Intip Rahasia Mi yang Lebih Sehat, Apa Itu?

advertorial | Insertlive
Senin, 06 Dec 2021 13:15 WIB
Mi Shirataki
Jakarta, Insertlive -

Mi instan jelas jadi makanan populer yang sangat digemari. Tapi tahukah Anda bahwa rutinitas mengonsumsi mi instan bisa berefek negatif untuk kesehatan?

Mi umumnya terbuat dari campuran air, tepung, dan telur. Mi diketahui berasal dari China, sejak 5.000 tahun sebelum masehi. Di banyak negara Asia, mi menjadi salah satu makanan pokok. Tidak hanya itu, pada tahun 1958 mulai dikembangkan produksi mi instan dalam skala besar untuk pertama kali di Jepang.

Produksi mi instan ini melibatkan proses penggorengan singkat untuk memperpanjang umur. Data dari World Instant Noodles Association menunjukkan bahwa tingkat konsumsi mi instan di dunia mencapai 106,4 miliar di tahun 2019.


Walaupun digemari dan sangat praktis, mi instan sesungguhnya menyimpan risiko bahaya kesehatan karena umumnya tinggi kalori, tinggi lemak, dan tinggi garam. Data dari Singapore Nutrient Database menunjukkan bahwa mi instan dapat mengandung 468 kalori, 19 gram lemak, dan 2.278 mg garam sodium per sajinya (walau tentunya dapat berbeda tergantung pada merk dan varian rasa mie instan).

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia merekomendasikan batas asupan lemak harian maksimal 67 gram per hari dan batas asupan garam sodium maksimal 2.400 mg per hari. Padahal, kita masih perlu menghitung kandungan lemak dan garam sodium dari makanan-makanan lain yang dikonsumsi sepanjang hari.

Tak heran, terdapat penelitian pada Journal of Nutrition and Health yang menunjukkan bahwa konsumsi mi instan setidaknya 1 kali per minggu sudah berkaitan dengan lingkar pinggang yang lebih besar pada subjek wanita. Penelitian lain pada jurnal Nutrition Research and Practice menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi mi instan lebih dari 2 kali per minggu diketahui lebih berisiko mengalami trigliserida tinggi.

Ingin tetap bisa mengonsumsi mi tanpa khawatir dengan kandungan kalori dan lemaknya? Tenang, kini tersedia pilihan mi yang lebih sehat, yaitu Tropicana Slim Shirataki Noodles yang terbuat dari umbi shirataki. Tropicana Slim Shirataki Noodles juga rendah lemak, lebih rendah garam, tinggi serat, dan hanya 100 kalori per saji sehingga cocok untuk diet, dan tetap nikmat sehingga membantu mewujudkan pola hidup sehat tanpa mengorbankan kenikmatan rasa.

(advertorial/fik)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER