Mengenal Terapi Sinar Merah yang Diklaim Bisa Redakan Kerutan

Dini Astari | Insertlive
Jumat, 13 May 2022 13:45 WIB
Young woman having red LED light facial therapy treatment in beauty salon. Beauty and wellness concept
Jakarta, Insertlive -

Terapi sinar merah belakangan menjadi tren yang banyak dibicarakan di media sosial khususnya TikTok dan Instagram.

Terapi sinar merah adalah salah satu bentuk dari beberapa terapi dioda pemancar cahaya (LED) di mana sinar merah bisa menembus kulit paling terdalam.

Perawatan kecantikan ini juga menjadi populer dan digemari karena non-invasif yang artinya tidak ada waktu henti dan efek samping minimal.


Sinar merah ini bekerja pada hampir semua jenis dan warna kulit, dan dikatakan dapat membantu sejumlah masalah kulit, mulai dari jerawat dan peradangan hingga tanda-tanda penuaan, termasuk garis-garis halus dan kerutan.

Tapi apakah benar terapi sinar merah ini bisa meredakan keriput dan garis-garis halus di wajah?

beauty, people, cosmetics, skincare and health concept - young woman applying cream to her facebeauty, people, cosmetics, skincare and health concept - young woman applying cream to her face/ Foto: iStock

Dr Elma Baron seorang profesor dermatologi di Case Western University dan kepala layanan dermatologi di VA Northeast Ohio Healthcare System mengatakan bahwa terapi sinar merah bisa digunakan untuk meredakan keriput.

Hal ini lantaran terapi sinar merah memiliki beberapa efek pada sel penghasil kolagen di wajah.

"Ada beberapa studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa jenis cahaya ini memiliki beberapa efek pada sel yang dikenal sebagai fibroblas, sel yang memproduksi kolagen. Jadi kita tahu bahwa lampu merah memiliki beberapa efek menguntungkan dalam hal mendorong pertumbuhan dan menjaga kolagen yang sehat di kulit Anda," kata Elma Baron dikutip dari Self.

Namun, hasil dari sinar merah tidaklah begitu kuat. Sama halnya dengan perawatan anti penuaan lain, hasil terapi ini hanya bersifat sementara.

"Tapi tentu saja, ada banyak hal lain yang membuat orang menggunakan sinar merah, dan bukti untuk aplikasi tersebut tidak sekuat itu," ujarnya.

Lantaran hasil tak bertahan lama, maka itulah mengapa penggunaan terapi sinar merah ini dianjurkan menjalani perawatan secara teratur, baik di klinik, spa, atau di rumah.

"Hasil yang Anda dapatkan dari terapi lampu merah bekerja secara kumulatif, aditif, dan sinergis," kata Dr Jagdeo, direktur pendiri pusat pengobatan foto di SUNY Downstate Medical Center.

Dengan kata lain, jika kalian ingin mendapatkan kulit yang lebih halus dan melihat pengurangan garis-garis halus, kalian harus rutin melakukan terapi ini.

Kemudian seiring waktu (biasanya dalam hitungan minggu atau bulan) kalian akan mulai melihat perubahan yang nyata.

(dia/fik)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER