Terungkap! Identitas Asli Toto Santoso, Raja Keraton Agung Sejagat

Yogi Alfian - INSERTLIVE
Kamis, 16 Jan 2020 17:27 WIB
Kartu Tanda Penduduk (KTP) Toto Santoso, pria yang mengaku 'Raja' Keraton Agung Sejagat.
Jakarta, Insertlive - Kemunculan Keraton Agung Sejagat yang berlokasi di daerah Purworejo, Jawa Tengah, mengejutkan masyarakat Indonesia. Terlebih lagi, mereka mengaku sebagai penerus Kerajaan Majapahit.

Kemudian, nama Toto Santoso yang mengaku sebagai 'Raja' pun mendadak menjadi topik hangat perbincangan pubik. Bahkan Dewan Keraton Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) menilai mereka yang tergabung dalam Keraton Agung Sejagat memiliki jalan pikiran yang lucu.

Setelah ditelusuri lebih jauh, identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) milik Toto Santoso terbongkar. Pria itu bernama lengkap R. Toto Santoso, lahir di Wonosobo pada 25 Februari 1978.

Lebih lanjut, dalam KTP itu terlihat Toto Santoso masih berstatus lajang. Dalam alamat yang tertera di kartu identitasnya, tercatat alamat Jakarta, tepatnya di Pademangan, Jakarta Utara. 


Rekam jejak Toto Santoso dalam organisasi ternyata tidak baik-baik saja. Ia pernah mengaku sebagai Dewan Wali Amanat Panitia Pembangunan Dunia Wilayah Nusantara dalam organisasi Jogja Development Committee (DEC) pada tahun 2016.

KTP Toto Santoso, pria yang mengklaim jadi raja di Keraton Agung SejagatKTP Toto Santoso, pria yang mengklaim jadi raja di Keraton Agung Sejagat/ Foto: Damar Sinuko


Jogja DEC dikatakan menjanjikan kesejahteraan finansial bagi para pengikutnya. Setelah ditelusuri lebih jauh, keberadaan Jogja DEC tidak terdaftar sebagai sebuah organisasi yang resmi di kantor Kesbang Kota Yogyakarta. Aktivitas Jogja DEC sudah dipantau oleh polisi.

Kini, Toto Santoso bersama Fanni Aminadia ditangkap pihak kepolisian setelah heboh Keraton Agung Sejagat. Keduanya dinilai melanggar Pasal 14 UU RI No 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana atau Pasal 378 KUHP tentang Penipuan.

[Gambas:Video Insertlive]

(yoa/fik)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER