Benarkah Probiotik Berikan Sejuta Manfaat untuk Kesehatan Wanita?

agn | Insertlive
Kamis, 28 Apr 2022 17:55 WIB
7 Makanan Enak Ini Bisa Atasi Keputihan dan Bau Vagina Tak Sedap
Jakarta, Insertlive -

Menjaga kesehatan usus dan vagina tentu sangat penting dilakukan kaum perempuan. Untuk itu kaum hawa mungkin bisa melakukan tren probiotik.

Ternyata manfaat probiotik telah terungkap selama bertahun-tahun lalu namun baru-baru ini probiotik dipasarkan khusus untuk wanita.

Beberapa orang yang sudah mengonsumsi mengaku dapat meningkatkan kesehatan vagina hingga usus.


Profesor Georgina Holt, dari Pusat Penelitian Mikrobioma di Sydney menjelaskan pria dan wanita memiliki perbedaan dalam mikrobioma.

Selain itu, ras dan di mana kita tinggal juga menjadi pengaruh yang sangat besar. Misalnya orang Asia tidak terlalu membutuhkan laktosa namun mereka cenderung mengonsumsi makanan olahan susu.

"Etnis, geografi, dan pola makan memainkan peran besar dalam mikroba, jadi apa yang sehat untuk satu orang yang tinggal di satu tempat belum tentu sehat untuk orang lain. Ada banyak variasi dan kami masih mencoba memahaminya," jelas Prof Holt mengutip Women Weekly.

Sementara itu Profesor Gregor Reid, dari University of Western Ontario di Kanada telah mempelajari probiotik sejak awal 80-an, terutama manfaat lactobacilli pada kesehatan vagina.

Dari hasil penelitiannya menunjukkan wanita yang tidak pernah mengalami Infeksi Saluran Kemih atau ISK memiliki lebih banyak laktobasilus di vaginanya, dibandingkan dengan wanita yang sering terkena ISK.

Soal probiotik untuk wanita yang dijual luas, Profesor Reid menjelaskan produk itu dapat meredakan gejala pencernaan dan kesehatan vagina namun belum terbukti keberhasilannya.

"Beberapa produsen mengklaim probiotik mereka dapat meredakan gejala pencernaan dan meningkatkan kesehatan vagina, tetapi tidak ada bukti yang mendukung hal ini. Studi kami menunjukkan jenis Lactobacillus tidak semuanya sama. Misalnya, Lactobacillus Rhamnosus GG yang digunakan untuk kesehatan usus tidak cocok untuk efek urogenital," ujarnya.

(agn/fik)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER