Hati-hati, Jangan Sampai Saus & Kecap Bikin Diabetes

advertorial - INSERTLIVE
Selasa, 30 Nov 2021 13:11 WIB
Ilustrasi Kecap
Jakarta, Insertlive -

Mencocol kecap dan saus saat menikmati lauk favorit atau menyantap hidangan mi dan bakso, wah nikmat rasanya! Kecap dan saus tentunya cocok dijadikan pendamping banyak hidangan, yang membuat rasa makanan menjadi lebih enak dan lengkap.

Tapi hati-hati! Jika berlebihan, kecap dan saus ternyata bisa mengganggu kesehatan. Apa bahaya saus dan kecap yang dapat mengganggu kesehatan?

Gula di Kecap dan Saus


Kecap dan saus yang kita tambahkan saat makan ternyata cenderung tinggi gula. Walaupun jarang mengonsumsi makanan dan minuman manis, asupan gula harian bisa saja jadi tinggi, bahkan berlebihan jika selalu menambahkan saus dan kecap saat makan.

Mari periksa kandungan gula pada saus dan kecap yang sering kita gunakan!

1 sendok makan kecap manis mengandung 4.5 gram gula
1 sendok makan saus sambal mengandung 4.7 gram gula
1 sendok makan saus tomat mengandung 4.6 gram gula
1 sendok makan mayones mengandung 2.16 gram gula

Walaupun angka kandungan gula pada saus dan kecap ini terlihat tidak terlalu banyak, bayangkan jumlah yang ditambahkan setiap kali makan, tentunya lebih dari 1 sendok makan.

Penggunaannya pun sangat sering saat masak, di setiap waktu makan, atau saat ngemil. Asupan gula setiap hari bisa sangat mudah jadi berlebihan dengan kandungan gula tersembunyi pada makanan dan minuman lain yang kita konsumsi sepanjang hari.

Gula Berlebih dan Risiko Diabetes

Konsumsi gula berlebih sudah terbukti dapat berefek negatif bagi kesehatan. Sebuah review pada jurnal Food and Nutrition Research menyimpulkan bahwa konsumsi minuman tinggi gula berkaitan erat dengan penumpukan lemak tubuh, masalah kegemukan, dan diabetes.

Diabetes umum dikenal sebagai penyakit kencing manis, dan ditandai dengan tingginya kadar gula di dalam darah. Diabetes sangat berbahaya karena berkaitan dengan berbagai macam komplikasi seperti gangguan penglihatan, kerusakan ginjal, dan penyakit jantung.

Karena itulah, membatasi asupan gula merupakan salah satu bagian penting dari pola makan sehat. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sendiri menyarankan pembatasan konsumsi gula sebanyak maksimal 50 gram, atau setara dengan 4 sendok makan gula per hari.

Tapi, bukan berarti Anda harus menghindari semua saus dan kecap untuk menjaga batas asupan gula harian. Anda masih tetap dapat menikmati makanan favorit dengan berbagai macam produk kecap dan saus bebas gula dari Tropicana Slim sebagai alternatif pilihan lebih sehat.

Bahkan, Tropicana Slim Kecap Manis dan Tropicana Slim Sambal Terasi tidak hanya bebas gula namun juga lebih rendah garam. Adapun Tropicana Slim Mayonnaise Roasted Sesame yang tidak hanya bebas gula tapi juga lebih rendah lemak.

Dengan Tropicana Slim, Anda pun tetap bisa menambahkan kecap dan saus di makanan favorit tanpa khawatir.

(advertorial/fik)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER