Adab dan Doa Minum Air Zamzam

Nabila Sahma | Insertlive
Jumat, 13 Jan 2023 13:15 WIB
Distribusi Air Zamzam
Jakarta, Insertlive -

Membaca doa minum air zamzam sebelum minum air zamzam membawa lebih banyak keistimewaan bagi umat Muslim. Air zamzam sendiri sudah memiliki banyak manfaat apabila dikonsumsi, apalagi jika ditambah dengan mengamalkan doa minum air zamzam sebelum mengonsumsinya.

Selain membaca doa minum air zamzam, ada adab yang perlu kita perhatikan saat mengonsumsi air zamzam. Berikut ini adalah informasi lengkap tentang air zamzam dan bagaimana doa minum air zamzam serta adab yang perlu kita perhatikan.

Adab Minum Air Zamzam dalam Islam

Bukan hanya tentang doa minum air zamzam, kita juga akan membahas adab yang menjadi tata cara minum air zamzam dalam Islam.


Berikut ini adalah adab minum air zamzam dalam Islam.

  1. Membaca basmallah.

  2. Dianjurkan membaca doa minum air zamzam.

  3. Minum dengan beberapa kali teguk yang diselingi dengan bernapas.

  4. Minum sambil duduk.

  5. Banyak membaca doa, misalnya minta disembuhkan dari penyakit di setiap hendak meneguk air zamzam.

Doa Minum Air Zamzam Agar Mendapat Keberkahan

Kita perlu membaca doa minum air zamzam agar bisa mendapatkan manfaat dari air zamzam sebanyak-banyaknya. Mengamalkan doa minum air zamzam dengan baik juga bisa membuat kita mendapatkan lebih banyak keberkahan dari Allah Swt.

Sebelum minum air zamzam, hendaknya kita membaca doa minum air zamzam, "Allahumma inni as-aluka i'lman naafi'an, wa rizqan waasi'an, wasyifaa-an min kulli daa-in, wa saqamin birahmatika yaa arhamar raahimiin."

Berikut ini adalah tulisan Arab, bacaan Latin, dan arti dari doa minum air zamzam.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ وَسَقَامٍ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Bacaan Latin: Allahumma inni as-aluka i'lman naafi'an, wa rizqan waasi'an, wasyifaa-an min kulli daa-in, wa saqamin birahmatika yaa arhamar raahimiin.

Artinya: "Ya Allah sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas dan kesembuhan dari tiap penyakit dengan rahmat-Mu. Ya Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang."

Doa minum air zamzam berisikan permohonan atas ilmu yang bermanfaat, rezeki yang berlimpah, dan kesembuhan dari setiap penyakit yang ada dalam tubuh. Membaca doa minum air zamzam juga merupakan bentuk rasa syukur kita atas rahmat yang telah Allah Swt. berikan.

Mengamalkan doa minum air zamzam juga dapat mengantarkan kita ke hal-hal yang lebih positif dan menghindarkan kita dari hal negatif. Ketika mengamalkan doa minum air zamzam, jangan lupa juga untuk memanjatkan doa berisikan permohonan kepada Allah Swt.

Membaca doa minum air zamzam dengan niat yang baik akan membuat banyak keberkahan datang kepada kita.

Ilustrasi Air ZamzamIlustrasi Air Zamzam/ Foto: Ilustrator Andhika Akbarayansyah

Manfaat Minum Air Zamzam

Setelah mengetahui bacaan doa minum air zamzam, saatnya kita bahas manfaat minum air zamzam untuk kesehatan tubuh.

Merupakan air paling murni, beberapa penelitian menyebutkan bahwa air zamzam memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan bermanfaat dari air zamzam antara lain adalah senyawa bikarbonat sebanyak 357 miligram per liternya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat minum air zamzam:

  • Melindungi tubuh dari berbagai penyakit, karena air zamzam mampu meningkatkan stimulasi aquaporin (AQP) yang berfungsi mengatur cairan dalam sel tubuh.

  • Mencegah kanker, karena air zamzam bersifat anti inflamasi sehingga dapat mencegah timbulnya komponen penyebab kanker seperti bikunin, lunasin, dan bowman birk inhibitor.

  • Membuat tubuh lebih sehat, karena penelitian menunjukkan bahwa air zamzam lebih sehat dibandingkan dengan air mineral pada umumnya.

  • Menghilangkan kemunafikan, hal ini disebutkan dalam hadits riwayat Ibnu Abbas yang mengatakan, "Meminum air zamzam sampai puas bisa menghilangkan kemunafikan".

  • Mengampuni segala dosa, hal ini disebutkan dalam hadits riwayat Al Fakihi yang mengatakan, "Melihat air zamzam adalah ibadah. Ia (air zamzam) dapat menghapus berbagai dosa dan kesalahan."

  • Mewujudkan segala apa pun yang kita niatkan, hal ini telah disampaikan dalam hadits riwayat Ibnu Majah yang mengatakan bahwa "Air zamzam itu berkhasiat sesuai dengan yang diniatkan."

Untuk mendapatkan banyaknya manfaat air zamzam di atas, jangan lupa untuk mengamalkan doa minum air zamzam. Mengamalkan doa minum air zamzam dapat membuat kita lebih mudah mendapatkan syafaat-syafaat dari air zamzam.

Doa minum air zamzam yang berbunyi "Allahumma inni as-aluka i'lman naafi'an, wa rizqan waasi'an, wasyifaa-an min kulli daa-in, wa saqamin birahmatika yaa arhamar raahimiin." dapat mengantarkan kita kepada lebih banyak rahmat Allah Swt.

Setelah membaca doa minum air zamzam, jangan lupa untuk memperhatikan adab minum air zamzam. Membaca doa minum air zamzam yang dibarengi dengan adab yang benar sesuai tuntunan dapat membawa keberkahan yang lebih.

Air zamzam sendiri saja sudah membawa banyak manfaat, apalagi jika kita juga mengamalkan doa minum air zamzam dan memperhatikan adab yang baik, pasti kita akan mendapatkan lebih banyak manfaat.

Demikian informasi tentang doa minum air zamzam, adab saat minum air zamzam, dan manfaat yang bisa kita dapatkan dari air zamzam. Jangan lupa amalkan doa minum air zamzam sebelum meneguknya, ya!

(Nabila Sahma/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER