Pemerintah Kejar Pemerataan Distribusi Material Kesehatan

Yudistira Perdana Imandiar - INSERTLIVE
Sabtu, 21 Nov 2020 10:50 WIB
Cuci Tangan
Jakarta, Insertlive -

Pemerintah berupaya meningkatkan pemerataan pembangunan kesehatan di seluruh wilayah Indonesia. Hal itu dilakukan guna mengurangi ketimpangan layanan kesehatan, serta mengoptimalkan penanganan COVID-19 di semua daerah.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan pemerintah Indonesia melalui Satgas Penanganan COVID-19 mendistribusikan alat material kesehatan (almatkes) untuk kepentingan di daerah.

"Baik di rumah sakit, laboratorium, untuk relawan dan juga masyarakat umum," kata Wiku dikutip dari situs satgascovid19.go.id, Sabtu (21/11/2020).


Ia menerangkan, logistik yang didistribusikan bukan hanya alat pelindung diri (APD), tetapi juga logistik pendukung. Per tanggal 17 November 2020, rinci Wiku, Satgas Penanganan COVID-19 telah mendistribusikan berbagai jenis almatkes, di antaranya masker bedah sebanyak lebih dari 24 juta, 6 juta masker N-95, 1 juta unit medical glove, 1.200 unit portable ventilator, 1,1 juta unit rapid test, 3,7 juta unit reagen PCR, dan 2,9 juta unit reagen RNA.

Wiku menambahkan banyaknya almatkes yang didistribusikan tak lepas dari peran berbagai pihak yang mendukung pemerintah dalam penanganan pandemi.

"Tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak, maka capaian ini tentunya akan sulit untuk diraih," lanjut Wiku.

Almatkes yang telah didistribusikan, timpal Wiku, memungkinkan pemerintah daerah memasifkan 3T, yaitu testing (pemeriksaan), tracing (pelacakan) dan treatment (perawatan).

"Untuk itu Satgas Penanganan COVID-19 pusat meminta daerah agar dapat memaksimalkan penggunaan almatkes yang sudah didistribusikan," ungkap Wiku.

Wiku juga berpesan, agar pemerintah daerah segera berkoordinasi dengan pemerintah pusat apabila menemui kendala agar dapat dicari jalan keluarnya.

"Teruntuk Satgas COVID-19 daerah, mohon bantuannya untuk memonitor ketersediaan dan cadangan almatkes di masing-masing fasilitas kesehatan di daerahnya. Jangan sampai layanan kesehatan terhambat akibat kurangnya ketersediaan alat material kesehatan," pesan Wiku.

Guna mendukung upaya pemerintah mengatasi pandemi COVID-19, Insertizen harus selalu disiplin menjalankan prinsip 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan seperti yang dikampanyekan Satgas COVID-19.

[Gambas:Video Insertlive]



(dis/dis)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER