Bentuk Payudara Tiba-tiba Mengecil Bisa Jadi Pertanda Kanker

Insertlive | Insertlive
Kamis, 12 May 2022 19:50 WIB
Breast cancer awareness.
Jakarta, Insertlive -

Kanker payudara menjadi salah satu momok paling menakutkan di mata para wanita. Menurut American Cancer Society, kanker payudara cenderung terjadi pada wanita paruh baya dan lanjut usia.

Namun, bukan berarti kanker payudara tidak akan menyerang wanita muda. Mengutip Health, seorang onkologis dr. Jane Mendez mengatakan bahwa, kanker payudara juga dapat menyerang siapa saja tanpa pandang usia.

"Kamu tidak pernah terlalu muda untuk menderita kanker payudara," kata dr. Jane Mendez.


Risiko kanker payudara mungkin akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Oleh karena itu, alangkah lebih baik untuk mengetahui tanda-tanda kanker payudara sedari dini.

Merangkum Health, berikut tanda-tanda kanker payudara yang perlu diketahui.

1. Adanya Benjolan Keras dan Nyeri pada Payudara

Benjolan pada payudara merupakan gejala paling umum yang diketahui oleh hampir semua orang. Namun, tidak semua benjolan adalah gejala kanker.

Beberapa benjolan bersifat jinak dan tidak berbahaya yang biasanya disebabkan oleh perubahan hormon saat menstruasi, kehamilan, atau saat menyusui.

Menurut petugas ilmiah dari Breast Cancer Research Foundation (BCRF), Dorraya El-Ashry, PhD, sebuah benjolan di payudara perlu diwaspadai jika bertahan lebih dari satu siklus menstruasi.

"Beberapa perubahan bisa bersifat sementara, tetapi jika benjolan itu bertahan selama lebih dari satu siklus menstruasi, segera kunjungi dokter Anda," ujar Dorraya seperti dikutip Health.

2. Warna Kulit Payudara Memudar

Dokter Jane Mendez mengatakan bahwa gejala yang biasa menyerang wanita berusia 60-an adalah perubahan warna pada kulit payudara, seperti memerah, meradang, dan terasa berat.

Gejala tersebut menjadi gejala dari jenis kanker payudara langka yang bernama kanker payudara inflamasi.

Dalam kasus ini, penting untuk memperhatikan usia dan riwayat kesehatan karena perubahan warna payudara mungkin menunjukkan infeksi jaringan payudara yang sering disebabkan oleh tersumbatnya saluran ASI (mastitis).

Namun, jika pada wanita yang sudah menopause, gejala itu bisa menjadi pertanda buruk dan harus melakukan konsultasi ke dokter.

Baca halaman selanjutnya.

(KHS/and)
1 / 2
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER