Ingin Liburan Aman dan Terhindar dari Covid-19? Ini Tipsnya

nap - INSERTLIVE
Minggu, 25 Oct 2020 18:13 WIB
Beautiful young people on a road trip on a summers day
Jakarta, Insertlive -

Sebentar lagi, libur panjang dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW akan segera tiba. Pastinya, banyak orang yang menggunakan kesempatan ini untuk mudik atau sekedar berkumpul bersama sanak saudara di rumah.

Namun, tak ayal pula momen liburan panjang ini bisa menjadi sarana penularan Covid-19. Hal ini dikarenakan beberapa waktu lalu, banyak orang yang menjadi pasien Covid-19 usai mereka berlibur atau mudik.

Meskipun begitu, pemerintah sudah memberikan peringatan kepada seluruh masyarakat di Indonesia agar sebisa mungkin di rumah saja saat libur panjang tersebut.


Oleh karena itu, Ketua Departemen Epidemiologi Universitas Indonesia Tri Yunis Miko Wahyono, memberikan beberapa tips liburan aman dari penularan Covid-19, berikut di antaranya.

1. Hindari percikan air liur

Seperti yang diketahui, penyebaran virus corona terjadi melalui dari percikan air liur atau droplet saat berbicara. Oleh karena itu, masyarakat sebaiknya patuh pada peraturan untuk menggunakan masker dan jaga jarak agar tidak terpapar Covid-19.

2. Hindari kerumunan

Pergilah ke daerah wisata yang tidak terlalu padat pengunjung. Pasalnya, semakin banyak orang yang datang, semakin besar pula potensi penyebaran virus corona.

Dalam situasi apapun, di tempat umum atau di restoran, sebisa mungkin kita harus menghindari kerumunan dan patuh pada prinsip jaga jarak 2 meter.

3. Perhatikan status zona tujuan liburan

Selalu mencari tahu apakah lokasi wisata yang bakal kita kunjungi, berada di status zona hijau, kuning, oranye atau merah.

Untuk mengetahuinya sendiri, kita bisa langsung mengunjungi laman resmi Covid-19 atau menanyakan langsung via telepon ke pemerintah setempat.

4. Hindari ruang tertutup

Setelah mengetahui apakah lokasi yang bakal dikunjungi berada di zona aman, sebisa mungkin kita harus berada di tempat terbuka seperti pantai atau wisata pegunungan.

Kita harus menghindari untuk menghabiskan waktu liburan di ruangan tertutup, tanpa sirkulasi udara yang baik. Pasalnya, tempat seperti itu sangat rentan penularan Covid-19 via udara.

5. Pastikan tubuh sehat

Usai mengetahui apakah lokasi yang bakal kita kunjungi terhindar dari penularan Covid-19, pastikan kondisi tubuh juga selalu sehat sebelum memutuskan untuk berlibur.

Pasalnya, kita tubuh dalam kondisi yang tidak baik, kita bisa lebih mudah tertular Covid-19 dan lebih baik untuk menunda perjalanan liburan kita.

"Kuncinya adalah menghindari penularan melalui droplet. Makanya harus memakai masker yang melindungi hidung dan mulut. Tetap saling menjaga jarak sehingga tidak terkena. Dan yang juga penting untuk mencuci tangan pakai sabun," tambah Wahyono. 

Karena pada dasarnya Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB menganjurkan agar setiap orang selalu menerapkan gaya hidup 3M yaitu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

[Gambas:Video Insertlive]



(nap/nap)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER