pakai sabun.


[Gambas:Instagram]


Apa saja tanda-tanda tersebut, berikut Insertlive rangkum infonya:

1. Tingkat stres tinggi

Stres jangka panjang bisa menjadikan sistem daya tahan tubuh melemah. Hal ini bisa menurunkan leukosit tubuh atau sel darah putih yang membantu melawan infeksi.

2. Sering flu dan meriang

Flu dan meriang secara terus menerus bisa menjadi tanda bahwa sistem daya tahan tubuh melemah atau sedang kewalahan mengatasi gangguan yang ada pada tubuh kita.

3. Sering merasa lelah

Sering merasa lelah padahal tidur sudah cukup bisa menjadi pertanda sistem daya tahan tubuh sedang melemah. Hal ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh juga turut mempengaruhi tingkat energi.

4. Penyembuhan luka lama

Jika sistem daya tahan tubuh yang lemah, makan akan membuat regenerasi kulit berjalan lambat sehingga luka sulit sembuh.

5. Mengalami masalah pencernaan

Penelitian menunjukkan hampir 70 persen sistem daya tahan tubuh terletak di saluran pencernaan.

Jika Insertizen mengalami lima tanda di atas, sebaiknya beristirahat total di rumah dan tetap menjaga jarak, memakai masker, serta mencuci tangan dengan sabun.

[Gambas:Video Insertlive]



(dia/dia)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER