Risiko Diabetes dan Komplikasinya

advertorial - INSERTLIVE
Kamis, 18 Nov 2021 13:01 WIB
Diabetes
Jakarta, Insertlive -

Diabetes atau kencing manis adalah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula di dalam darah. Diabetes sangat berbahaya, namun sayangnya masih banyak orang yang belum memahami diabetes dengan baik. Apa saja bahaya diabetes?

Diabetes Tidak Dapat Disembuhkan
Hingga saat ini, belum ada obat ataupun bahan tradisional yang terbukti secara ilmiah dapat menyembuhkan diabetes. Obat yang diberikan pada diabetesi berfungsi membantu kontrol kadar gula darah (dikombinasi dengan pengaturan pola makan dan rutin berolahraga), bukan menyembuhkan diabetes.

Komplikasi Diabetes: Penyakit Jantung
Kadar gula darah yang tidak terkontrol pada diabetesi dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi berbahaya. Salah satunya, diabetes erat kaitannya dengan penyakit jantung. Diabetesi diketahui memiliki risiko terkena penyakit jantung hingga 2-3 kali lipat lebih tinggi. Bahkan, seperti dipaparkan International Diabetes Federation, penyakit jantung diketahui sebagai penyebab kematian dan disabilitas yang paling utama pada diabetesi.


Komplikasi Diabetes: Gangguan Penglihatan
Kadar gula darah yang tidak terkontrol juga dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah di retina, yang kemudian dapat menyebabkan gangguan penglihatan pada diabetesi. Diketahui bahwa 1 dari 3 diabetesi mengalami gangguan penglihatan yang menyebabkan kaburnya penglihatan hingga kebutaan.

Komplikasi Diabetes: Gangguan Ginjal
Selain itu, diabetesi juga memiliki risiko mengalami kerusakan ginjal hingga 10 kali lipat lebih tinggi. Kondisi diabetes dan gangguan ginjal ini juga berkaitan erat dengan penyakit darah tinggi atau hipertensi.

Komplikasi Diabetes: Risiko Amputasi
Komplikasi berbahaya lain yang mengancam diabetesi adalah gangguan sistem syaraf yang dapat menyebabkan berbagai macam keluhan seperti gangguan sistem pencernaan dan fungsi seksual. Namun, salah satu bagian tubuh yang paling banyak terpengaruh adalah kaki, di mana gangguan sistem syaraf ini dapat menimbulkan rasa kesemutan dan kebal yang menyebabkan luka pada telapak kaki tidak terasa.

Akibatnya, luka seringkali tidak diatasi dengan baik sehingga menyebabkan infeksi yang dapat berujung pada amputasi. Diabetesi diketahui memiliki risiko mengalami amputasi kaki hingga 25 kali lipat lebih tinggi!

Ternyata, banyak sekali risiko komplikasi kesehatan berbahaya akibat diabetes. Untungnya, penanganan yang tepat bermanfaat membantu kontrol gula darah diabetesi guna menekan risiko komplikasi dan menjaga kualitas hidup.

Salah satu caranya, dengan pola makan sehat. Maniskan minuman favorit dengan Tropicana Slim Sweetener Diabtx, pemanis nol kalori dan bebas gula, serta dilengkapi kromium yang penting untuk mengontrol gula darah sehingga cocok untuk memberikan rasa manis yang lebih sehat bagi diabetesi.

(advertorial/fik)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER