Alat Medis Langka, Viral Emak-emak Belanja ke Pasar Pakai APD

ikh - INSERTLIVE
Kamis, 26 Mar 2020 20:23 WIB
Alat Medis Langka, Viral Emak-emak Belanja ke Pasar Pakai APD
Jakarta, Insertlive - Penyebaran virus Corona memang menjadi momok menakutkan bagi masyarakat. Jumlah pasien terinfeksi yang terus meningkat membuat banyak orang yang langsung berburu perlengkapan agar terhindar dari virus Corona.

Alhasil kebutuhan seperti hand sanitizer (cairan pembersih tangan) dan masker jadi barang-barang yang laris di pasaran. Bahkan perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD) yang biasa digunakan tenaga medis juga ludes diborong masyarakat.

Seperti yang terlihat dalam sebuah unggahan viral di media sosial Facebook. Dalam unggahan itu terlihat sejumlah masyarakat yang mengenakan APD saat belanja ke pasar.

[Gambas:Instagram]




Aksi tersebut dituding jadi salah satu penyebab kelangkaan APD di rumah sakit. Padahal APD dinilai menjadi perlengkapan wajib para tenaga medis yang sedang menangani pasien virus Corona.

"Ini salah satu penyebab kelangkaan APD buat kalangan medis. Apa coba sampai ke pasar dipakai segala baju buat ruang isolasi dan nggak ketinggalan sarung tangan bedah wkwkwkwkwkwk," tulis akun Ha***ah di Facebook, Kamis (26/3).

Tentu unggahan tersebut membuat banyak orang merasa miris. Apa lagi sempat beredar unggahan viral yang memperlihatkan seorang dokter terpaksa mengenakan jas hujan/ponco sebagai pengganti APD.

[Gambas:Instagram]




"Please lah masyarakat non-medis, jangan pakai perlengkapan medis buat ke pasar, supermarket, dan lain-lain. Aku paham dan sangat mengerti kalian juga parno dan ketakutan sama si Corona ini, tapi mohon mungkin lebih bijak dan tepat kondisi," tulis akun @drka******zuno.

Hal ini pula yang membuat sang pengunggah yang juga seorang dokter ini menyarankan masyarakat untuk bijak dalam menghadapi Corona. Ia juga sangat meminta masyarakat untuk tidak lagi menyalahgunakan APD yang sangat dibutuhkan oleh tenaga medis.

"Sarung tangan buat ke supermarket bisa pakai sarung tangan plastik yang untuk memasak, dari pada ke pasar pakai baju astronot, lebih bijak kalau kamu yang pakai jas hujan," tulis akun @drka******zuno.


[Gambas:Video Insertlive]




(ikh/des)
KOMENTAR
POPULER