Tenang, 4 Cara Ini Bisa Bikin Kesehatan Mental Kamu Terjaga

YOA - INSERTLIVE
Sabtu, 21 Nov 2020 17:30 WIB
Mental Health Tenang, 4 Cara Ini Bisa Bikin Kesehatan Mental Kamu Terjaga (Foto: Unsplash / Fernando)
Jakarta, Insertlive -

Kekhawatiran akan risiko kesehatan, masalah ekonomi, hingga pembatasan aktivitas saat pandemi COVID-19 membuat kesehatan mental rentan terganggu. Oleh sebab itu, di masa pandemi masyarakat Indonesia mesti memperhatikan kesehatan mental, di samping tetap menjaga kesehatan jasmani.

World Health Organization (WHO) memberikan rekomendasi kegiatan yang bisa dilakukan untuk mencegah gangguan kesehatan mental di masa pandemi. Berikut ini ulasannya.

1. Cari Informasi Akurat


Banyak informasi berseliweran di masa pandemi, banyak kabar positif, tapi tak sedikit juga yang negatif dan menyimpang. Oleh sebab itu, Insertizen harus selalu mencari informasi dari sumber yang kredibel, salah satunya dari pemerintah.

Jangan menelan mentah-mentah informasi dari media sosial. Pastikan dulu kebenarannya agar tidak stres mendapati kabar bernada negatif yang bisa saja tidak akurat.

2. Buat Rutinitas Baru

Selama pandemi, banyak aktivitas di luar rumah yang harus dilakukan ke rumah. Supaya tidak stres, bosan, dan tetap bersemangat menjalani aktivitas di rumah, coba lakukan rutinitas baru. Rutinitas tersebut misalnya berolahraga di pagi hari, atur waktu kerja dan istirahat, meluangkan waktu mencari hiburan.

3. Batasi Mengakses Berita

Berita tentang perkembangan pandemi terkadang menimbulkan kegelisahan. Oleh sebab itu, batasi akses terhadap berita dari berbagai sumber agar tidak menimbulkan stres pikiran. Namun, tetap cari informasi yang tepat untuk menghindari penularan COVID-19.

4. Saling Membantu

Membuat diri merasa bermanfaat untuk orang lain akan menumbuhkan perasaan Bahagia. Hal itu akan membuat diri terbebas dari kekhawatiran dan stress. Membantu orang lain juga termasuk aktivitas yang dapat mengalihkan perhatian dari derasnya informasi miring mengenai pandemi.

Selain menjaga kesehatan mental penting juga untuk disiplin menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #menjagajarak, dan #mencucitanganpakaisabun seperti yang dikampanyekan Satgas Penanganan COVID-19.

[Gambas:Video Insertlive]



(yoa/yoa)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER