Bentuk Payudara Tiba-tiba Mengecil Bisa Jadi Pertanda Kanker

Insertlive | Insertlive
Kamis, 12 May 2022 19:50 WIB
Breast cancer awareness.

3. Salah Satu Payudara Menyusut

Para wanita harus mengamati bentuk payudaranya secara berkala. Pasalnya, jika terjadi penyusutan pada payudara, hal itu bisa menjadi salah satu pertanda adanya tumor.

"Terkadang ketika ada tumor pada satu payudara, tumor itu akan menarik kulit dan ligamen, yang menyebabkan penyusutan tersebut," kata dr. Jane.

Ia menambahkan bahwa sel kanker dapat menghabiskan lemak dalam jaringan payudara. Sehingga payudara mengalami penyusutan dan terlihat mengecil.


"Sebagian besar jaringan payudara adalah lemak. Kanker memakan lemak ini (berkontribusi pada penyusutan)," imbuhnya.

Selain itu, bintik-bintik pada kulit payudara yang menyebabkan payudara terlihat bertekstur dapat mengindikasikan kanker payudara.

Seperti yang terjadi pada penyusutan payudara, sel tumor dan sel kanker akan menarik kulit hingga menyebabkan kulit payudara tidak merata.

4. Puting Tidak Normal

Selain bentuk payudara secara menyeluruh, perlu juga untuk memperhatikan puting. Jika satu atau kedua puting yang sebelumnya berbentuk tegak tiba-tiba berubah menjadi terbalik, hal itu perlu diwaspadai.

"Beberapa wanita secara alami memiliki puting terbalik, dan itu bukan tanda kanker payudara. Namun, jika Anda melihat puting Anda tidak lagi tegak dan sekarang terbalik, maka Anda harus memeriksanya," katanya.

Lalu, perhatikan pula cairan yang keluar dari puting. Puting hanya akan mengeluarkan cairan berupa ASI saat masa menyusui.

Namun, jika dari puting keluar cairan selain ASI, termasuk darah, segera periksakan ke dokter karena hal tersebut dapat menjadi gejala kanker payudara.

2 / 2
Loading
Loading
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER