Tips Masak untuk Diabetesi: Kontrol Lemaknya

advertorial | Insertlive
Rabu, 22 Dec 2021 17:40 WIB
Minyak Zaitun
Jakarta, Insertlive -

Bagi diabetesi, rutin memasak di rumah ternyata dapat membantu kontrol gula darah. Kok bisa?

Faktanya, penelitian pada jurnal ilmiah Public Health Nutrition menunjukkan bahwa sering memasak di rumah (6-7 kali per minggu) berkaitan dengan asupan kalori, lemak, dan gula yang lebih rendah, serta indeks pola makan sehat lebih tinggi. Rutinitas memasak di rumah bisa semakin bermanfaat untuk kesehatan dengan memilih menu, bahan masakan, dan cara memasak yang lebih baik serta lebih sehat.

Bahan-Bahan sehat


Bahan masakan adalah hal mendasar yang tidak hanya menentukan rasa dan penampilan masakan, tapi juga kandungan nutrisinya. Untuk itu, penting memilih bahan masakan yang lebih sehat dan kaya nutrisi. Memperbanyak buah dan sayur tak hanya bermanfaat membuat masakan tampak lebih menarik dengan warna-warni yang cantik, tapi juga bisa membantu memenuhi kebutuhan berbagai macam nutrisi harian.

Ketika memasak daging, pilih bagian yang lebih rendah lemak dan buang bagian kulitnya. Batasi memasak dengan daging merah, ganti dengan alternatif sumber protein yang lebih sehat seperti ikan, tahu, tempe, dan kacang-kacangan.

Bumbu Sehat

Meskipun memberikan rasa pada makanan, bumbu dan saus juga dapat menyumbang gula dan garam yang tinggi. Batasi penambahan garam, kecap, dan saus yang umumnya tinggi gula dan garam saat memasak. Pilih produk kecap dan saus yang lebih rendah gula dan garam sebagai alternatif lebih sehat.

Minyak Sehat

Tahukah Anda bahwa minyak kelapa dan minyak kelapa sawit yang umum digunakan untuk memasak sesungguhnya tinggi kandungan lemak jenuhnya? Konsumsi lemak jenuh secara berlebihan berkaitan dengan peningkatan kadar kolesterol jahat yang erat kaitannya dengan penyakit jantung.

Padahal, penyakit jantung merupakan salah satu komplikasi kesehatan yang mengancam diabetesi.

Untuk menggantikan minyak yang tinggi lemak jenuh, Tropicana Slim menyediakan berbagai macam produk minyak yang rendah lemak jenuh seperti Tropicana Slim Canola Oil, Tropicana Slim Extra Virgin Olive Oil, Tropicana Slim Corn Oil, dan Tropicana Slim Sunflower Oil.

Produk minyak Tropicana Slim dapat menjadi pilihan yang lebih baik untuk kesehatan jantung karena memiliki komposisi asam lemak yang lebih sehat, dengan kandungan lemak baik (lemak tidak jenuh) yang lebih tinggi dan kandungan kandungan jahat (lemak jenuh) yang lebih rendah dibanding minyak pada umumnya.

Tak lupa, hindari cara memasak deep-frying yang membuat masakan menyerap banyak minyak. Pilih cara memasak yang lebih sehat seperti menumis atau memanggang, yang tidak mengakibatkan terlalu banyak minyak terserap ke dalam masakan.

(advertorial/fik)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER