Doa Tidur yang Diajarkan Rasulullah dalam Islam

Nabila Sahma | Insertlive
Rabu, 18 Jan 2023 21:55 WIB
Woman sleeping in bed hugging soft white pillow Doa Tidur yang Diajarkan Rasulullah dalam Islam/Foto: Getty Images/EmirMemedovski
Jakarta, Insertlive -

Umat Islam dianjurkan untuk membaca doa tidur sebelum tidur. Membaca doa tidur merupakan sebuah permohonan kepada Allah Swt. agar dibangunkan kembali dengan sehat walafiat serta dijauhkan dari segala marabahaya ketika tidur.

Bukan hanya sebelum tidur, doa tidur juga ada yang bisa kita baca setelah bangun dari tidur sebagai ucapan rasa syukur kepada Allah Swt. karena masih memberikan kita nikmat sehat walafiat.

Ada beberapa syafaat yang bisa kita dapatkan dari membaca doa tidur. Untuk itu simak tulisan ini yang akan merangkum betapa pentingnya membaca doa tidur dalam Islam dan bagaimana bacaan doa tidur yang dibaca sebelum dan sesudah bangun tidur.


Pentingnya Membaca Doa Sebelum Tidur

Membaca doa tidur sangat penting bagi kita para umat Muslim, karena kita sedang berada di antara hidup dan mati. Jiwa dan ruh kita bisa berpisah kapan saja saat kita tertidur atas kuasa Allah Swt.

Hal tersebut telah tertuang dalam surat Az-Zumar ayat 42, yang berbunyi:

اللَّهُ يَتَوَفَّى الْأَنْفُسَ حِينَ مَوْتِهَا وَالَّتِي لَمْ تَمُتْ فِي مَنَامِهَا ۖ فَيُمْسِكُ الَّتِي قَضَىٰ عَلَيْهَا الْمَوْتَ وَيُرْسِلُ الْأُخْرَىٰ إِلَىٰ أَجَلٍ مُسَمًّى ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Arab-Latin: Allaahu yatawaffal anfusa hiina mawtihaa wallatii lam tamut fii manaamihaa fa yumsikul latii qadaa 'alaihal mawta wa yursilul ukhraaa ilaaa ajalim musammaa; inna fii zaalika la Aayaatil liqawmai yatafakkarrun.

Artinya: "Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berpikir."

Sebab itulah kita dianjurkan untuk membaca doa tidur sebelum tidur untuk memohon nikmat sehat walafiat dan diizinkan untuk bangun kembali agar diberikan kesempatan untuk memperbanyak amal saleh.

Selain itu, membaca doa tidur sebelum tidur adalah sebuah upaya untuk memohon ketetapan terbaik dari Allah Swt. tentang hidup dan mati kita.

Ilustrasi TidurIlustrasi Tidur/ Foto: Getty Images/iStockphoto

Doa Tidur dalam Islam

Bacaan doa tidur dalam Islam adalah "Allahumma bismika ahya wa bismika amut."

Berikut ini adalah bacaan doa tidur lengkap dengan tulisan Arab, Latin, dan artinya.

اَللّهُمَّ! بِاسْمِكَ أَحْيَا وَبِاسْمِكَ أَمُوْتُ

Arab-Latin: Allahumma bismika ahya wa bismika amut.

Artinya: "Ya Allah! Dengan nama-Mu, aku hidup dan dengan nama-Mu pula aku mati."

Doa Bangun Tidur

Ada bacaan doa tidur yang dapat kita baca setelah bangun tidur. Bacaan doa bangun tidur adalah "Alhamdulillahil adzi ahyana ba'da ma amatana wa iliahin nusyur."

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Arab-Latin: Alhamdulillahil adzi ahyana ba'da ma amatana wa iliahin nusyur.

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah mematikan kami dan kepada Allah kami akan dibangkitkan."

Membaca doa tidur setelah bangun merupakan bentuk rasa syukur kita terhadap Allah Swt. dengan memuji kebesarannya.

Ilustrasi wanita tidurIlustrasi wanita tidur/ Foto: Getty Images/iStockphoto

Amalan yang Diajarkan Rasulullah Sebelum Tidur

Selain membaca doa tidur, ada beberapa amalan lain yang bisa kita lakukan sebelum tidur. Beberapa amalan ini merupakan ajaran dari Rasulullah Swt. agar kita senantiasa mendapatkan rahmat dari Allah Swt.

Berikut ini adalah amalan-amalan yang dapat kita kerjakan sebelum tidur.

1. Berwudhu

Berwudhu sebelum tidur dapat membuat hati menjadi tentram, sehingga tidur pun menjadi nyenyak. Berwudhu serta membaca doa tidur sebelum tidur dapat membuat kita senantiasa mendapatkan lindungan Allah Swt. ketika tidur.

Anjuran untuk berwudhu sebelum tidur telah tertuang dalam hadits berikut.

إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوءَكَ لِلصَّلاَةِ ، ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شِقِّكَ الأَيْمَنِ

Artinya: "Jika engkau hendak mendatangi tempat tidurmu, hendaklah engkau berwudhu seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu," (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

2. Tidur dengan posisi miring ke kanan

Sebelum tidur, hendaknya kita memiringkan posisi badan kita ke kanan. Hal ini merupakan sebuah anjuran Rasul yang disebutkan pada hadits berikut.

اِضْطَجِعْ عَلَى شَقِّكَ اْلأَيْمَنِ.

Artinya: "Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu," (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

3. Jangan tidur dalam posisi tengkurap

Hal selanjutnya yang perlu kita lakukan sebelum tidur adalah pastikan posisi kita jangan tengkurap. Karena, posisi tidur tengkurap merupakan posisi yang dimurkai Allah Swt., sebagaimana yang disebutkan pada hadits berikut.

إِنَّهَا ضَجْعَةٌ يَبْغَضُهَا اللهُ عَزَّ وَجَلَّ.

Artinya: "Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang dimurkai oleh Allah Azza wa Jalla."

Zikir yang Dilakukan Sebelum Tidur

Dzikir juga merupakan salah satu amalan yang bisa kita kerjakan selain membaca doa tidur. Bacaan dzikir juga menjadi doa tidur yang akan membawa keberkahan dan keselamatan dunia dan akhirat dalam tidur kita.

Bacaan dzikir sebelum tidur adalah:

  1. Membaca Surat Al-Ikhlas
  2. Membaca Surat Al-Falaq
  3. Membaca Surat An-Nas
  4. Membaca Surat Al-Mulk

Setelah membaca bacaan-bacaan tersebut sebelum tidur, baru lah dilanjutkan dengan membaca doa tidur. Membaca doa tidur dapat membuat tidur kita insyaallah lebih nyenyak, karena doa tidur mampu menghindarkan diri kita dari godaan syaitan saat tidur.

Karena pentingnya membaca doa tidur bagi kita para umat Islam, hendaknya kita selalu mengamalkan bacaan doa tidur sebelum maupun sesudah bangun tidur.

Demikian informasi selengkapnya tentang doa tidur dalam Islam, semoga bermanfaat.

(Nabila Sahma/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER