Ibu Rumah Tangga Kunci Utama Cegah Penularan Virus Corona di Keluarga

SYF - INSERTLIVE
Rabu, 21 Oct 2020 08:10 WIB
Mom and daughter wear mask to protect themselves from virus infection
Jakarta, Insertlive -

Penambahan pasien positif virus corona Covid-19 di Indonesia mencapai 368.842 per Selasa (20/10).

Penyebaran Covid-19 di antara keluarga atau klaster keluarga menjadi kekhawatiran baru pemerintah.

Pasalnya, kasus terinfeksi virus yang berasal dari Wuhan, China, yang berasal dari antarkeluarga semakin meningkat.


Berdasarkan hasil penelusuran Kementerian Kesehatan jumlah klaster sudah mencapai 1100 klaster, sebagian besar klaster keluarga.

Menteri Pemberdayaan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspa Yoga mengatakan telah melakukan koordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 dalam mensosialisasikan bahaya secara masif.

Berdasarkan laporan Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB), kedua belah pihak sedang menggodok penyusunan Protokol Kesehatan Keluarga.

"Di kementerian kami sejak April sudah me-launching program Berjarak, Bersama Jaga Keluarga Kita. Dalam mencegah klaster keluarga sedapat mungkin menghindari pertemuan fisik bersama keluarga besar, kalaupun harus dilakukan bisa dilakukan secara daring," jelas Menteri Bintang Puspa dalam dialog bersama Juru Bicara Satgas Covid-19 dr Reisa yang disiarkan kanal Sekretariat Presiden.

Kementerian PPPA dalam melakukan sosialisasi secara massif telah menggandeng organisasi kewanitaan demi sukses menekan persebaran virus Covid-19, seperti organisasi PKK, Dharma Wanita, Dharma Pertiwi, Kowani dan organisasi kewanitaan lainnya yang ada di Indonesia.

Kemudian, Kementerian PPPA mengatakan sudah memiliki jaringan Forum Anak yang tersebar di 34 provinsi, 451 kabupaten/kota dan ribuan kecamatan dan desa.

"Kalau kita lihat anak-anak kreatif, inovatif mensosialisasikan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan). Kita harapkan langkah-langkah efektif dan massif yang bisa kita lakukan dapat mengurangi klaster keluarga ini," ungkapnya.

Bintang juga menyampaikan kepada masyarakat, jika ada anggota keluarganya tertular, langsung hubungi puskesmas terdekat atau dinas kesehatan (Dinkes) setempat. Nantinya dinkes melaporkan kepada Satgas Covid-19 di daerahnya masing-masing. Dan biayanya ditanggung pemerintah.

BNPB mengimbau pada seluruh warga Indonesia apabila ingin negara kita sukses mengatasi pandemi Covid-19, setiap individu harus disiplin menerapkan gaya hidup 3 M, yakni mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker.

(syf/syf)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER