Anjuran Makan Sahur pada Akhir Waktu Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

SYAFRINA SYAAF | Insertlive
Sabtu, 23 Apr 2022 02:00 WIB
Jadwal imsakiyah Jakarta hari ini telah diumumkan oleh Kemenag RI. Jadwal imsakiyah berguna supaya tidak terlambat melaksanakan sahur sebelum puasa Ramadan.
Jakarta, Insertlive -

Bulan puasa merupakan momen panen ibadah untuk umat Islam, bahkan mengisi perut saat sahur juga mampu memberikan berkah sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW. 

Memulai ibadah puasa sebaiknya diawali dengan makan sahur sebelum waktu Imsak. Umumnya, orang Indonesia melakukan sahur saat waktu memasuki sepertiga malam sampai dengan 10 menit sebelum azan Subuh berkumandang. 

Namun, banyak umat muslim yang sering melewatkan Sahur agar mendapatkan tidur malam yang cukup, padahal terdapat berkah pada makan sahur. 


Anas bin Malik RA berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda,

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السُّحُورِ بَرَكَةً

Artinya: "Makan sahurlah kalian karena sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat berkah." (HR Bukhari).

Sahur juga pembeda antara puasa umat Islam dengan orang Yahudi dan Nasrani. Berdasarkan anjuran Rasulullah SAW sebaik-baiknya waktu sahur adalah pada akhir waktu.

Salah satu tantangan umat muslim saat berpuasa adalah serangan lapar dan haus yang biasa terasa pada siang hari. Nah, anjuran Rasulullah SAW untuk mengakhirkan waktu sahur tersebut bisa menjadi solusi untuk meredam rasa lapar dan dehidrasi sewaktu menjalani aktivitas sehari-hari. 

Anas radhiyallahu 'anhu meriwayatkan dari Zaid bin Tsabit radhiyallahu 'anhu, "Kami makan sahur bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, kemudian beliau shalat, aku tanyakan (kata Anas): Berapa lama jarak antara adzan dan sahur? Rasulullah menjawab, "Kira-kira 50 ayat membaca Al Qur'an." (HR Bukhari Muslim).

Tafsir dari hadis tersebut menyimpulkan bahwa Rasulullah SAW selalu sahur di akhir waktu atau menjelang waktu Subuh.

Adzan Subuh di Indonesia biasanya berkumandang lebih kurang pukul 04.30 pagi dan hanya terpisah beberapa menit dari waktu imsak.

Jadi, waktu sahur terbaik untuk umat muslim di Indonesia adalah sekitar 03.30 atau 04.00 pagi. InshaAllah stamina kamu dalam menjalani puasa menjadi lebih fit karena perut kamu ada dalam kondisi kenyang lebih lama dibandingkan kamu sahur pada tengah malam. 

(syf/syf)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER